Sukses

Hansi Flick Dipecat dan Disebut Pelatih Timnas Jerman Terburuk Usai Dibantai Jepang

Hansi Flick dipecat oleh Federasi Sepak Bola Jerman dan disebut pelatih timnas terburuk usai kekalahan melawan Jepang

Liputan6.com, Jakarta Kekalahan Jerman dalam laga persahabatan melawan Jepang dengan skor 4-1 pada Minggu (10/9/2023), berbuntut panjang. Dalam waktu 24 jam setelah kekalahan tersebut, pelatih Timnas Jerman Hansi Flick dipecat oleh Federasi Sepak Bola Jerman dari Jabatannya. Diketahui, untuk sementara posisinya digantikan oleh Rudi Voller.

Bahkan Hansi Flick – pemenang treble Eropa 2020 bersama Bayern Munich – seolah kehilangan dukungan dari satu-satunya pendukungnya di asosiasi sepak bola Jerman, legenda pencetak gol Rudi Voller.

“Kami semua sedikit terkejut,” aku Voller seperti dilaporkan Talksport.

“Kalah 4-1 adalah sebuah hal yang memalukan, dan itu memang pantas dilakukan. Saya tidak ingin menyangkal upaya siapa pun. Namun kekalahan seperti itu menyakitkan."

“Sekarang kami akan kembali ke perempat final, sedikit menenangkan diri dan sedikit berlatih besok. Kami akan menghadapi pertandingan sulit lainnya melawan Prancis pada hari Selasa.”

Mengakui Jerman bukan lagi salah satu tim top Eropa, Voller ditanya apa yang akan terjadi selanjutnya dan hanya bisa menjawab: “Kita lihat saja nanti.”

Kekalahan tersebut benar-benar menjatuhkan nama Hansi Flick, bahkan saat melakukan wawancara setelah sesi latihan terbuka di Wolfsburg.

Faktanya, Jerman tidak hanya dicemooh selama pertandingan, namun wawancara Hansi Flick di lapangan pasca-pertandingan juga diganggu oleh gerombolan massa yang mencemooh dirinya.

Mirisnya, pria berusia 58 tahun ini bukan hanya dicemooh para penggemarnya, tetapi media, dan teman-temannya juga.

Sebuah kolom eksklusif oleh editor BILD Matthias Brugelmann menyebut Flick sebagai ‘pelatih Timnas Jerman terburuk sepanjang masa’ sementara pendukung utamanya, Lothar Matthaus, mengakui waktu pria itu telah habis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapa pengganti Hansi Flick?

Namun, yang menunjukkan betapa buruknya kelesuan Jerman adalah Matthaus harus menjauhkan diri dari pekerjaannya, karena tidak pernah melatih tim sejak tahun 2011.

Sebaliknya ia berusaha untuk menyerahkan tongkat estafet kepada siapa yang tampaknya menjadi favorit, legenda Borussia Dortmund Matthias Sammer, yang peran kepelatihannya terakhir dimulai pada tahun 2005.

Jurgen Klopp terus dikaitkan, bahkan secara paruh waktu, namun pemenang Piala Dunia 2014 Lukas Podolski tampaknya memiliki satu-satunya ide yang masuk akal.

“Julian Nagelsmann adalah satu-satunya yang ada di pasaran,” katanya. “Dia mengenal sebagian besar pemain, baru-baru ini melatih tim papan atas – itulah solusinya."

Podolski menambahkan: “Jika tidak ada kesuksesan atau peningkatan performa yang signifikan [melawan Prancis], kepala DFB akan hancur.”

Pertandingan Prancis di Dortmund adalah salah satu dari empat pertandingan persahabatan yang direncanakan sebelum Jerman menjadi tuan rumah Euro 2024 musim panas mendatang, hanya dalam waktu sembilan bulan.

Jika Flick masih ada pada saat itu, atau bahkan pada Rabu pagi, semacam keajaiban harus terjadi untuk menghindari hal yang tampaknya akan menjadi peristiwa memalukan dalam sejarah.

3 dari 3 halaman

Profil Hansi Flick Pelatih Timnas Jerman yang Dipecat Usai Kalah dari Jepang

Pelatih Timnas Jerman, Hansi Flick baru-baru ini dipecat oleh Federasi Sepak Bola Jerman dari jabatannya. Diketahui posisi pelatih Timnas Jerman ini akan digantikan sementara interim oleh Rudi Voller.

Melansir dari ESPN, Hansi Flick dipecat satu hari setelah kekalahan melawan Jepang dalam laga persahabatan dengan skor 4-1. Selain itu, beberapa bulan terakhir ini Flick juga mengalami tren negatif dari hasil pertandingan yang tidak memuaskan.

Pertandingan Jerman vs Jepang sendiri dilaksanakan pada Minggu (10/9/2023) dini hari WIB. Laga tersebut disebut-sebut sebagai hasil pertandingan memalukan bagi Jerman.

Kabar dilepasnya Hansi sebagai pelatih juga turut diumumkan melalui Instagram resmi Federasi Sepak Bola Jerman.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.