Sukses

Jangan Abai, Kulit Gatal dan Ruam Bisa Jadi Tanda Awal Penyakit Ginjal

Seseorang yang mengidap penyakit ginjal juga akan mengalami kondisi kulit tertentu seperti gatal pada kulit atau ruam kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap organ dalam tubuh kita memiliki peran yang sangat penting. Sama seperti jantung, otak dan paru-paru, ginjal juga bekerja untuk menjaga kesehatan dan kebugaran kita secara keseluruhan.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengatakan, peran utama ginjal adalah membersihkan darah dari racun dan mengubah limbah menjadi urine. 

Selain itu, ginjal juga mengatur tekanan darah, membuat sel darah merah dan juga mengontrol kadar pH dalam tubuh. 

Ginjal memikul beberapa tanggung jawab penting, oleh karena itu kelainan apa pun pada organ bisa menyebabkan berbagai komplikasi.

“Penyakit ginjal cenderung memiliki berbagai gejala termasuk sesak napas, kelelahan, sulit tidur dan darah dalam urine. Pada tahap awal, beberapa tanda yang sangat halus adalah pembengkakan pada kaki,” kata konsultan – nefrologi di Rumah Sakit CK Birla, Gurugram, Dr. Mohit Khirbat, seperti mengutip dari Times of India, Senin (6/3/2023).

Seseorang yang mengidap penyakit ginjal juga akan mengalami kondisi kulit tertentu seperti gatal pada kulit atau ruam kulit, atau kulit kering yang disebabkan oleh tingginya kadar urine dalam tubuh. 

Seringkali terlihat bahwa pasien yang menjalani cuci darah mengeluhkan banyak gejala kulit seperti terutama gatal, yang lagi-lagi karena tingginya kadar urine yang ada di dalam tubuh, dan terkadang karena menggaruk, mereka juga mengalami sejumlah ruam pada tubuh. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengalami ruam kulit

Menurut Dr. Khirbat, jika seorang pasien mengalami ruam kulit yang tidak bisa dijelaskan atau ruam yang tidak biasa, sebaiknya dilakukan tes ginjal untuk CKD.

“Dan terkadang individu terkejut saat mengetahui bahwa penyebab mendasar dari masalah kulit tidak lain adalah penyakit ginjal kronis,” sambungnya.

Kondisi kulit pada ginjal kronis ini seringkali sulit untuk diobati. Kecuali jika penyakit ginjal kronis yang mendasarinya bisa diobati dan pemeriksaan ginjal bisa diperbaiki, maka dalam hal itu, tentu saja kondisi ginjal akan membaik.

Namun, sebaliknya yang bisa kita gunakan adalah sejumlah krim serba guna atau sesuatu untuk membuat kulit lebih lembut dan lembab. Ini biasanya membantu mengurangi rasa gatal. 

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Ginjal Tidak Sehat yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa gejala fisik yang menjadi tanda-tanda ginjal bermasalah. Oleh karena itu, kenali tanda-tanda jika ginjalmu tidak sehat yang perlu diwaspadai berikut ini.

1. Lebih lelah

Anda memiliki lebih sedikit energi atau kesulitan berkonsentrasi menjadi pertanda ginjlamu dalam kondisi tidak baik.

"Penurunan fungsi ginjal yang parah bisa menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Ini bisa menyebabkan individu merasa lelah dan lemah," kata Puru.

2. Kulit kering dan gatal

Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal lanjut, ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darahmu.

3. Darah dalam urine

Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel-sel darah di dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urine, tapi ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini bisa mulai "bocor" ke dalam urine.

"Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urine bisa menjadi indikasi adanya tumor, batu ginjal, atau infeksi," jelas Puru.

4. Urine berbusa

Gelembung berlebihan dalam urine, terutama yang mengharuskanmu untuk menyiram beberapa kali sebelum hilang menunjukkan protein dalam urine.

Busa ini terlihat seperti busa saat mengocok telur, karena protein yang umum ditemukan dalam urine, albumin, adalah protein yang sama dengan yang ditemukan dalam telur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.