Sukses

6 Cara Memotivasi Diri untuk Tidur Lebih Awal, Agar Bangun Lebih Segar

Berikut ini beberapa cara memotivasi diri untuk tidur lebih awal agar bangun lebih segar

Liputan6.com, Jakarta Tidur nyenyak secara konsisten — antara tujuh dan sembilan jam per malam — penting untuk menjaga kesehatan yang optimal. Padahal, jadwal tidur yang sehat diketahui bisa meningkatkan mood, mencegah penyakit kronis, membantu menjaga fungsi kognitif, dan banyak lagi.

Tidur lebih awal di malam hari adalah salah satu cara untuk memastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup, kata para ahli. Namun, survei tahun 2014 mengungkapkan bahwa mayoritas orang Amerika tidur antara jam 10 malam. dan tengah malam, sepertiga orang dewasa tidur lebih larut.

Jika Anda memiliki niat untuk tidur lebih awal tetapi masih berjuang untuk melakukannya, kemungkinan besar Anda memerlukan cara baru untuk mendorong istirahat. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Hubungkan dengan tujuan Anda

"Setiap kali Anda ingin membuat perubahan besar pada rutinitas kesehatan Anda, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang alasannya," kata Laura Hansen, MS, NBC-HWC, pelatih kesehatan dan kebugaran bersertifikat dengan fokus pada manajemen tidur dan stres.

"Memahami mengapa penting untuk mendapatkan tidur cukup dapat menjadi motivator yang kuat. Apakah itu memiliki lebih banyak energi untuk bekerja atau merasa lebih hadir dengan orang yang dicintai, terhubung dengan tujuan Anda dapat membantu Anda memprioritaskan tidur," katanya.

Hansen merekomendasikan untuk merenungkan dan bahkan menuliskan manfaat tidur lebih banyak, mulai dari merasa lebih waspada dan fokus hingga meningkatkan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

"Mengingat hasil positif dari tidur yang cukup dapat membuat prioritas lebih mudah," katanya kepada Best Life.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ubah kamar tidur Anda menjadi tempat tidur

Jika Anda ingin benar-benar menikmati tidur lebih awal, meningkatkan ruang tidur Anda dapat membuat perbedaan besar, kata Hansen.

"Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan mengundang dapat memudahkan Anda untuk bersantai di malam hari," katanya.

Secara khusus, Anda mungkin ingin berinvestasi pada tempat tidur yang nyaman, aromaterapi, mesin derau putih, atau tirai anti tembus pandang—yang semuanya dapat membantu Anda mengoptimalkan tidur Anda. Pastikan kamar tidur Anda sejuk, gelap, tenang, dan bersih untuk istirahat malam yang lebih nyenyak.

3. Ubah rutinitas tidur Anda menjadi ritual yang berharga

Menikmati ritual rutinitas waktu tidur Anda juga dapat menjadikan tidur sebagai sesuatu yang Anda nantikan, kata Jill Zwarensteyn, pelatih ilmu tidur bersertifikat dan editor di Sleep Advisor.

"Ada banyak rekomendasi untuk rutinitas malam hari, tetapi penting untuk melihat ke dalam dan mempertimbangkan preferensi Anda saat mengatur ritual itu," catatnya.

"Apakah Anda suka menulis, melukis, musik, mengistirahatkan pikiran, berolahraga? Selaraskan ritual ini dengan minat Anda yang sebenarnya untuk meningkatkan motivasi menyelesaikannya setiap malam. Melakukan ini dapat membantu Anda rileks dan merasa nyaman sebelum tidur."

 

3 dari 4 halaman

4. Tetapkan beberapa tujuan SMART

Menetapkan tujuan nyata seputar kebiasaan tidur Anda adalah cara lain untuk memotivasi Anda tidur lebih awal.

"Menciptakan tujuan [SMART] yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu dapat membantu Anda tetap bertanggung jawab dan termotivasi. Misalnya, menetapkan tujuan untuk berada di tempat tidur pada waktu tertentu setiap malam dapat membantu membangun rutinitas tidur yang konsisten, "ucap Hansen.

Jika Anda kesulitan dengan konsistensi, menyetel alarm untuk memulai rutinitas waktu tidur Anda pada waktu tertentu dapat membantu Anda tetap pada jadwal tidur baru Anda. Namun, Zwarensteyn mengatakan bahwa memulai dari yang kecil adalah ide yang bagus.

"Kebiasaan sulit untuk diubah, jadi mengubah waktu tidur Anda mungkin menantang. Anda tidak ingin menetapkan tujuan dan harapan yang tidak realistis karena kegagalan dapat menurunkan motivasi," sarannya.

"Alih-alih mengubah waktu tidur Anda secara drastis dari satu malam ke malam berikutnya, mundurkan waktu mulai dengan 10-15 menit. Setelah Anda mulai terbiasa, tetapkan peningkatan yang lebih besar."

 

4 dari 4 halaman

5. Buat sistem penghargaan

Untuk membantu memperkuat tujuan tersebut, mungkin juga membantu untuk menciptakan sistem penghargaan yang memberi insentif pada pekerjaan yang dilakukan dengan baik.

"Misalnya, orang dapat menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri, seperti mencapai serangkaian malam tertentu dengan waktu tidur yang konsisten, dan kemudian menghadiahi diri mereka sendiri dengan sesuatu yang menyenangkan atau bermakna ketika mereka mencapai tonggak sejarah ini," kata Carlie Gasia, tidur bersertifikat Spencer-Institute. pelatih sains dan koordinator penerbitan untuk Sleepopolis.

Hadiah dapat berkisar dari memanjakan diri sendiri hingga suguhan favorit atau meluangkan waktu dalam jadwal Anda untuk aktivitas santai favorit seperti pijat, kata Gasia. 

6. Manfaatkan pagi Anda sebaik-baiknya

Membuat rencana yang menarik untuk pagi hari juga dapat membantu memotivasi Anda untuk tidur lebih awal. Dengan sesuatu yang dinanti-nantikan, Anda pasti ingin merasa beristirahat sebaik mungkin.

Secara khusus, aktivitas yang membuat Anda berada di luar ruangan di bawah sinar matahari yang cerah di pagi hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian Anda. Ini pada gilirannya akan membuat Anda lebih mudah tertidur di malam hari, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.