Sukses

Gaya Berjalan Anda Dapat Ungkap Tipe Kepribadianmu

Berikut ini cara mengetahui kepribadian seseorang dilihat dari gaya berjalannya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki keunikannya masing-masing dengan caranya sendiri dan begitu juga gaya berjalan kita. Studi mengungkapkan bahwa gaya berjalan kita, termasuk langkah dan kecepatan, dapat memberi tahu banyak sifat penting tentang kepribadian kita. 

Sama seperti gaya tidur, warna mata, atau bahkan cara kita memegang ponsel mengungkapkan tipe kepribadian kita. Penelitian telah menunjukkan untuk mengungkapkan beberapa wawasan menarik tentang kepribadian seseorang. 

Psikolog telah mengungkapkan bahwa cara seseorang berjalan juga dapat membantu menemukan apa yang mereka coba sembunyikan tentang diri mereka dari orang lain.

Salah satu studi paling awal untuk mengungkap tipe kepribadian dengan mempelajari gaya berjalan diterbitkan pada tahun 1935 oleh psikolog kelahiran Jerman Werner Wolff. 

Selama bertahun-tahun, beberapa penyelidikan terhadap gaya berjalan juga mengungkapkan bahwa seseorang dapat belajar bagaimana mengubah gaya berjalan mereka atau mengadaptasi gaya berjalan yang berbeda untuk mengubah kesan yang mereka berikan. 

Misalnya, jika Anda ingin memberikan kesan terlihat gagah, Anda dapat beradaptasi dengan berjalan lebih cepat dengan langkah yang lebih panjang dan gerakan lengan yang lebih berani. 

Meskipun seseorang harus selalu dalam kenyamanan dan gaya berjalan alami mereka daripada berusaha terlalu keras untuk menyesuaikan gaya lain karena itu juga dapat dianggap sebagai upaya putus asa untuk menjadi seseorang yang bukan Anda.

Berikut ini cara mengetahui kepribadian seseorang dilihat dari gaya berjalannya dilansir dari Jagran Josh, Kamis (2/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jika Anda Berjalan Cepat

Jika gaya berjalan Anda adalah pejalan cepat, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan tipe orang yang sangat rajin dan ramah. Orang dengan kepribadian fast walker lebih cenderung terbuka terhadap pengalaman baru, ekstrovert, dan teliti. Orang yang berjalan cepat ditemukan sebagai orang yang giat dan pengambil risiko.

Mereka akan memiliki keberanian lebih dari biasanya untuk mengambil inisiatif. Mereka adalah orang yang teguh untuk menjalani kehidupan yang bebas dari keributan. Orang-orang dengan gaya berjalan seperti itu ditemukan memiliki ledakan energi yang cepat dan sangat memperhatikan detail.

Ladies, jika pria Anda berjalan cepat dan tidak mengimbangi langkahnya dengan Anda atau berjalan di samping Anda, kemungkinan besar dia adalah tipe kepribadian yang sering memandu atau memimpin orang banyak dengan berjalan di depan mereka.

3 dari 6 halaman

Jika Anda Berjalan Perlahan

Jika gaya berjalan Anda berjalan lambat, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang berhati-hati. Langkah lambat dan pendek biasanya menunjukkan bahwa Anda kemungkinan besar adalah seorang introvert.

Orang dengan kepribadian slow walker biasanya menjaga diri mereka sendiri dan lebih egois. Pejalan lambat ditemukan terlibat dengan diri mereka sendiri atau aktivitas mereka.

Biasanya orang dengan gaya berjalan ini terlihat santai dan puas saat berada di perusahaan mereka sendiri. Mereka biasanya akan meluncur kembali ke latar belakang atau menjauh dari sorotan ketika mereka berada di ruangan yang penuh dengan kerumunan. 

