Sukses

Berpindah ke Kota Baru? Ini 7 Cara Mudah Berteman dengan Orang Asing

Entah Anda harus pindah karena alasan pekerjaan atau pribadi, berikut adalah tips terbaik tentang cara berteman dengan orang asing di tempat baru.

Liputan6.com, Jakarta - Merantau atau pindah kota baru bisa menjadi sebuah petualangan yang mengasyikkan. Namun, ada juga yang disertai dengan tantangan tersendiri. Seperti misalnya saja dalam hal membangun lingkaran sosial baru.

Apapun alasan kepindahan Anda, entah karena alasan mendapatkan pekerjaan baru yang baik, sekolah, atau alasan pribadi, memiliki teman di kota baru sangat penting dalam menciptakan rasa aman dan nyaman sehingga dapat menjalani hidup dengan sebaik-baiknya.

Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama Anda, tentu rasanya deg-degan dan bingung harus seperti apa, kan? Untuk itulah, dilansir dari Pinkvilla, Selasa (17/10/2023), Anda perlu mengetahui strategi dan tips yang efektif untuk menavigasi perjalanan dan mengembangkan keterampilan sosial yang penting.

Salah satunya seperti menjadikan orang asing menjadi seorang teman baru dan mengubah lingkungan Anda menjadi tempat yang penuh dengan persahabatan dan berbagi pengalaman yang menyenangkan.

Misalnya dengan berpartisipasi dalam acara komunitas, seperti kelas olahraga atau pertemuan sosial, bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang-orang yang memiliki minat yang sama.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat membangun landasan yang kuat untuk pertemanan dan berpotensi menemukan rekan olahraga atau teman yang selalu terhubung, sehingga meningkatkan keseluruhan pengalaman Anda di lingkungan baru Anda ini.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Makanya, yuk, ikuti beberapa tipsnya berikut iini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Terlibat dalam komunitas sukarelawan

Jika Anda memiliki hasrat dalam program giving back atau sukarelawan, akan mudah untuk terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama dan memiliki antusiasme yang sama. Dedikasikan beberapa jam dalam beberapa bulan untuk menjadi sukarelawan, yang bermanfaat bagi organisasi pilihan Anda dan diri Anda sendiri.

Jelajahi tujuan-tujuan penting seperti hak asasi manusia dan advokasi, anak-anak dan remaja, kesejahteraan hewan, seni dan budaya, pendidikan dan literasi, dukungan krisis, dan bantuan bencana.

2. Bergabung dalam gym

Bergabung dengan gym tidak hanya membantu Anda tetap bugar, tetapi juga memberikan jalur sosial. Tingkatkan pengalaman gym Anda dengan mengikuti kelas olahraga, yang berpotensi mengarah pada persahabatan di luar gym.

Pertimbangkan pusat kebugaran khusus untuk mendapat kesempatan terhubung dengan penggemar kebugaran yang berpikiran sama.

3 dari 4 halaman

3. Bergabung dalam grup Facebook lokal

Cara lain untuk bertemu dengan orang asing yaitu, bergabung di Facebook. Walaupun mungkin Anda berpikir kalau hal ini cukup kuno, tapi bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk membantu menjalin pertemanan secara online.

Manfaatkan pencarian di beranda, pilih "grup," dan persempit pencarian Anda dengan menyertakan nama kota Anda untuk mengetahui beberapa grup lokal di sana. Jika Anda seorang profesional kesehatan yang sering bepergian, pertimbangkan untuk bergabung dengan grup Facebook khusus yang bisa disesuaikan dengan profesi Anda.

4. Hadir di acara sosial atau pertemuan

Salah satu cara tercepat untuk bertemu orang baru adalah dengan menghadiri acara sosial dan pertemuan yang sesuai dengan minatmu. Anda dapat menemukan pertemuan semacam itu dari tetangga atau platform media sosial.

Baik itu klub buku, liga olahraga, kelompok hobi, atau acara networking profesional, berpartisipasi dalam aktivitas yang Anda sukai adalah cara terbaik untuk bertemu orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

Hadiri acara ini secara teratur untuk membangun kehadiran dan terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama.

4 dari 4 halaman

5. Mendukung bisnis lokal

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mendukung bisnis lokal yang ada di sekitar tempat baru Anda. Seperti misalnya butik dan restoran lokal yang memungkinkan Anda membangun hubungan dengan individu pekerja keras yang menjalankan tempat tersebut.

Rangkul etos "berbelanja lokal" dan terhubung dengan anggota komunitas lain yang memiliki kecintaan yang sama dalam mendukung bisnis lokal.

6. Jelajahi museum, kebun binatang, atau taman nasional

Menghabiskan waktu di tempat-tempat umum ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengejar minat Anda, tetapi juga memberikan kesempatan untuk bertemu orang-orang yang berpikiran sama. Banyak kota yang memiliki beragam museum, wisata satwa liar, dan juga minat menjelajahi taman nasional.

7. Menikmati tempat wisata seperti pantai

Baik Anda bersantai sambil membaca buku menawan di tepi perairan yang tenang, ikut serta dalam permainan persahabatan voli pantai, atau menikmati petualangan berbasis air seperti paddleboarding dan snorkeling, pantai atau tepi danau adalah surga untuk menjalin persahabatan baru dengan mereka yang bagikan minat Anda.

Sebab, tempat wisata alami ini memberikan suasana santai dan mengundang untuk memulai percakapan, berbagi pengalaman, dan menjalin ikatan atas kepentingan bersama, menjadikannya latar belakang yang ideal untuk membangun koneksi, dan memperluas lingkaran sosial Anda sambil menikmati keindahan alam terbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.