Sukses

10 Tip Check In Cerdas di Bandara untuk Naik Pesawat dengan Cepat dan Tanpa Repot

Berikut ini tips check in cerdas di bandara saat akan naik pesawat

Liputan6.com, Jakarta Baik Anda bepergian ke luar negeri atau dalam negeri, jalur udara adalah cara tercepat dan ternyaman untuk mencapai tujuan Anda. Namun, pelancong yang baru pertama kali melakukan perjalanan sering kali menghabiskan banyak waktu di bandara (sebelum naik pesawat dan setelah turun dari pesawat).

Jika Anda juga seorang penerbang pemula, berikut beberapa tip cerdas untuk membantu Anda check in dan melewati loket bandara dengan cepat tanpa khawatir. Dihimpun dari Fabhotels, ini dia.

1. Pisahkan barang-barang Anda

Saat mengemas barang-barang Anda, pastikan Anda memilah barang-barang Anda berdasarkan daya tahannya. Penelitian menyatakan bahwa bagasi di bandara sering kali ditangani oleh manusia yang serampangan sehingga dapat merusak barang-barang di dalam tas Anda. Oleh karena itu, Anda harus memastikan untuk mengemas barang-barang sensitif dalam tas terpisah dan menandainya 'Fragile'.

2. Tandai tas Anda

Berdasarkan survei terbaru, 3% dari setiap 1000 penumpang kehilangan bagasi saat melakukan penerbangan domestik dan angka tersebut bahkan lebih menakutkan jika berbicara tentang penumpang internasional. Trik untuk mengurangi kemungkinan kehilangan bagasi cukup sederhana; Anda hanya perlu menandai tas Anda dengan name tag atau pita warna-warni yang akan memudahkan Anda menemukannya di antara tas lainnya.

3. Ambil foto boarding pass

Boarding pass adalah salah satu dokumen terpenting yang perlu Anda bawa pada saat check in di bandara. Boarding pass harus selalu disimpan dalam saku atau tas yang mudah dijangkau. Anda juga dapat mengklik dan menyimpan gambar boarding pass Anda sehingga Anda tidak perlu bergantung pada koneksi internet untuk menunjukkannya kepada pihak berwenang, jika Anda menyimpannya di email Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Simpan barang-barang berharga di dalam tas jinjing

Untuk memastikan keamanan penuh barang-barang berharga Anda, termasuk gadget dan aksesori mahal, bawalah barang-barang tersebut di dalam tas tangan Anda. Dengan melakukan ini, Anda tidak akan menambah berat bagasi check-in Anda dan kemungkinan terjadinya kerusakan akan lebih kecil. Selain itu, statistik menunjukkan bahwa tas yang didaftarkan sering kali hilang selama pengangkutan dan oleh karena itu, menyimpan barang-barang berharga di dalam tas jinjing adalah ide yang lebih baik.

5. Bawalah zip lock cadangan

Tas zip lock adalah penyelamat hidup saat mengemas barang-barang berharga dan memisahkannya dari barang-barang lainnya. Selalu bawa beberapa tas Ziplock cadangan yang berguna untuk menyimpan gadget Anda dan aksesori lainnya seperti kabel pengisi daya, adaptor universal, dan bank daya. Selain itu, memilih tas Ziplock kualitas premium daripada kantong plastik konvensional akan membantu Anda melindungi barang-barang Anda dari kelembapan.

 

3 dari 5 halaman

6. Hindari memakai ikat pinggang atau perhiasan

Jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu di bagian check-in keamanan, maka Anda harus menghindari penggunaan ikat pinggang dengan gesper logam atau aksesori lain yang terbuat dari logam. Anda harus mengeluarkan barang-barang tersebut dan memasukkannya ke dalam kantong plastik terpisah agar dapat segera diproses melalui bagian keamanan.

7. Ketahui aturannya

Riset adalah salah satu hal utama yang harus dilakukan sebelum merencanakan perjalanan. Anda harus mengumpulkan semua informasi tentang peraturan keamanan dan kebijakan bagasi sebelum mencapai bandara atau dalam hal ini saat mengemas barang-barang Anda.

Mengetahui semua peraturan dan regulasi bandara akan membantu Anda menjadi yang terdepan dan mengurangi risiko membawa barang yang tidak diinginkan. Dilarang keras membawa pisau, korek api, bahan mudah terbakar, bahan peledak, dll. dalam penerbangan. Namun, peraturan terkait membawa alkohol dan obat-obatan berbeda di setiap bandar udara.

 

4 dari 5 halaman

8. Ketahui nilai kredit penerbangan Anda

Kredit penerbangan rutin adalah cara terbaik untuk mendapatkan potongan harga yang besar untuk tiket penerbangan. Apa yang sering diabaikan oleh wisatawan adalah kenyataan bahwa sebagian besar kartu kredit menawarkan akses ruang tunggu gratis dan/atau kupon gratis untuk digunakan di bandara. Jadi, tanyakan kepada penyedia layanan kartu kredit Anda dan manfaatkan sepenuhnya barang gratis.

9. Memanfaatkan waktu luang

Penerbangan sering kali tertunda, baik karena kondisi cuaca buruk atau kesalahan teknis. Dan kelemahan terbesar dari penundaan penerbangan adalah waktu yang terbuang karena hal tersebut.

Cara yang lebih baik untuk memanfaatkan waktu luang ini adalah dengan menyelesaikan pekerjaan Anda yang tertunda sambil bersantai di ruang tunggu bandara. Untuk melakukannya, Anda perlu menjaga daya gadget Anda tetap terisi penuh dan di tempat yang mudah dijangkau.

 

5 dari 5 halaman

10. Cara melewati antrian

Tantangan lain yang dihadapi saat menaiki pesawat dari bandara adalah perjuangan untuk berdiri dalam antrian yang tiada henti. Dari loket bagasi hingga gerbang keberangkatan, banyak antrian tanpa akhir yang harus ditangani sebelum keberangkatan.

Pilih 'web check-in' di mana Anda akan menerima surel atau SMS atau keduanya dari maskapai penerbangan yang dapat digunakan untuk memilih kursi dan mendapatkan salinan tiket penerbangan Anda secara online. Kini setelah Anda berhasil memasuki bandara dan menyerahkan barang bawaan Anda di konter bagasi, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengabaikan antrian dan menunggu otoritas bandara memanggil nama Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.