Sukses

Wajib Diperhatikan, Begini Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas yang Benar Agar Tahan Lama

Tentunya ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat menyimpan daging kurban di kulkas agar kualitas daging tetap terjaga.

Liputan6.com, Jakarta Pada 29 Juni 2023 lalu umat muslim telah merayakan Hari Raya Idul Adha. Tentunya Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan daging kurban. Seperti yang kita tahu, penyembelihan daging kurban merupakan salah satu ibadah yang dilakukan umat muslim dalam perayaan Hari Raya Idul Adha. 

Umumnya banyak masyarakat yang menerima daging kurban hasil penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha seperti sapi, kambing dan domba di daerah tempat tinggalnya. 

Mungkin ada sebagian orang yang langsung mengolah daging kurban, namun banyak pula yang menyimpannya di kulkas untuk nantinya diolah di kemudian hari.

Itu mengapa penting untuk kita mengetahui cara menyimpan daging kurban di kulkas yang benar agar daging tahan lama dan tetap segar. Tentunya ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat menyimpan daging kurban di kulkas agar kualitas daging tetap terjaga. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini deretan cara menyimpan daging kurban yang baik dan benar agar tahan lama.

1. Jangan Mencuci Daging

Langkah pertama yang perlu dilakukan jika hendak menyimpan daging kurban di kulkas ialah jangan mencuci daging. Ya, sebaiknya daging jangan dicuci sebelum disimpan karena bila dicuci bisa membuat aroma prengus justru kian kuat. Selain itu, air yang meresap ke dalam serat akan membuat daging lebih mudah rusak atau busuk. Sebaiknya sebelum menyimpan daging di kulkas, masukkan daging ke dalam wadah kedap udara. Pastikan wadah atau kantong plastik yang digunakan berbahan food grade agar daging bisa tahan lama dan tetap segar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Simpan di Bawah Suhu 40 Derajat

Anjuran untuk menaruh daging yang benar agar awet yaitu di bawah temperatur 40 derajat Celcius, menurut Foodsafety. Semakin dingin suhu akan semakin baik. Rentang temperatur dua derajat Celcius sampai dengan lima derajat Celcius dianggap memiliki suhu yang tepat untuk menyimpan daging.

Selain itu, ada baiknya Anda tidak mencampurkan daging dengan makanan olahan lain di dalam kulkas. Itu mengapa Anda perlu menggunakan wadah tertentu untuk menyimpan daging supaya tidak terkontaminasi bakteri lain.

Daging sapi dan domba juga dianggap mampu bertahan hingga tiga sampai lima hari untuk layak dikonsumsi. Walaupun disimpan pada kulkas, ada baiknya jangan dibiarkan terlalu lama supaya bisa dikonsumsi dalam keadaan yang baik dan segar.

3 dari 4 halaman

3. Segera Olah Daging Setelah Dikeluarkan dari Kulkas

Sebelum dimasak ada baiknya membiarkan daging mentah selama beberapa jam. Akan lebih bagus lagi untuk dihangatkan selama beberapa detik menggunakan microwave.

Anda juga perlu mengolah daging yang telah dikeluarkan dari kulkas dalam waktu 24 jam. Meski daging sudah dimasak atau diolah, tentu bisa dikonsumsi kembali dengan catatan disimpan lagi dalam kulkas.

4 dari 4 halaman

4. Tambahkan Banyak Bumbu Dapur

Agar cita rasa daging lebih enak, ada baiknya menambahkan bumbu dapur lebih banyak. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengawetkan daging agar lebih tahan lama. Di sisi lain, daging sisa yang telah diolah hanya bisa dikonsumsi sekali saja. Setelah dikeluarkan dari kulkas ada baiknya sambil dipanaskan untuk membunuh bakteri dalam daging.

Nah, agar daging semakin awet, ada baiknya untuk meminimalisir buka tutup kulkas. Sehingga temperatur suhu yang berubah tidak merusak ataupun mengkontaminasi daging dengan bakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.