Sukses

5 Destinasi Wisata di Labuan Bajo yang Wajib Dikunjungi Sekali dalam Seumur Hidup

Selain Pulau Komodo, Labuan Bajo juga terkenal dengan beragam destinasi wisata lain yang memiliki panorama yang memesona. Dilansir dari berbagai sumber, berikut destinasi wisata di Labuan Bajo yang wajib kalian kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia terkenal dengan keindahannya. Ada begitu banyak destinasi di Indonesia yang seolah bisa digambarkan sebagai surga dunia. Salah satunya adalah Labuan Bajo.

Desa ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan oleh Selat Sape. 

Labuan Bajo merupakan gerbang menuju Taman Nasional Komodo yang menyimpan keindahan alam yang menakjubkan serta hewan purba yang mendunia. Ya, Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo adalah satu entitas yang tidak dapat terpisahkan. 

Dilansir dari laman resmi Wonderful Indonesia, Jumat (2/6/2023), Taman Nasional Komodo terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991 ini terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan beberapa pulau lain di sekitarnya. 

Kehadiran komodo yang juga merupakan kadal raksasa di dunia ini pertama kali diliput dalam jurnal ilmiah pada tahun 1912. Jurnal tersebut ditulis oleh Pieter Antonie Ouwens, Direktur Museum Zoologi Bogor. Penemuan tersebut lah yang menjadi awal mula dikenalnya Labuan Bajo di mata dunia. 

Selain Pulau Komodo, Labuan Bajo juga terkenal dengan beragam destinasi wisata lain yang memiliki panorama yang memesona. Dilansir dari berbagai sumber, berikut destinasi wisata di Labuan Bajo yang wajib kalian kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

1. Pulau Komodo

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Pulau Komodo sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Pulau Komodo sendiri terletak di Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Pulau ini terkenal sebagai habitat komodo, kadal terbesar di Bumi, yang dinamai menurut nama pulau tersebut. Pulau ini tentunya telah menjadi tujuan populer di Labuan Bajo. Selain bisa melihat langsung binatang purba Komodo, pengunjung juga bisa menyelam di pulau ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pulau Padar

Pulau Padar merupakan pulau kecil yang terletak di antara pulau Komodo dan Rinca di kepulauan Komodo. Pulau ini berada di bawah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Padar adalah pulau terbesar ketiga dari Taman Nasional Komodo.

Pulau Padar memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Pemandangan yang disuguhkan adalah pemandangan daratan hijau ditambah dengan keindahan perairan biru. Tentunya ini merupakan perpaduan yang sangat sempurna, bukan?

3 dari 5 halaman

3. Pink Beach

Salah satu destinasi yang terkenal di Labuan Bajo adalah pink beach. Tentunya keistimewaan dari pantai ini lantaran memiliki pasir warna pink.

Rupanya warna pink yang mencolok pada pasir di pantai ini berasal dari hewan mikroskopis yang disebut Foraminifera, yang menghasilkan pigmen merah di terumbu karang. Ketika pecahan kecil karang merah bergabung dengan pasir putih, akan menghasilkan warna merah muda terang yang terlihat di sepanjang garis pantai.

4 dari 5 halaman

4. Desa Waerebo

Kalian tentu sudah pernah melihat destinasi desa Waerebo yang pernah viral di media sosial. Desa Waerebo sudah diakui oleh UNESCO lantaran kental dengan budaya.

Meski terletak di tempat terpencil, namun pemandangan desa ini sangat luar biasa. Desa Waerebo ini terletak di Kecamatan Satarmese, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. 

5 dari 5 halaman

5. Pulau Kelor

Pulau Kelor merupakan salah satu destinasi di Labuan Bajo yang sempurna untuk berenang, snorkeling hingga bersantai di pantai. Lantaran relatif kecil, Anda bisa dengan mudah menjelajahi pulau ini dengan berjalan kaki.

Ada beberapa jalur pendakian yang mengarah ke puncak pulau, di mana Anda dapat menikmati pemandangan daerah sekitarnya yang indah. Pulau Kelor juga merupakan rumah bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan, termasuk beberapa spesies endemik yang hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Komodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.