Sukses

8 Rekomendasi Menu Makan Malam untuk Kamu yang Sedang Diet

Berikut ini rekomendasi menu makan malam sehat untuk Anda yang sedang menjalani diet

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang makan malam tidak dianjurkan untuk orang yang sedang diet? Meski sedang menjalani diet, makan malam tetap harus dilakukan karena penting untuk kesehatan tubuh.

Jika Anda sedang diet, makan malam tetap dianjurkan asalkan dengan menu makanan sehat. Makan malam untuk diet dapat dibuat dengan mudah, namun rasanya tetap enak.

Dilansir dari laman Eating Well, Selasa (7/3/2023), saat sedang diet, Anda perlu menghitung berapa banyak kalori yang Anda konsumsi. Namun, hal demikian bukan berarti Anda harus makan salad setiap saat.

Anda tetap bisa diet dengan makan makanan enak yang ramah untuk diet. Berikut ini adalah rekomendasi menu makan malam untuk diet, yang dapat dibuat dengan mudah dan tetap bergizi seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Salad

Salad merupakan makanan yang terdiri dari buah, sayur, dan bisa ditambahkan protein hewani seperti ayam, salmon, udang, atau telur.

Pembuatan salad juga cukup mudah, Anda hanya perlu memotong bahan-bahan seperti selada, bawang bombay, timun, apel, stroberi, tomat, kol ungu, telur rebus, dan ayam panggang. Kemudian bahan tersebut disiram dengan saus khusus untuk salad.

Untuk memberikan tekstur yang renyah, Anda bisa menambahkan dengan biji bunga matahari atau biji labu. Ada berbagai macam pilihan salad yang bisa Anda coba seperti caesar salad, salad buah, green salad, atau greek salad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh memiliki manfaat untuk kesehatan, namun Anda harus cermat untuk memilihnya. Anda bisa memanfaatkan biji-bijian untuk diet seperti beras merah, quinoa, roti gandum, almond, dan chia.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kelompok orang yang diet dengan biji-bijian lebih cepat meluruhkan lemak perut dibandingkan dengan yang tidak diet. Biji-bijian diketahui kaya akan mineral dan magnesium yang baik untuk metabolisme.

3. Ayam Panggang

Selain salad dan biji-bijian utuh, Anda bisa memilih ayam panggang sebagai menu makan malam di kala diet. Pangganglah ayam secara utuh di dalam microwave. Jika memanggang satu ayam panggang utuh dirasa lama dan merepotkan, Anda bisa memanggang dada ayam.

Dada ayam memiliki sedikit lemak dan kaya akan protein sehingga baik untuk diet. Untuk ayam utuh yang dipanggang, Anda bisa mengisinya dengan kentang, bawang bombay, lemon, dan potongan wortel. Namun untuk dada ayam, marinasilah dada tersebut dengan lada, garam, bubuk paprika, dan bubuk bawang putih.

Setelah beberapa menit, pangganglah dada ayam di wajan anti lengket. Setelah ayam dipanggang, diamkanlah selama beberapa menit.  

3 dari 4 halaman

4. Oatmeal

Ambilah semangkuk oatmeal yang kaya akan kandungan serat. Serat dalam oatmeal mampu membantu membuat Anda tetap kenyang dan melancarkan pencernaan. Oatmeal merupakan solusi diet yang baik untuk Anda coba.

Tambahkan segelas susu rendah lemak atau susu almond. Anda juga bisa menambahkan potongan buah seperti mangga dan stroberi sebagai hiasan dan penambah rasa.

5. Pangsit Isi Jamur

Tiap porsi pangsit isi jamur mengandung 48 kalori. Untuk membuatnya Anda memerlukan kulit pangsit, atau bisa menggantinya dengan rice paper supaya kalorinya lebih rendah. Siapkan bahan-bahan seperti jamur yang dicincang halus, wortel, bawang bombay, dan ayam yang dibumbui dengan kecap asin, minyak wijen, garam dan sedikit gula.

Setelah itu, masukkan isian ke dalam pangsitnya. Jika seluruh pangsit sudah siap, Anda bisa mengukusnya. Sebenarnya pangsit tersebut dapat dimasak dengan digoreng, namun kalorinya lebih rendah apabila dikukus.  

4 dari 4 halaman

6. Sup Bening

Sup adalah makanan rendah kalori, tapi tinggi kandungan air dan zat gizi. Ini merupakan kombinasi tepat dari menu makan malam untuk diet. Pasalnya, Anda bisa memenuhi kebutuhan gizi dan cepat kenyang tanpa harus mendapatkan kalori berlebih.

7. Telur Rebus

Telur termasuk makanan terbaik untuk diet karena mengandung protein dan lemak yang menyehatkan. Bahan makanan ini juga mengenyangkan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan merasa lapar kembali pada malam hari. 

8. Salmon dan Tuna

Meski dikenal sebagai ikan berlemak, salmon dan tuna justru tidak membuat berat badan naik. Kedua ikan ini kaya akan protein yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Ikan juga mengandung yodium, mineral penting yang dibutuhkan dalam fungsi kelenjar tiroid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.