Sukses

Kapan Waktu Terbaik Minum Protein Shake, Sebelum atau Setelah Berolahraga? Ini Jawabannya

Baca informasinya di sini untuk mengetahui kapan waktu terbaik dalam meminum protein shake.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sudah termasuk orang yang sudah rutin berolahraga? Biasanya berapa kali Anda berolahraga dalam seminggu? Setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang ideal dan sehat. Namun, untuk mencapai itu semuanya, pastinya dibutuhkan usaha dan proses yang tidak sebentar dan bisa jadi cukup mahal.

Seperti misalnya dengan mendaftarkan keanggotaan gym, latihan angkat beban, mengatur pola makan, serta menambah asupan protein shake atau bubuk protein ke dalam asupan harian agar kebutuhan protein sehari-hari dapat terpenuhi. Suplemen yang satu ini akhir-akhir ini seperti menjadi suplemen makanan yang populer cukup bagi siapa saja yang memiliki kehidupan yang aktif secara fisik.

Baik Anda pergi ke gym untuk sesi olahraga intensif atau berjalan-jalan cepat di sekitar rumah, Anda mungkin bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi protein shake? Bisa jadi beberapa dari Anda meminumnya terlebih dahulu sebelum berolahraga dengan alasan untuk mendapatkan tambahan energi yang sangat dibutuhkan sebelum sesi.

Sementara yang lainnya mungkin lebih menyukai meminumnya setelah selesai workout untuk membantu pemulihan otot. Nah, berdasarkan informasi yang dilansir dari Healthshots, Selasa (17/10/2023), menurut Dr Nirupama Rao, seorang ahli gizi dari Rejua Energy Centre, Mumbai, mengatakan bahwa Anda dapat meminumnya kapan saja tergantung pada tujuan Anda.

Lalu, maksudnya bagaimana itu? Tidak usah khawatir, kami akan membahasnya lebih detailnya di sini. Tentunya, agar mengetahui waktu terbaik untuk minum protein shake.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Mengonsumsi Protein Shake Sebelum Berolahraga

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, mengonsumsi protein shake, baik sebelum atau sesudah berolahraga, bergantung pada tujuan kebugaran spesifik dan preferensi pribadi Anda.

Nah, kenapa Anda harus mengonsumsi protein shake sebelum berolahraga, mungkin didasari oleh alasan ini:

1. Menambah energi selama olahraga

“Mengonsumsi protein shake sebelum berolahraga dapat memperkuat latihan Anda dengan memberi Anda tambahan energi,” kata sang ahli.

Tidak perlu khawatir jika Anda memerlukan tambahan energi sebelum memulai latihan intensif. Mengonsumsi protein shake sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa Anda dengan meningkatkan stamina selama berolahraga.

Jadi, jika Anda sedang ingin melakukan olahraga yang berat, maka sebaiknya meminum protein shake ini sebelum berolahraga saja, ya.

2. Mencegah kerusakan otot

Protein shake sebelum latihan dapat membantu mencegah kerusakan otot selama Anda berolahraga. Hal ini sangat penting terutama bagi individu yang melakukan olahraga yang berkepanjangan atau intens.

 

3 dari 4 halaman

3. Merasa lebih kenyang

“Protein dapat menimbulkan rasa kenyang, yang bermanfaat bagi mereka yang ingin mengendalikan nafsu makan selama atau setelah berolahraga,” kata Dr Rao.

Hal ini juga membantu dalam pengelolaan berat badan. Termasuk salah satunya dalam mempercepat perjalanan penurunan berat badan Anda. Sebab dengan meminum protein shake, membantu Anda untuk menahan diri dari makan yang berlebihan karena munculnya rasa lapar yang hebat pascalatihan.

4. Dasar kenyamanan

Tidak ada alasan khusus, tapi rupanya ada beberapa orang yang lebih nyaman untuk menyiapkan protein shake sebelum pergi ke gym. Sehingga mereka pun akan mengonsumsinya sesaat sebelum memulai rutinitas olahraga. Ya, ini hanya faktor kenyamanan dari masing-masing individu saja.

4 dari 4 halaman

Alasan Mengonsumsi Protein Shake Setelah Berolahraga

Sementara itu, ini alasan kenapa Anda harus meminum protein shake sesudah berolahraga:

1. Pemulihan dan pertumbuhan otot

“Mengonsumsi protein shake setelah berolahraga adalah hal yang umum karena membantu pemulihan dan pertumbuhan otot. Olahraga, terutama latihan kekuatan, menyebabkan robekan mikro pada serat otot, dan mengonsumsi protein setelah latihan menyediakan asam amino yang diperlukan untuk memperbaiki dan membangun kembali otot-otot ini,” kata Dr Rao.

2. Protein synthesis

Setelah berolahraga, tubuh lebih mudah menerima asupan protein, periode yang sering disebut sebagai “anabolic window”. Mengonsumsi protein selama waktu ini dapat meningkatkan protein synthesis, sehingga menghasilkan pertumbuhan otot yang lebih baik.

3. Pengisian bahan bakar

Protein shake pascalatihan dapat membantu mengisi kembali simpanan glikogen dan memberi tubuh nutrisi untuk memperbaiki dan menumbuhkan jaringan otot, terutama bila dikombinasikan dengan karbohidrat.

4. Mengurangi Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS)

Para ahli menyarankan bahwa asupan protein setelah selesai latihan dapat membantu mengurangi nyeri otot dan meningkatkan pemulihan.

Jadi, seperti yang kami katakan sebelumnya, apakah seseorang harus mengonsumsi protein shake sebelum atau sesudah berolahraga bergantung sepenuhnya pada tujuan Anda. Bagi kebanyakan individu, asupan protein setelah berolahraga sangat dianjurkan untuk pemulihan dan pertumbuhan otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.