Sukses

Mengetahui Kepribadian Seseorang Berdasarkan Pilihan Alat Musik, Kalian yang Mana?

Berikut ini deretan kepribadian orang berdasarkan pilihan alat musik favoritnya.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda gemar memainkan alat musik atau mungkin tertarik untuk mengambil beberapa pelajaran musik? Betapa menyenangkannya mempelajari sesuatu yang baru yang dapat Anda pamerkan kepada dunia. 

Sudahkah Anda memutuskan instrumen apa yang ingin Anda pelajari? Pasti ada alat musik yang sesuai dengan kepribadian dan selera Anda, tapi bagaimana Anda mengetahui yang mana? Ada empat kelompok dasar instrumen dalam sebuah band atau orkestra. Kepribadian seseorang rupanya bisa dilihat berdasarkan jenis alat musik yang dipilih tersebut. Dilansir dari Metro Music Makers, Selasa (24/10/2023) berikut ini kepribadian orang berdasarkan pilihan alat musik. 

1. Alat Musik Tiup Logam

Instrumen musik tiup logam atau dikenal sebagai brass instrument adalah alat musik yang menghasilkan suara yang berasal dari getaran bibir pemainnya saat meniup melalui tabung resonator (pada jenis instrumen tertentu disebut sebagai mouthpiece). 

Instrumen alat musik tiup brass yang paling populer termasuk terompet, trombone dan tuba. Semua instrumen ini dapat ditemukan di orkestra dan band. Pemain alat musik tiup memiliki kesempatan untuk menjadi lebih keras dan menambah banyak kekuatan pada suara orkestra atau band. 

Dalam suasana orkestra, pemain alat musik tiup bermain sangat sedikit, namun membuat pernyataan yang kuat saat mereka bermain. Dalam setting band, merekalah yang menjadi daya tarik tersendiri. Pemain alat musik ini seringkali dikenal konyol dalam lingkungan sosial, namun sangat serius dan fokus saat bekerja. Jika itu menggambarkan Anda, alat musik ini mungkin bisa menjadi pilihan Anda!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Alat Musik Tiup Kayu

Alat musik tiup kayu juga dapat ditemukan dalam suasana orkestra dan band. Alat musik tiup kayu adalah keluarga alat musik dalam kategori alat musik tiup yang lebih luas. Contoh umum termasuk seruling, klarinet, obo, bassoon, dan saksofon. Ada dua jenis utama alat musik tiup kayu: seruling dan alat musik buluh (atau disebut pipa buluh).

Kebanyakan alat musik tiup memiliki buluh, kecuali seruling. Alat musik tiup memiliki suara yang lebih halus dan lembut yang menambahkan nada yang kaya pada sebuah band atau orkestra. Pemain alat musik ini sering kali dikenal karena selera humornya yang lincah dan kepribadiannya yang lebih eksentrik. Jika Anda memiliki kepribadian yang menyenangkan, santai, dan senang bersosialisasi, Anda mungkin akan cocok dengan alat musik ini.

3 dari 4 halaman

3. Alat Musik Petik

Alat musik petik yang paling populer adalah gitar, biola, violin, cello dan bass. Senar memiliki suara yang halus, manis, dan sering kali membawa melodi. Jika Anda memainkan alat musik petik, kemungkinan besar Anda tidak akan punya banyak waktu untuk beristirahat saat memainkannya. 

Permainan senar memerlukan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Pemain alat musik ini sering digambarkan sebagai orang yang lebih pemalu, atau bahkan pendiam. Namun, mereka sering kali menjadi orang paling jenaka di orkestra, dengan selera humor yang lebih gelap. Jika Anda menyukai “lelucon dalam hati” yang tenang, namun juga sangat serius dan fokus, Anda mungkin cocok jadi pemain alat musik ini.

4 dari 4 halaman

4. Perkusi

Perkusi mencakup banyak sekali instrumen, tetapi yang utama dalam sebuah orkestra atau band adalah timpani, simbal, segitiga, snare drum, bass drum, gambang dan piano. 

Jika Anda seorang pemain perkusi, Anda tidak akan dibatasi pada satu instrumen saja. Biasanya hanya ada sedikit pemain perkusi dalam sebuah band atau orkestra, dan mereka memikul banyak tanggung jawab. 

Pemain perkusi harus sangat perhatian dan mampu melakukan banyak tugas. Instrumen perkusi memiliki suara yang lebih keras, namun yang mengejutkan, pemain perkusi sering kali dikenal sebagai tipe yang lebih kuat dan senyap. 

Mereka cenderung paling dapat diandalkan, dan meskipun pemalu, mereka menarik dan keren. Jika ini menggambarkan Anda, perkusi mungkin pilihan Anda!

Meskipun ini adalah pengamatan yang menyenangkan terhadap tipe kepribadian instrumen yang berbeda, terserah Anda untuk memilih apa yang ingin Anda mainkan secara pribadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.