Padahal, penelitian telah menemukan bahwa pejalan lambat biasanya menjalani gaya hidup yang kurang aktif yang dapat menyebabkan masalah kesehatan di awal kehidupan atau lebih rentan terhadap kecelakaan karena fungsi neurotik mereka menjadi lambat seiring bertambahnya usia.

4 dari 6 halaman

Jika Anda berjalan dengan santai

Jika gaya berjalan Anda santai, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan bahwa Anda suka hidup dengan cara Anda sendiri dalam hidup dengan kecepatan Anda sendiri. Anda tidak terburu-buru untuk berada di mana pun kecuali pada saat ini.

Anda selalu santai dan puas serta percaya diri, baik di dalam maupun di luar ruangan. Anda tenang dan terkumpul bahkan di tengah keramaian meskipun Anda tidak akan berjuang untuk mendapatkan sorotan atau berada di depan orang banyak. Anda menikmati berkomunikasi dengan orang-orang dan mendengarkan percakapan atau sudut pandang mereka.

Berbanggalah karena gaya berjalan Anda dianggap sebagai salah satu gaya berjalan paling ideal. Anda akan berjalan di jalan dengan kepala tegak dengan sikap acuh tak acuh yang merupakan tanda besar dari tingkat kepercayaan dan kepuasan yang tinggi terhadap diri sendiri.

Seseorang yang berjalan dengan santai dikenal sebagai orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan tingkat urgensi yang rendah. Mereka tidak mencari validasi atau jaminan atas apapun.

5 dari 6 halaman

Jika Anda berjalan dengan langkah cepat dan panjang

Jika gaya berjalan Anda mengambil langkah cepat yang panjang, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan pandangan positif terhadap berbagai hal. Anda memiliki tipe kepribadian yang kompetitif dan berapi-api yang membantu Anda menyelesaikan sesuatu.

Anda adalah orang yang sangat logis, cerdas, dan produktif. Kadang-kadang, Anda bisa terlihat dingin dalam hubungan pribadi, tetapi Anda tetap dikagumi oleh orang-orang di sekitar Anda.

Gaya berjalan ini bukan berarti Anda tidak menikmati hal-hal kecil dalam hidup. Terkadang Anda akan berhenti untuk mengagumi pemandangan di sekitar Anda atau menghargai momen saat ini. Anda adalah tipe orang yang percaya diri sehingga melakukan kontak mata sambil berjalan merupakan hal yang wajar bagi Anda.

Orang dengan gaya berjalan langkah cepat panjang juga dikenal sebagai multi-tasker. Mereka dapat memecahkan beberapa masalah atau menemukan solusi di kepala mereka saat berjalan.

Satu hal tentang orang yang berjalan dengan tipe kepribadian tenang adalah bahwa mereka mengharapkan orang-orang di sekitar mereka untuk memenuhi harapan mereka atau sesuai dengan standar mereka.

6 dari 6 halaman

Jika Anda berjalan dengan menyeret kaki

Jika gaya berjalan Anda terseok-seok atau menyeret kaki, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan bahwa Anda adalah tipe orang yang pencemas atau sangat khawatir.

Studi untuk memahami apa artinya ketika seseorang menyeret kakinya saat berjalan telah menemukan bahwa orang dengan gaya berjalan seperti itu biasanya merajuk atau sedih.

Mereka tidak memiliki kendali untuk melepaskan diri dari hal-hal atau pikiran yang mengkhawatirkan. Mereka jarang bisa tinggal di saat ini. Mereka terus menyeret masa lalu mereka dengan diri mereka sendiri. Mereka terjebak pada hal-hal untuk waktu yang lama. Mereka memiliki gaya keterikatan cemas dengan benda atau orang.

Mereka kekurangan energi dan antusiasme dalam hidup atau tugas sehari-hari. Mereka menghadapi masalah dalam menyelesaikan sesuatu atau memecahkan masalah.

Mereka biasanya ditemukan lesu atau kurang memiliki sikap rajin. Sesederhana menaiki beberapa anak tangga akan membuat mereka kesal atau membuat mereka khawatir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.