Sukses

Seringkali Tidak Bergejala, 2 Tanda Utama Kanker Ginjal Ini Harus Diwaspadai

Berikut ini tanda utama kanker ginjal yang harus diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Kanker ginjal adalah salah satu bentuk penyakit yang paling umum, tetapi pasien sering tidak menyadari bahwa mereka mengidapnya sampai terdeteksi oleh tes medis yang tidak terkait.

Ada sekitar 13.000 kasus baru setiap tahun di Inggris dan NHS mengatakan itu biasanya menyerang orang dewasa berusia 60-an atau 70-an, dan jarang terjadi pada orang di bawah 50 tahun. Kanker ginjal seringkali dapat disembuhkan jika ditemukan cukup dini, tetapi bisa lebih sulit diobati jika telah menyebar. 

Sebagai bagian dari sistem kemih, ginjal menyaring produk limbah dari darah dan membuat urin. Cancer Research UK mengatakan penyakit ginjal memiliki tingkat kelangsungan hidup sekitar 52 persen, dengan sekitar 34 persen kasus dianggap dapat dicegah.

Sayangnya, terlepas dari prevalensinya, kanker ginjal seringkali tidak diketahui karena sekitar setengah dari kasus tidak menunjukkan gejala apa pun, demikian menurut NHS.

Cancer Research UK telah membuat daftar beberapa tanda peringatan yang dapat mengarah pada penyakit ini:

Darah dalam urin

Gejala yang paling umum dari kanker ginjal adalah darah dalam urin Anda (dikenal sebagai hematuria).

“Itu mungkin disebabkan oleh infeksi, pembesaran prostat atau batu ginjal,” kata badan amal itu. “Selalu temui dokter Anda jika Anda melihat ada darah dalam urin Anda.

“Darah tidak harus selalu ada di sana. Itu bisa datang dan pergi. Kadang-kadang, darah tidak dapat dilihat dengan mata telanjang tetapi dapat diambil dengan tes urine sederhana."

“Karena pendarahan bisa datang dan pergi, Anda atau dokter Anda mungkin mengira masalahnya telah hilang. Ini dapat berarti bahwa kanker ginjal atau kandung kemih dini yang dapat diobati dibiarkan tumbuh ke tahap yang mungkin lebih sulit diobati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memperhatikan benjolan

Kanker dapat menyebabkan benjolan atau massa di area ginjal. Badan amal tersebut menyatakan: “Jika Anda merasakan adanya benjolan atau pembengkakan di area ginjal, langsung ke dokter.

“Kebanyakan kanker ginjal terlalu kecil untuk Anda atau dokter rasakan. Tetapi dokter Anda dapat mengatur pemindaian ultrasound untuk memeriksa kanker.”

 

Gejala kanker ginjal lainnya yang harus diperhatikan

Ada gejala yang kurang spesifik yang bisa berarti Anda menderita kanker ginjal termasuk:

  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan
  • Sakit punggung di satu sisi (di bawah tulang rusuk) yang tidak kunjung hilang
  • Suhu tinggi dan keringat yang sangat banyak
  • Kehilangan selera makan
  • Umumnya merasa tidak enak badan

Anda harus menemui dokter Anda secepat mungkin jika Anda menemukan darah dalam urin Anda, benjolan di area ginjal atau jika Anda mengalami gejala lain yang tidak dapat dijelaskan.

 

3 dari 3 halaman

Apa penyebab kanker ginjal?

Biasanya, tidak jelas mengapa seseorang terkena kanker ginjal, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda.

Ini termasuk:

  • Memiliki tekanan darah tinggi
  • Merokok
  • Mengalami gagal ginjal
  • Kelebihan berat badan
  • Riwayat keluarga kanker ginjal
  • Mengidap diabetes tipe 1
  • Mengidap kanker tiroid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.