Sukses

10 Tips Jitu untuk Kembali Produktif Sehabis Libur Lebaran

Produktif sehabis Lebaran, kenapa tidak? Ikuti tipsnya di sini biar kembali semangat!

Liputan6.com, Jakarta Tidak terasa, libur Lebaran telah hampir usai. Akan tiba saatnya, Anda harus menerima realita untuk kembali ke rutinitas sehari-hari. Apalagi momen libur hari Lebaran yang cukup panjang di tahun ini, pasti Anda manfaatkan untuk bersantai dan melupakan sejenak pekerjaan yang membuat lelah dan stres.

Sayangnya, ketika tahu semua ini akan segera berakhir, rasanya susah sekali mengembalikan semangat seperti sedia kala. Maka tidak heran, di hari-hari awal pulang liburan, rasanya sulit sekali untuk fokus bekerja.

Kalau sudah begini, Anda perlu merencanakan hal-hal baru supaya dapat diaplikasikan setelah libur Lebaran usai. Tentu hal ini dilakukan supaya produktif dalam bekerja kembali dan menjadi semangat menjalani hari! Yuk, simak tips selengkapnya di sini!

1. Istirahat Sebelum Hari H Kerja Dimulai

Istirahat yang cukup sangat penting dilakukan ketika menjelang kembali bekerja. Soalnya, saat libur Lebaran biasanya Anda akan menghabiskan waktu seharian di jalan, menemui kerabat, atau jalan-jalan ke tempat wisata sehingga waktu tidur dan bersantai terasa kurang. Untuk itu, di H-1 sebelum bekerja, sebaiknya luangkan waktu untuk beristirahat agar kembali fit ketika bekerja kembali.

2. Mulai Perlahan dan Membuat To Do List Pekerjaan

Salah satu kunci penting kembali produktif setelah libur Lebaran adalah dengan memulai pelan-pelan dan dengan hal-hal yang kecil. Tidak ada salahnya membuat jadwal pekerjaan atau to do list yang harus dikerjakan serta diselesaikan pada hari pertama kembali bekerja.

Apalagi hari pertama bekerja setelah masa libur akan terasa berat. Maka dengan membuat to do list seperti ini, Anda akan kembali terbiasa dengan rutinitas harian yang harus dikerjakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Hari pertama masuk kerja, sebaiknya membersihkan atau membereskan meja kerja yang sudah lama ditinggal berlibur. Meja kerja yang rapi tentu bisa memengaruhi produktivitas kerja seseorang. Jika Anda masih mengajukan WFH, tak ada salahnya juga membuat ambience meja kerja di rumah lebih rapi dan tata ulang supaya lebih nyaman.

4. Mendengarkan Musik Favorit

Mendengarkan musik favorit saat bekerja, bisa menjadi cara yang baik untuk mengembalikan mood terasa lebih positif sehabis liburan. Dengan begitu, Anda jadi lebih semangat dan produktivitas bisa kembali normal.

5. Mulailah Bekerja

Rasa malas dan bosan pasti sulit dihindari saat hari pertama kerja. Untuk itu, mulailah pekerjaan dari yang paling mudah dikerjakan. Setelah selesai dan produktivitas kembali normal, Anda bisa memulai mengerjakan pekerjaan lainnya.

6. Datang Lebih Pagi

Mau tidak bermalas-malasan setelah libur Lebaran? Maka, datanglah lebih pagi ke kantor. Dengan begitu, datang lebih pagi membuat Anda bisa bersantai dan tidak harus terburu-buru. Anda pun bisa tetap fokus bekerja.

3 dari 3 halaman

7. Mengobrol Bersama Rekan Kerja

Cara berikutnya agar kembali produktif setelah libur Lebaran yaitu dengan berbagi cerita kepada rekan kerja. Pasti ada banyak cerita seru dan pengalaman unik yang bisa Anda bagikan, begitupun dengan teman-teman kantor yang memiliki pengalaman yang berbeda. Hal ini dijamin dapat mengembalikan fokus dan semangat kembali.

8. Jangan Lembur

Tips lain yang bisa Anda lakukan, yaitu tidak lembur di hari pertama kerja. Selain memaksakan diri, langsung lembur setelah liburan membuat Anda lebih cepat merasa lelah dan tidak ingin bekerja. Lebih baik, selesaikan pekerjaan sesuai dengan jam kerja saja. Saat jam kerja selesai, bersiaplah untuk pulang ke rumah dan beristirahat.

9. Manfaatkan Waktu Istirahat

Cara lain dalam mengembalikan produktivitas setelah menikmati liburan panjang adalah dengan memanfaatkan waktu istirahat. Manfaatkan waktu istirahat bekerja dengan mengistirahatkan pikiran, bukan mengerjakan tugas lainnya. Meskipun terkesan efektif, tapi kegiatan ini justru bisa menurunkan semangat kerja dan kualitas kerja yang dihasilkan tidak maksimal. Bila memang terlalu lelah, kamu juga bisa manfaatkan waktu tidur siang selama 20 hingga 30 menit untuk kembalikan semangat kerja.

10. Kembali Aktif Berolahraga

Saat liburan, menjadi hal yang lumrah jika jadwal olahraga terabaikan. Oleh karena itu, sudah saatnya kembali aktif secara fisik dengan berolahraga. Tubuh yang bugar karena olahraga, dapat mengembalikan produktivitas pascaliburan, lho. Selain itu, badan Anda juga tetap kembali fit dan sehat.

Itulah 10 tips yang bisa dilakukan untuk mengembalikan produktivitas setelah libur hari Lebaran. Tetap semangat untuk kembali bekerja dan jangan mengabaikan kondisi kesehatan Anda!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.