Sukses

7 Tips Tetap Aman Saat Bertemu dengan Teman Kencan Online

Banyak dari tips bermanfaat ini berlaku baik saat Anda berkencan dengan seseorang yang Anda temui secara online atau yang Anda kenal secara langsung.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi kencan online saat ini marak digunakan banyak orang. Melalui aplikasi tersebut pengguna bisa menemukan orang yang menurut mereka masuk ke dalam kriteria pasangannya. 

Usai cocok satu sama lain di aplikasi tersebut, tak sedikit pengguna yang lantas memutuskan untuk bertemu secara langsung. Namun, ada yang perlu Anda perhatikan saat hendak melakukan kencan online.

Seperti yang diketahui, Anda harus berhati-hati saat bertemu calon pasangan, jadi pastikan Anda mengingat semua tips keamanan kencan berikut.

Banyak dari tips bermanfaat ini berlaku baik saat Anda berkencan dengan seseorang yang Anda temui secara online atau yang Anda kenal secara langsung. Dilansir dari Life360, Rabu (15/2/2023), berikut ulasannya:

1. Lakukan Riset 

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa Anda tahu dengan siapa Anda akan pergi berkencan. Anda tidak bisa hanya melihat gambar dan mengambil keputusan. Anda perlu menggali lebih dalam untuk mempelajari lebih lanjut tentang orang tersebut. Pastikan Anda melakukan riset. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Beritahu Seseorang ke Mana Anda Akan Pergi

Ini adalah salah satu hal terpenting yang perlu Anda lakukan. Beri tahu beberapa orang ke mana Anda akan pergi, dan pastikan mereka tahu Anda akan menghubungi mereka setelah tanggal tersebut untuk memberi tahu mereka bahwa Anda aman.

Atau sebagai piliha lain Anda mungkin bisa menggunakan aplikasi untuk berbagi lokasi dengan orang-orang terdekat Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan keamanan Anda secara substansial.

3 dari 5 halaman

3. Bertemu di Tempat Umum

Jangan pernah setuju untuk bertemu seseorang di lokasi pribadi, seperti rumah atau apartemennya, atau di tempat yang sepi. Sebaliknya, Anda harus bertemu di tempat umum. Contohnya saja seperti di restoran, kafe, bioskop, mall, dll.

Anda tentu ingin ada orang lain di sekitar jika nampaknya dia adalah orang yang berniat jahat kepada Anda. 

4 dari 5 halaman

4. Jangan Membagikan Informasi Pribadi

Jangan pernah membagikan informasi seperti di mana Anda tinggal, alamat tempat kerja Anda, dll, untuk sementara waktu.

Saat pertama kali berkencan dengan seseorang yang Anda temui lewat online, Anda tidak mengenalnya. Jika mereka akhirnya menjadi masalah, Anda tidak ingin mereka tahu bagaimana cara menemukan Anda.

5 dari 5 halaman

5. Jangan Biarkan Mereka Mengantar Anda

Sejalan dengan tidak bertemu seseorang di lokasi pribadi, Anda juga tidak ingin mereka yang mengantar Anda. Sebaiknya, Anda harus bertemu di lokasi pertemuan. Hal ini tentu untuk menjaga keamanan diri Anda. 

6. Tetap Sadar

Meskipun Anda mungkin ingin bersenang-senang dan merasa bahwa minum akan membantu Anda rileks, jangan minum minuman beralkohol. Tetaplah sadar, sehingga Anda selalu membuat keputusan yang benar dan aman.

7. Jangan Takut untuk Pergi

Keamanan Anda jauh lebih penting daripada perasaan orang lain. Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak bersenang-senang, tidak ada salahnya untuk pergi. Lakukan apa yang tepat untuk Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.