Sukses

5 Rekomendasi Pakaian Untuk Anda yang Bertubuh Mungil Menurut Stylist

Berikut beberapa rekomendasi item pakaian yang dapat Anda gunakan jika Anda memiliki tubuh yang pendek menurut stylist.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki tubuh yang profesional layaknya seorang model menjadi impian bagi semua orang, terutama bagi para wakita. Namun, tidak semua wanita dapat memilikinya karena jika dibandingkan dengan orang-orang Eropa, masyarakat di Asia Tenggara terutama Indonesia memiliki tinggi badan yang relatif pendek.

Hal tersebut dipengaruhi oleh keturunan atau genetik. Secara genetik, tinggi badan anak laki-laki cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak perempuan. Oleh karena itu, penting bagi wanita yang bertubuh mungil untuk memilih outfit yang cocok karena jika tidak, pakaian yang salah akan menciptakan tampilan yang tidak menarik sehingga membuat Anda tidak percaya diri.

"Menemukan pakaian dengan ukuran yang cocok terutama di bagian bahu dan pinggang bisa menjadi tantangan bagi individu bertubuh mungil karena banyak desain yang diperuntukkan bagi individu yang lebih tinggi." ujar Sunica Du, seorang perancang busana.

Pendapat yang disampaikan oleh Sunica didukung oleh Joe Manktelow Pimm yang mengatakan bahwa tidak hanya desain yang terlalu panjang untuk orang bertubuh mungil, namun proporsinya cenderung kurang tepat, seperti jahitan bahu berada di tempat yang salah, dan lengan baju berada di bawah pergelangan tangan.

Dengan mempertimbangan hal tersebut, berikut beberapa rekomendasi item pakaian yang dapat Anda gunakan jika Anda memiliki tubuh yang pendek menurut stylist, seperti dilansir dari Bestlife (27/10/2023).

1. Celana Berpinggang Tinggi 

Jika Anda sedang berbelanja pakaian, pastikan untuk memilih celana berpinggang tinggi karena jenis celana tersebut cenderung lebih cocok untuk tubuh mungil. Celana dengan pinggang tinggi bisa memanjangkan kaki Anda dan menciptakan siluet yang seimbang sehingga Anda tidak terlihat pendek. Para stylist menyarankan Anda untuk mengenakan jenis celana seperti ini jika Anda menghadiri suatu acara atau hanya ingin berlibur bersama teman. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Blazer

Jasmine Charbonier, seorang blogger fashion mengatakan bahwa blazer menjadi hal yang harus dimiliki oleh seorang bertubuh mungil. Ia merekomendasikan untuk mencari blazer dengan kerah ramping bahu yang tidak terlalu empuk sehingga tidak akan membebani sosok mungil Anda.

"Blazer dengan ukuran yang cocok akan menonjolkan pinggang Anda dan menambah struktur pada tubuh Anda. Untuk tampilan yang ramping, pilih blazer yang ujungnya di pinggul dan padukan dengan pakaian warna hitam atau putih." ujar Du, seorang perancang busana. Sedangkan Monica Liang, seorang pakar fashion dan pendiri Vain Affair merekomendasikan untuk mencari blazer dengan garis-garis vertikal untuk membuat tubuh Anda terlihat lebih tinggi.

3 dari 5 halaman

3. Midi Dress

Maxi dress sangat tidak direkomendasikan jika Anda memiliki tubuh yang mungil, itulah sebabnya Amrita Harbajan, seorang blogger fashion menyarankan untuk memilih midi dress.

Midi dress atau gaun midi yang memiliki panjang di bawah lutut dan pertengahan betis, merupakan pakaian yang sempurna untuk memamerkan alas kaki dan menonjolkan tubuh mungil Anda. Lebih khusus lagi, Charbonier merekomendasikan wrap dress dengan warna solid, yang tidak hanya abadi dan elegan namun juga cocok di bagian pinggang Anda. Ia menyarankan untuk menggunakan midi dress dengan sepatu yang sesuai dengan warna kulit Anda, sehingga hal tersebut akan menciptakan ilusi kaki yang lebih panjang.

4 dari 5 halaman

4. Mantel

Dapat dikatakan bahwa setiap orang harus memiliki mantel, apa pun tipe tubuhnya. Pakaian klasik ini tidak pernah tertinggal oleh zaman dan dapat dikenakan di setiap musim dan hampir di semua kesempatan. Namun, jika Anda memiliki tubuh yang mungil, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu dilakukan.

"Carilah mantel dengan panjang tiga perempat yang panjangnya tepat di bagian tengah paha. Tidak disarankan untuk menggunakan mantel panjang karena akan terlihat terlalu besar di tubuh Anda," ujar Charbonier, seorang blogger fashion.

Charbonier juga menyarankan untuk menggunakan ikat pinggang, sehingga akan menonjolkan pinggang Anda dan membuat Anda terlihat lebih tinggi.

5 dari 5 halaman

5. Celana Skinny Jeans Sepanjang Mata Kaki

Charbonier merekomendasikan untuk membeli celana jeans skinny atau straigh-leg sepanjang pergelangan kaki Anda. Celana jenis tersebut akan menciptakan ilusi yang membuat kaki Anda terlihat lebih jenjang. Untuk tampilan yang lebih baik, Anda dapat menggunakan sepatu hak rendah atau sepatu datar, serta atasan yang dipotong sampai ke pinggang atau dimasukkan ke dalam celana. Dengan begitu, Anda akan terlihat lebih tinggi dan ramping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.