Sukses

Mengetahui Kepribadian Seseorang Lewat Posisi Tidur Favoritnya

Mari kita cari tahu seperti apa kepribadian kita dilihat dari posisi tidurnya.

Liputan6.com, Jakarta - Psikolog dan pakar tidur di seluruh dunia telah melakukan beberapa penelitian untuk menetapkan hubungan antara posisi tidur kita dan kepribadian kita. Alam bawah sadar kita adalah hal yang memengaruhi bagaimana kita beraktivitas sepanjang hari, bagaimana kita berjalan, kopi apa yang kita pesan, bagaimana kita tidur, dll. Meskipun kita sering tidak memerhatikan bagaimana kita tidur, tapi kita umumnya akan tidur dengan posisi favorit kita tanpa disadari. 

Namun, banyak karya rintisan Dunkell tentang hubungan antara posisi tidur dan ciri-ciri kepribadian. Peneliti tidur Samuel Dunkell menulis dalam bukunya Sleep Positions, “Cara kita tidur adalah cara hidup”.

Ilmu Tidur telah berperan dalam membuktikan bahwa tidur berbicara tentang ciri-ciri kepribadian Anda yang dapat dikategorikan sebagai neurotisisme, kesadaran, ekstraversi, keramahan, dan keterbukaan. 

European Journal of Personality menyatakan bahwa kualitas tidur yang Anda dapatkan minggu ini kemungkinan besar akan menginformasikan kepribadian Anda lima tahun dari sekarang. Nah, sekarang mari kita cari tahu seperti apa kepribadian kita dilihat dari posisi tidurnya. Dilansir dari Jagran Josh berikut ulasannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posisi Tidur Terlentang

Jika Anda tidur telentang, kepribadian tidur Anda mengatakan bahwa Anda senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah individu yang optimis yang akan menikmati kebersamaan dengan orang-orang yang berpikiran sama. Anda biasanya memiliki kehadiran kuat yang berani di ruangan yang penuh dengan orang. Anda tidak terlibat dalam pembicaraan kecil atau hal-hal yang tidak memenuhi standar Anda atau tidak mendukung Anda. Anda memegang harapan yang sangat tinggi dari diri sendiri dan juga orang lain.

Seseorang kemungkinan besar akan mendengar kebenaran dari Anda daripada kebohongan. Anda bekerja sangat teliti dan gigih untuk mencapai tujuan Anda. Anda menjalani hidup secara terstruktur dengan pola pikir yang didorong oleh kesuksesan. Anda sangat menikmati waktu Anda sambil berbaring di tempat tidur dan membayangkan rencana Anda menjadi kenyataan.

Orang yang tidur telentang menunjukkan kecenderungan kerajaan seperti 'ratu' atau 'raja' siang dan malam. Mereka memancarkan kepercayaan diri, penerimaan dunia, dan kebebasan. Mereka ditemukan berpikiran terbuka, dan pencari pengalaman atau sensasi dibandingkan dengan gaya tidur lainnya.

Menurut peneliti tidur Chris Idzikowsk, posisi tidur telentang diklasifikasikan lebih lanjut sebagai posisi tentara dan posisi bintang laut.

Jika seseorang tidur dalam posisi prajurit dengan kaki dan tangan lurus maka biasanya mereka pendiam tetapi memiliki standar yang tinggi.

Jika seseorang tidur dalam posisi bintang laut dengan tangan dan kaki terentang, mereka adalah pendengar yang baik yang menghargai persahabatan dan tidak suka menjadi pusat perhatian. Mereka adalah tipe orang yang 'mengikuti arus'. Mereka sangat empati dan suportif. Mereka kebanyakan ditemukan meminjamkan telinga kepada seseorang yang berbagi masalah mereka.

Jika seseorang tidur dalam posisi melihat bintang dengan kedua tangan di bawah kepala atau bantal, mereka adalah orang yang sangat optimis yang sangat setia kepada orang yang mereka cintai, teman, dan keluarga.

3 dari 4 halaman

Posisi Tidur Miring

Jika Anda tidur miring, maka kepribadian tidur Anda mengatakan bahwa Anda adalah tipe orang yang tenang, dapat diandalkan, santai, aktif, giat, dan suka bergaul. Anda selalu melihat ke depan. Anda tidak menyesali masa lalu. Anda tidak takut akan masa depan. Anda sangat mudah beradaptasi apapun perubahan atau situasinya. Anda sangat menyadari diri Anda sendiri, aspek baik dan buruk Anda sehingga tidak mudah menyinggung Anda. Anda selalu menebar senyum di wajah Anda bahkan selama kesulitan.

