Sukses

10 Manfaat Biji Pepaya yang Jarang Orang Tahu, Salah Satunya Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain dagingnya yang lezat, buah pepaya juga miliki segudang manfaat dalam daun, daging, bahkan bijinya. Inilah 10 manfaat yang dapat kamu peroleh ketika mengonsumsi biji pepaya.

Liputan6.com, Jakarta - Buah pepaya memang sudah dikenal sejak dulu akan segudang manfaatnya. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa biji yang biasanya dibuang ke tong sampah setelah diambil dagingnya ini, juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan loh!

Selain manis dan lezat, buah pepaya juga kaya akan nutrisi bagi tubuh manusia. Sejak dahulu masyarakat sering mengonsumsinya untuk menyehatkan pencernaan dalam tubuh manusia. Hingga saat ini, sebagian besar masyarakat hanya dapat memanfaatkan buah atau daunnya saja, padahal bijinya pun tak kalah berguna bagi kesehatan tubuh loh!

Ada banyak sekali manfaat biji pepaya yang belum diketahui sebagian besar orang. Biji bulat kecil dari buah yang luar biasa ini dapat membantu kamu menyusun resep detoks terbaik, dan bahkan menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan hati, serta baik untuk kesehatan jantung.

Jika kamu ingin mengonsumsi biji pepaya, ada beberapa pilihan. Pertama, Kamu bisa memakan apa adanya dengan menyendoknya dari buahnya, atau memisahkannya dari dagingnya. Kedua, kamu juga bisa mengunyah dan menelannya secara utuh. Biji pepaya yang dihaluskan juga bisa dijadikan taburan pada berbagai makanan.

Cara lain mengonsumsi biji pepaya adalah dengan melumatkannya menjadi smoothies. Jika kamu lebih menyukai saus, buatlah saus dengan pasta ini. Menggiling dan mencampurkannya dengan rasa kuat lainnya dapat membantu melunakkan rasa pedasnya sekaligus mendapatkan manfaat dari nilai gizinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nutrisi yang Terkandung dalam Biji Pepaya

Dari segi nilai gizi, biji pepaya kaya akan senyawa bermanfaat yang dapat meningkatkan beragam manfaat kesehatan. Salah satu manfaat biji pepaya adalah sebagai sumber lemak sehat yang baik.

Biji pepaya juga mengandung serat dan protein. Komponen mineral dalam biji hitam kecil ini kaya akan magnesium, fosfor, dan kalium. Biji tersebut juga mengandung antioksidan seperti senyawa fenolik, yang membantu melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan. Senyawa ini dapat berguna sebagai anti kanker dengan mencegah perkembangan sel kanker. Ia juga kaya akan vitamin C.

Selain itu, biji pepaya mengandung enzim pencernaan seperti papain dan karpain, yang menunjukkan sifat antibakteri, dan asam lemak seperti asam oleat. Mereka juga mengandung nutrisi yang mendukung kesehatan hati dan membantu pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Namun, kamu harus selalu mengonsumsi biji ini dalam jumlah sedang. Meskipun menawarkan manfaat kesehatan potensial, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada pencernaan.

3 dari 4 halaman

10 Khasiat Biji Pepaya yang Jarang Diketahui

Biji pepaya mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia. Seperti banyak biji lainnya, biji ini juga memiliki konsentrasi mineral yang tinggi. Pepaya matang akan memiliki lebih dari seratus biji hitam yang terlihat seperti bola-bola kecil. Melansir dari Pink Villa, manfaat biji pepaya antara lain sebagai berikut.

1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan: Biji pepaya kaya akan serat. Ini membantu pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus secara teratur. Biji pepaya dapat mencegah sembelit. Kandungan serat membantu mengatur sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan.

2. Detoksifikasi Hati: Biji pepaya mengandung senyawa bioaktif yang mendukung proses detoksifikasi hati. Mereka membantu menghilangkan racun dari tubuh, meningkatkan kesehatan hati, dan meningkatkan fungsinya secara keseluruhan. Detoksifikasi biji pepaya terkadang bermanfaat untuk menjaga resistensi insulin.

3. Sifat Antimikroba: Enzim seperti papain dan carpaine dalam biji pepaya memberikan sifat antibakteri dan antijamur alami. Mengonsumsi biji-bijian ini dapat membantu memerangi patogen berbahaya dan mengurangi risiko infeksi.

4. Menghilangkan Parasit Usus: Biji pepaya dengan madu secara tradisional telah digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati parasit usus. Mereka mengandung enzim yang disebut karisin, yang dapat membantu mengusir parasit dari sistem pencernaan. Jika tidak diobati, parasit ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada tubuh dan menimbulkan berbagai masalah kebersihan.

5. Efek Anti-inflamasi: Biji pepaya mengandung senyawa yang berpotensi memiliki sifat anti-inflamasi. Mengonsumsi secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan, serta mengurangi gejala yang berhubungan dengan kondisi peradangan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lainnya dari Biji Pepaya yang Jarang Diketahui

6. Kekuatan Antioksidan: Biji pepaya kaya akan antioksidan, seperti senyawa fenolik, yang melawan stres oksidatif akibat radikal bebas. Antioksidan ini membantu melindungi sel dari kerusakan, mengurangi peradangan, dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Studi juga mengatakan bahwa hal ini membantu menyelamatkan proses oksidatif dalam sistem, menunda proses penuaan tubuh.

7. Kesehatan Kulit: Mengoleskan pasta atau minyak biji pepaya secara topikal dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Bijinya mengandung enzim dan antioksidan yang membantu membersihkan kulit, mengangkat sel-sel mati, dan meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat minyak biji pepaya untuk kulit juga antara lain menjaganya tetap terhidrasi dan dalam cuaca kering.

8. Perawatan Rambut: Minyak biji pepaya dapat bermanfaat bagi kesehatan rambut karena dapat membantu menutrisi kulit kepala. Manfaat biji pepaya untuk pertumbuhan rambut bagi kesehatan, antara lain meningkatkan kekuatan dan tekstur helai rambut. Pepaya juga berfungsi sebagai scrub ringan pada kulit kepala dan menghilangkan kotoran berlebih.

9. Mendukung Kardiovaskular: Kandungan serat dalam biji pepaya dan profil lemak sehat serta sifat antioksidannya dapat berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan memerangi penyakit jantung. Konsumsi secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mendukung sistem kardiovaskular yang sehat.

10. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh: Antioksidan, vitamin, dan mineral dari biji pepaya membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat. Mereka dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, bakteri jahat, virus, dan penyakit lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.