Sukses

Tidak Perlu Sempurna, Ini 7 Tanda Anda Bakal Menjadi Ibu yang Hebat

Sedang menanti sang buah hati? Beberapa hal dalam artikel ini bisa menunjukkan bahwa Anda akan menjadi seorang ibu yang hebat.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sedang menjalani kehamilan atau menunggu hari-hari menantikan kelahiran sang buah hati? Menjadi seorang ibu memang begitu membahagiakan tapi juga bisa menjadi sesuatu hal yang membuat takut.

Apalagi sampai saat ini, tidak ada sekolah untuk menjadi seorang ibu yang baik dan sempurna bagi seorang anak, termasuk mencari pola pengasuhan anak yang terbaik. Sebab biar bagaimana pun juga, semua akan berjalan sesuai naluri, termasuk Anda selalu ingin membuat segalanya terbaik untuk si kecil.

Untuk para calon ibu atau ibu dengan anak yang masih balita, tidak perlu takut karena belum bisa melakukan semua hal. Termasuk jika nanti tidak bisa menjadi seorang ibu yang sempurna.

Mungkin pada awalnya, Anda akan merasa kebingungan atau keberatan dalam mengurus anak, akan tetapi semuanya akan baik-baik saja. Selain itu, anak Anda rasanya lebih membutuhkan seorang ibu yang baik, bahagia, dan hebat.

Namun, jika Anda sendiri sering merasa tidak yakin tentang perjalanan menjadi seorang ibu, lihatlah 7 indikator yang menunjukkan bahwa Anda akan menjadi ibu hebat! Seperti dilansir dari Life Hack, Jumat (28/7/2023), mari lihat beberapa tandanya berikut. Pasti Anda sendiri tanpa sadar juga sudah memilikinya.

1. Pandai Mengasuh Anak-anak

Membesarkan anak memang tidak mudah. Sebagai orangtua, Anda akan memberikan rasa aman dan nyaman serta memberikan pelajaran hidup agar membentuk mereka menjadi seseorang yang luar biasa.

Nah, saat Anda single dan senang bermain dengan anak-anak, pasti Anda sudah tahu bagaimana cara bermain dan menghabiskan waktu bersama-sama dan mengalami saat-saat yang baik atau pun buruk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Memiliki Semangat yang Kuat

Menjadi seorang ibu bukan berarti Anda menjadi harus menjadi teman yang terbaik bagi anak. Menikmati waktu bersama anak memang menyenangkan, tapi Anda juga harus mengetahui kapan harus menerapkan batasan.

Termasuk bagaimana cara membagikan konsekuensi yang akan mengajari sang anak untuk berhubungan dengan lingkungan mereka. Jadi, Anda harus memiliki peran dan semangat yang kuat.

3. Orang yang Menyenangkan

Anda sangat tahu bagaimana caranya bersenang-senang dengan keluarga. Salah satunya dengan membuat suasana rumah terasa nyaman dan membahagiakan bagi sang anak.

Banyak kreativitas yang bisa Anda buat, karena menjadi seorang ibu bukan berarti harus kehilangan spontanitas dan rasa senang. Anda bisa mencari berbagai hal untuk membuat anak senang belajar dan dekat dengan anak menggunakan berbagai banyak cara.

3 dari 4 halaman

4. Mengetahui Batasan Diri

Sebagai makhluk sosial, kita memang tidak bisa lepas dari bantuan dari orang lain. Sayangnya, sindrom superwoman di mana seorang wanita mencoba melakukan semuanya dan menganggap meminta bantuan seringkali terasa menyulitkan diri sendiri.

Padahal, tidak apa-apa jika Anda mengetahui batasan diri dan memerlukan seseorang yang bisa membantu. Sebab, seorang ibu yang bahagia dan tidak kewalahan akan menjadi seorang yang hebat.

Selain itu, Anda juga akan menunjukkan kepada anak-anak bahwa meminta bantuan menjadi hal yang baik. Berkomunikasi dan cobalah meminta bantuan suami agar hidup lebih bahagia.

5. Berdedikasi Tinggi 

Saat Anda memutuskan melakukan sesuatu, Anda sadar sepenuhnya akan terlibat dengan banyak hal. Anda pun tahu bahwa membesarkan anak bukanlah sesuatu yang dianggap mudah.

Pastinya Anda akan bersedia melakukan apa pun agar anak-anak merasa tetap aman, membantu mereka belajar, dan tumbuh menjadi orang dewasa yang percaya diri, menyenangkan, dan bahagia. 

Selain itu, Anda juga akan memiliki dedikasi dalam menjaga hubungan dengan pasangan, keluarga, dan teman, karena merasa perlunya ada keseimbangan dalam hidup. 

4 dari 4 halaman

6. Akan Melindungi Orang yang Anda Cintai

Anda siap menjadi seorang ibu jika Anda akan melakukan segala hal demi keluarga atau teman terdekat, termasuk jika harus meninggalkan hal-hal yang disukai jika mereka membutuhkan Anda. Terlebih tidak bisa dipungkiri jika menjadi seorang ibu, Anda perlu melakukan berbagai hal, seperti mengasuh, mengajar, dan melindungi mereka sampai kapan pun. 

Hal ini bukan berarti memanjakan mereka dan berpikir bahwa mereka tidak boleh berbuat salah, tapi Anda akan berusaha melawan orang lain yang mungkin melanggar batas, ketika menyangkut anak-anak Anda yang harus dilindungi.

7. Tahu Caranya Mengatakan "Tidak"

Mengetahui bagaimana mengatakan "tidak" adalah cara lain untuk menjadi seorang ibu. Anak-anak akan meminta segala macam hal dan kadang-kadang beberapa di antaranya tidak akan aman. Bisa jadi, apa yang mereka minta mungkin tidak akan berjalan selaras dengan nilai-nilai keluarga Anda dan yang lain akan keluar dari anggaran keluarga.

Saat itulah penting untuk mengetahui bagaimana cara menolak keinginan tersebut. Bukan berarti Anda tidak sayang kepada mereka, tapi Anda tentunya tahu apa yang terbaik bagi mereka. Coba beritahukan apa yang menjadi keresahan Anda sehingga membuat mereka mengerti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.