Orang yang tidur miring dengan tangan terentang biasanya mendambakan hubungan dekat atau hubungan dengan seseorang tetapi jauh di lubuk hati mereka juga takut tidak akan mendapatkannya. 

Mereka memiliki pendekatan hidup yang cukup rasional. Mereka juga cenderung menjadi makhluk yang kompleks karena mereka menunjukkan keterbukaan pikiran terhadap pengalaman baru namun pada saat yang sama sangat curiga terhadap orang lain. Mereka tidak cepat menerima atau mengubah pendapat mereka tentang orang lain. Mereka biasanya lambat mengambil keputusan, tetapi begitu mereka melakukannya, mereka akan tetap berpegang pada keputusan dan pemikiran mereka sendiri.

Orang-orang yang tidur miring dengan bantal dipeluk atau diselipkan di antara kaki mereka ditemukan sebagai individu yang sangat membantu yang lebih mementingkan hubungan daripada aspek kehidupan lainnya. 

Sebanyak Anda mendambakan bantal untuk dipeluk saat tidur, Anda ingin memiliki ikatan yang dalam dengan orang terdekat, pasangan, atau anggota keluarga Anda. Anda kemungkinan besar akan memeluk pasangan Anda atau melingkarkan kaki atau lengan Anda di sekelilingnya saat tidur dengannya. Anda juga sangat mengasuh dan peduli.

Orang yang tidur miring dalam posisi log dengan kedua kaki dan lengan terentang mudah tertipu dan terbuka untuk pengalaman hidup, menurut peneliti tidur, Chris Idzikowsk, dalam studinya. Mereka bisa bergaul dengan siapa saja, bahkan orang asing sekalipun. Mereka memiliki tipe sifat yang terlalu percaya.

Orang yang tidur menyamping dengan lutut ditekuk ke perut dan satu tangan diletakkan di bawah bantal atau pipi dianggap sebagai pemikir alami. Anda selaras dengan emosi Anda, baik itu negatif atau positif. Anda merangkul mereka dan bertindak sesuai dengan itu. Anda tampaknya memiliki penampilan luar yang kasar dan dingin, tetapi Anda adalah orang yang emosional di dalam. Anda juga bisa menjadi pasangan atau teman yang baik.

4 dari 4 halaman

Posisi Tidur Menelungkup

Jika Anda tidur tengkurap, maka kepribadian tidur Anda mengatakan bahwa Anda adalah tipe individu yang berkemauan keras, pengambil risiko, petualang, bersemangat tinggi, dan pemecah masalah. Anda efektif dalam memimpin atau menawarkan bimbingan kepada orang lain. Anda sangat suka tidur selama 8 jam penuh untuk tetap energik dan terisi kembali.

Anda adalah orang yang suka berteman yang terkadang terlihat dingin atau kasar. Anda selalu menghindari konfrontasi. Anda akan mencoba menemukan jalan tengah dalam setiap ekstremitas. Anda adalah kupu-kupu sosial dan suka dihargai. Anda memiliki getaran hangat yang ramah saat Anda dalam kondisi terbaik. Namun, menangani kritik bukanlah sifat terbaik Anda karena Anda adalah pengkritik diri Anda yang terburuk sehingga mendengarnya dari orang lain membuat Anda tidak nyaman.

Menurut peneliti tidur Dunkell, orang yang tidur tengkurap cenderung kompulsif, impulsif, cemas, dan kaku. Mereka ditemukan kurang percaya diri atau menghambat rasa tidak aman tentang diri mereka sendiri. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika seseorang tidur tengkurap, kemungkinan besar mereka bekerja di pekerjaan manajemen, perbankan, atau akuntansi.

Jika seseorang tidur tengkurap dengan tangan di atas atau di sekitar bantal dengan kepala menoleh ke satu sisi (baik kiri atau kanan), maka posisi tidur tengkurap ini dapat dikategorikan lebih lanjut sebagai posisi terjun bebas atau terjun payung. Mereka memiliki kepribadian yang menyenangkan, berjiwa bebas dan selalu siap untuk berpetualang. Mereka tidak berbasa-basi dan oleh karena itu kadang-kadang, mereka bisa dianggap kurang ajar, terutama ketika dikritik atau ekstrem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.