Sukses

Perjalanan Karier Mark Margolis, Aktor Breaking Bad Sebelum Meninggal Dunia

Profil dan perjalanan karier Mark Margolis, aktor di serial Breaking Bad dan Better Call Saul yang meninggal di usia 83.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia perfilman Hollywood. Aktor Mark Margolis meninggal dunia pada Kamis, 3 Agustus 2023 waktu setempat.

Mark Margolis menghembuskan napas terakhirnya pada usia 83. Ia meninggal di rumah sakit New York City setelah mengalami sakit, kata putranya dalam sebuah pernyataan, seperti melansir dari BBC, Sabtu (5/8/2023).

Aktor senior ini terkenal dalam peran Hector Salamanca di serial Breaking Bad dan Better Call Saul, dengan berperan sebagai anggota kartel narkoba yang menggunakan kursi roda setelah stroke.

Profil Mark Margolis

Mark Margolis lahir pada 26 Nover 1939 di Philadelphia, Pennsylvania. Sosoknya mulai dikenal setelah berperan di serial Breaking Bad.

Melansir dari berbagai sumber, Sabtu (5/8/2023), Margolis menikah dengan Jacqueline Margolis, pada 3 Juni 1962. Dari pernikahannya itu, mereka memiliki seorang putra, aktor Morgan H. Margolis dan tiga cucu.

Penampilannya di Breaking Bad dinominasikan untuk penghargaan Emmy pada tahun 2012. Dia sering tampil dalam film garapan sutradara Darren Aronofsky, di mulai dengan film Pi (1998).

Perjalanan karier Mark Margolis sebagai aktor

Selain itu, dia juga dikenal karena peran pendukungnya sebagai Alberto "The Shadow" di Scarface (1983), Ace Ventura: Pet Detective (1994), film Darren Aronofsky: π (1998), Requiem for a Dream (2000), The Fountain (2006), The Wrestler (2008), Black Swan (2010), dan Noah (2014) dan Antonio Nappa di Oz.

Pada tahun 1990, Margolis berperan sebagai Dr. Nel Apgar dalam salah satu episode serial televisi fiksi ilmiah Starr Trek: The Next Generation. Pada tahun 1991, Margolis berperan sebagai Helmut Dieter dalam sinetron Santa Barbara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karier Mark Margolis

Selain itu, dia juga memiliki peran yang berulang di banyak acara TV lainnya, termasuk The Equalizer, Quantum Leap, Oz, Law & Order, Crossing Jordan, Californication, Breaking Bad,[6] dan Better Call Saul.

Pada Januari 2015, dia memerankan Felix Faust dalam episode Constantine "Quid Pro Quo."

Untuk perannya dalam Breaking Bad, Margolis menerima nominasi Primetime Emmy Award untuk Aktor Tamu Terbaik dalam Serial Drama.

Pada musim Berkeley Repertory Theatre 2014, ia tampil sebagai Gus dalam The Intelligent Homosexual's Guide to Capitalism and Socialism with a Key to the Scriptures karya Tony Kushner.

3 dari 3 halaman

Ucapan duka untuk Mark Margolis

Akun Facebook serial Breaking Bad memberikan penghormatan terakhir kepada Margolis.

"Kami bergabung dengan jutaan penggemar berduka atas meninggalnya Mark Margolis yang sangat berbakat, yang dengan matanya, lonceng dan sangat sedikit kata--mengubah Hector Salamanca menjadi salah satu dari karakter paling tak terlupakan dalam sejarah pertelevisian. Dia akan dirindukan."

Sementara itu, Peter Gould, salah satu kreator Better Call Saul pun memberikan ucapan duka atas  meninggalnya Mark Margolis dalam akun Twitter-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.