Sukses

Alasan Mengapa Cokelat Identik Sebagai Hadiah di Hari Valentine

Cokelat adalah hadiah yang selalu populer untuk menunjukkan kasih sayang kepada seseorang di Hari Valentine.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 14 Februari akan segera tiba, dan banyak orang akan memilih kartu, bunga, atau perhiasan sebagai hadiah untuk diberikan kepada orang yang mereka cintai di Hari Valentine, cokelat adalah hadiah yang selalu populer untuk menunjukkan kasih sayang kepada seseorang yang menurut Anda istimewa. 

Kotak berbentuk hati berisi cokelat adalah tradisi yang relatif baru, tetapi ikatan antara cokelat dan cinta sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Dilansir dari Eat This, Selasa (7/2/2023), bangsa Maya sangat menghargai keajaiban cokelat saat mereka meminumnya, pertama memanggang biji kakao dan kemudian menggilingnya menjadi pasta yang dicampur dengan cabai, tepung jagung, dan air. 

Selain menggunakan cokelat dalam upacara keagamaan dan menikmatinya di akhir pesta, mereka adalah budaya pertama yang menghubungkan cokelat dengan cinta. Beberapa upacara pernikahan Maya termasuk ritual di mana kedua mempelai secara seremonial menyesap cokelat. Jadi begitulah, tampilan besar pertama dari cokelat dan cinta datang bersamaan.

Suku Aztec juga menghargai cokelat dan berdagang dengan tetangga Maya mereka untuk mendapatkannya dalam jumlah besar. Penguasa abad keenam belas Montezuma II diduga mengonsumsi cokelat dalam jumlah besar untuk membangkitkan libidonya.

Penjelajah Spanyol dengan cepat menyadari daya tarik cokelat, dan mencampurkan pasta kakao dengan kayu manis dan gula tebu untuk mengurangi rasa pahitnya.

Meskipun cokelat menjadi populer di seluruh Eropa Barat setelah diperkenalkan oleh penjelajah Spanyol pada abad ke-16, harganya sangat mahal sehingga sebagian besar dikonsumsi oleh orang kaya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cokelat jadi identik dengan Hari Valentine

Baru pada pertengahan abad ke-19 perusahaan Inggris J.S. Fry & Sons menciptakan cokelat batangan pertama dengan menggabungkan bubuk kakao dan gula dengan mentega kakao.

Dalam beberapa tahun, cokelat isi menjadi sangat populer, dengan pesaing Fry & Sons Cadbury memperkenalkan kotak cokelat pertama yang dijuluki "Fancy Box" di Inggris pada tahun 1861.

Hanya tujuh tahun kemudian, perusahaan memproduksi sekotak buah, ganache, dan cokelat isi kacang berbentuk hati untuk pertama kalinya sebagai hadiah Hari Valentine. Karena kotak dekoratif dapat digunakan untuk menyimpan surat cinta dan kenang-kenangan lainnya lama setelah cokelat di dalamnya dimakan, mereka terbukti sebagai hadiah yang bijaksana dan juga menarik. 

3 dari 4 halaman

Mulai banyak cokelat sebagai hadiah Valentine

Memberi cokelat pada Hari Valentine terbukti sama populernya di Amerika Serikat seperti di Inggris. Hershey's memperkenalkan produknya, yang secara romantis bernama Hershey's Kisses pada tahun 1907, dan Sampler Whitman kuning yang ikonik memulai debutnya pada tahun 1912.

Whitman's bahkan beralih ke bintang film seperti Jeanne Crain dan Elizabeth Taylor untuk mempromosikan suguhan manis mereka.

Sementara itu, pembuat cokelat Russell Stover mulai memasarkan garis khas kotak berbentuk hati mereka yang hingga hari ini termasuk "Red Foil Heart" mungil dan "Secret Lace Heart" yang tertutup renda di Midwest pada 1920-an sebelum berkembang menjadi merek cokelat kotak nomor satu di Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Cokelat di Hari Valentine menghasilkan penjualan besar

Jika sejarah adalah salah satu prediktor, cokelat akan mengungguli kartu dan bunga pada Hari Valentine ini, seperti yang selalu dilakukan. Menurut data yang dikumpulkan oleh Nielsen, permen di Hari Valentine menghasilkan penjualan sebesar $695 juta pada tahun 2017 dan cokelat memainkan peran utama. Faktanya, orang Amerika menghabiskan $11 miliar untuk cokelat sepanjang tahun.

Jadi, ketika tiba saatnya untuk menunjukkan kepada orang-orang yang membuat Anda merasa hangat dan tidak jelas betapa berartinya mereka bagi Anda, ada kemungkinan besar Anda akan mengatakannya dengan cokelat. Dan jika ada, Anda hanya menghormati tradisi kuno yang sangat manis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.