Sukses

Harumkan Nama Indonesia di Kancah Internasional, The Fox, The Folks Boyong 2 Prestasi Gemilang

Studio multimedia animasi dari Bandung The Fox, The Folks berhasil memboyong dua prestasi di kancah internasional

Liputan6.com, Bandung The Fox, The Folks, sebuah studio multimedia animasi basis di Bandung, telah menciptakan prestasi luar biasa yang membanggakan Indonesia di kancah internasional, tepat pada bulan peringatan Kemerdekaan Indonesia.

Studio yang diperkuat oleh talenta-talenta berbakat seperti Fadjar Kurnia, Fahry Aziz, Jessica Lovia, Nahrul Ulum, dan Darina Maulana ini berhasil meraih dua pencapaian besar dalam dunia seni animasi cahaya; atau terkenal dengan sebutan Projection Mapping, menjadikan Indonesia bersinar terang di dunia seni dan kreativitas.

1. Juara Pertama di Kompetisi Internasional, Schlosslichtspiele Karlsruhe, Jerman

Prestasi luar biasa telah diraih oleh The Fox, The Folks, yang berhasil meraih gelar juara pertama pada ajang Schlosslichtspiele Karlsruhe di Jerman, melawan 74 kontestan dari 26 negara di dunia. Karya mereka dipertunjukkan di Karlsruhe mulai tanggal 16 Agustus hingga 17 September 2023. Acara ini sesuai dengan namanya, diadakan di Schloss, atau istana di Kota Karlsruhe, di mana pengunjung dapat menikmati karya seni berupa proyeksi tata cahaya di taman sekitar istana.

Kemenangan gemilang ini dipersembahkan dengan animasi lighting projection mapping spektakuler berjudul "Bhinneka Express". Fadjar Kurnia, Direktur Kreatif The Fox, The Folks, menjelaskan bahwa karya tersebut sangat terinspirasi oleh nilai-nilai luhur Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, yang menggambarkan kesatuan dalam keberagaman.

"Ini adalah pesan yang ingin kami sampaikan kepada dunia melalui seni," ujar Fadjar Kurnia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipuji habis-habisan

Dalam sebuah interview dengan Martin Wacker, Direktur Pelaksana Pemasaran dan Acara Karlsruhe ZKM Karlsruhe, penyelenggara acara, mendiang Direktur ZKM Karlsruhe, Peter Weibel berkata: 'Kita bisa mendiskusikan sisanya, tapi bukan juara pertama” saat proses kurasi peserta.

Pieter Wiebel, Direktur ZKM saat itu dan founder Schlosslichtspiele langsung terkesan dengan Bhinneka Express, yang kaya dengan warna. Pieter Wiebel meninggal pada Maret 2023, Festival Schlosslichtspiele 2023 ini juga menjadi penghormatan bagi beliau.

3 dari 3 halaman

2. Menampilkan "Dreamcast" di Festival Intervals 2023 di Rusia

The Fox, The Folks juga berhasil memukau dunia seni dengan karya mereka yang berjudul "Dreamcast" yang ditampilkan dalam Festival Intervals 2023 di Rusia, dari tanggal 22-25 Agustus 2023, bersama dengan seniman-seniman internasional lainnya. Tema "Dreamcast" diangkat dalam penggambaran dari perjalanan hidup, untuk menemukan “rumah, untuk berkembang dan bersiap untuk petualangan berikutnya.

Bersama dengan 17 seniman lain dari lebih dari 4 negara, selama Festival Intervals, Fadjar Kurnia juga berbagi pengalaman dan ide dalam sesi sharing bersama seniman-seniman lain.

The Fox, The Folks mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mempercayai karya mereka. Mereka berharap bahwa keberhasilan ini akan menjadi langkah awal dalam memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi besar dalam industri seni dan kreativitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini