Sukses

5 Tanda Chemistry yang Keliru, Sering Dianggap Sebagai Kecocokan Hubungan

Perhatikan hal-hal di bawah ini sebelum melanjutkan ke dalam hubungan asmara.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu jebakan kencan yang paling umum dan sering dihadapi oleh orang-orang adalah menganggap bahwa chemistry berarti sebuah kecocokan. Memang bukan rahasia lagi, jika chemistry menjadi hal yang pertama dan menjadi fokus banyak orang ketika kencan pertama atau sebelum memutuskan untuk melanjutkan ke hubungan asmara.

Saat Anda cocok dengan seseorang dan merasakan chemistry, itu bisa menjadi hal yang menyenangkan. Terutama jika Anda sedang menjalani kencan yang terasa tidak bersemangat atau tidak membawa hasil apa pun.

Apalagi, faktanya Anda tidak bisa memiliki chemistry hubungan dengan sembarang orang. Jadi hal ini terasa istimewa. Pada saat yang sama, Anda dapat memiliki chemistry dengan banyak orang, tetapi itu tidak berarti Anda cocok dengan mereka.

Meskipun memiliki chemistry itu penting dalam suatu hubungan, itu bukan indikator yang baik untuk menentukan cocok atau tidaknya Anda dengan pasangan.

Pandangan Anda tentang bagaimana seharusnya chemistry terlihat dan terasa juga berperan dalam hasil kencan Anda. Jika Anda mendefinisikan chemistry sebagai perasaan langsung atau "kupu-kupu di dalam perut," Anda mungkin kehilangan hubungan bersama pasangan yang lebih dalam dan tulus.

Jika Anda tertarik pada seseorang dan pada saat yang sama merasa tenang di dekatnya, Anda mungkin salah mengartikan perasaan tenang itu sebagai bosan atau “tidak memiliki chemistry,” padahal sebenarnya itu berarti Anda berkencan dengan seseorang yang merupakan pasangan yang sehat.

Hal ini terutama berlaku jika Anda terbiasa dengan hubungan yang terasa seperti roller coaster secara emosional dan banyak red flag.

Jika Anda tidak yakin apakah Anda termasuk dalam pola ini, berikut adalah lima ciri chemistry yang sering disalahartikan sebagai kecocokan dalam hubungan berdasarkan informasi yang dilansir dari Psychology Today, Rabu (23/8/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Chemistry terlalu kuat hingga mengalahkan apapun

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah ini benar-benar cinta atau sekadar chemistry? Hal pertama yang mungkin dirasakan yaitu chemistry yang Anda rasakan terasa kuat, sehingga rasanya sulit mendominasi perasaan lainnya.

Akibat dari hal ini, Anda mungkin akan sulit untuk berkonsentrasi terhadap hal lainnya. Seperti misalnya dalam mengatur kecepatan dan mengetahui apakah orang tersebut cocok dengan Anda. Sebab, Anda akan mengalami kesulitan untuk menilai gebetan secara lebih objektif. 

Hal ini dikarenakan adanya pikiran Anda yang diselimuti oleh fantasi akan masa depan yang sudah diharapkan bersamanya, dibandingkan mengenal dan mengetahui pasangan yang ada di depan Anda lebih dalam. Padahal, hal ini juga tidak kalah penting.

3 dari 4 halaman

2. Menyepelakan red flag dalam diri pasangan

Saat menjalin hubungan dengan orang lain, berkompromi memang menjadi bagian yang penting. Namun, saat Anda harus meyakinkan diri sendiri bahwa hubungan yang akan dijalin akan berhasil, hingga mengabaikan hal-hal bahaya dalam diri pasangan, ini tandanya Anda menyalahgunakan suatu chemistry yang terjadi. 

Ya, red flag dalam hubungan tidak boleh diabaikan begitu saja. Jika segala sesuatu yang seharusnya membuat Anda merasa tiadk nyaman, tapi Anda justru terbutakan oleh chemistry yang terjadi. 

Ditambah sebenarnya Anda sendiri merasa tidak nyaman saat menjalin hubungan dan merasa tidak cocok dengan orang tersebut, tapi Anda terus mengkompromikan nilai-nilai kalian berdua agar hubungan tersebut berhasil. Sayangnya, sifat seseorang tidak mudah berubah begitu saja.

3. Tidak tahu banyak tentang nilai-nilai pasangan

Ketika Anda tidak merasa perlu untuk mendiskusikan banyak hal yang penting bagi kalian berdua dalam hubungan, ini juga bisa menjadi ciri bahwa Anda salah mengartikan chemistry yang dimiliki sebagai kecocokan dalam hubungan.

Padahal, untuk menjalin hubungan yang sehat dan awet, harus dipastikan bahwa kalian berdua memiliki tujuan dan nilai kehidupan yang sejalan dan sama.

Selain itu, diskusi ini sangat penting untuk menilai karakter seseorang. Namun sayangnya, Anda tidak memiliki waktu untuk berbicara tentang hal penting karena sedang berbunga-bunga. 

4 dari 4 halaman

4. Perasaan yang muncul sama seperti di masa lalu

Pelajaran terbaik dalam hidup adalah melihat masa lalu. Namun tidak sedikit dari kita yang lupa dengan masa lalu, sehingga mengulang pada kesalahan yang sama. Seperti saat ini misalnya.

Anda sebenarnya merasakan perasaan yang sama seperti saat menjalin hubungan dengan orang lain di masa lalu, padahal Anda sendiri sudah mengetahui bahwa kalian berdua tidak cocok satu sama lain. Maka, hal ini juga termasuk ciri di mana Anda salah 'membaca' chemistry atas kecocokan hubungan. 

Padahal, ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang merasa cemas di dekat orang tersebut, sementara Anda menafsirkan sebagai tanda cinta yang kuat.

5. Bingung untuk menafsirkan rasa nyaman bersamanya

Apakah ada di antara Anda yang mungkin saja merasa demikian? Coba bayangkan hal ini. Saat kalian berdua pergi berkencan, tapi mata Anda ditutup dan dilarang untuk melakukan kontak fisik dengannya. Nah, pertanyaannya adalah, apakah rasa nyaman tersebut masih ada atau tidak?

Jawabannya akan muncul dengan sendirinya ketika Anda akan menyadari bahwa ternyata tidak ada chemistry yang timbul. Malahan, Anda justru akan merasakan tubuh merasa sangat tidak nyaman. Hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa chemistry yang dirasakan, ternyata bukan menjadi tanda dari kecocokan hubungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.