Sukses

Jangan Sembarangan Dipakai, Ini Arti Bahasa Gaul Body Count yang Viral di Media Sosial

Kata satu ini tidak boleh digunakan sembarangan lantaran memiliki makna yang negatif dan hanya boleh digunakan oleh orang dewasa saja.

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak bahasa gaul yang kerap tren di media sosial seperti TikTok. Sayangnya tak sedikit orang yang menggunakan kata-kata tersebut meski tidak mengetahui artinya secara pasti. 

Padahal penting bagi kita untuk memahami suatu kata yang viral sebelum menggunakannya. Hal ini tentunya untuk menghindari penggunaan kata yang tidak semestinya. 

Ya, begitu banyak kata-kata bermakna negatif yang kerap kali tren dan digunakan secara sembarangan. Seperti contohnya salah satu kata gaul yang viral di TikTok ialah Body Count. Kata satu ini tidak boleh digunakan sembarangan lantaran memiliki makna yang negatif dan hanya boleh digunakan oleh orang dewasa saja. 

Tentu tak sedikit orang yang lantas bertanya-tanya sebenarnya apa arti kata tersebut? Body count adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari dua kata yaitu “Body” dan “Count”.

Dikutip dari The Britanica Dictionary, istilah Body Count dan penggunaan umum untuk frasa tersebut adalah ketika merujuk pada berapa banyak orang yang telah meninggal dalam situasi tertentu. 

Ini adalah ungkapan yang sering dikaitkan dengan tentara atau tindakan perang di mana jumlah tubuh akan muncul setelah peristiwa tersebut. Namun makna tersebut bisa bermacam-macam.

Seperti di laman Urban Dictionary sendiri, Body Count bisa berarti "How many people you've had sex with". Atau dalam bahasa Indonesia ini bermakna berapa banyak seseorang pernah melakukan hubungan seksual dengan orang lain.

Tentu saja dengan makna tersebut, orang tidak bisa sembarangan menggunakan kata tersebut. Selain tabu, kata tersebut juga hanya untuk orang dewasa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Cut Off, Bahasa Gaul yang Sedang Viral di TikTok

Bagi kalian pengguna media sosial TikTok tentu kerap kali menemukan bahasa gaul yang lantas menjadi viral. Nah, baru-baru ini sedang viral di media sosial TikTok terkait istilah cut off yang lantas membuat banyak orang bertanya-tanya tentang artinya. 

Semua bermula ketika kata-kata itu dilontarkan oleh salah satu konten kreator Bella Tobing dalam sebuah acara talkshow yang disiarkan secara streaming. Pada kesempatan itu, Bella membicarakan hal seputar kehidupannya, termasuk pergaulannya dengan sesama konten kreator di TikTok.   

Kepada sang host talkshow tersebut, Bella menceritakan hubungan pertemanannya dengan salah seorang konten kreator bernama Reizuka Ari. Dia mengaku terdapat ketidakcocokan antara keduanya, sehingga ia terpaksa meng-cut off Rei dari circle pertemanannya.

Dari pernyataannya itu pun kata cut off pun menjadi viral dan membuat orang bertanya-tanya sebenarnya apakah arti dari kata tersebut. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata cut off memiliki arti memotong, memutuskan, memisahkan, menyayat, menyela, menebak.

Sementara itu, dilansir dari Cambrigde Dictionarycut off berarti “the act of stopping the supply of something” atau dengan kata lain ialah sebuah tindakan untuk menghentikan sesuatu.

3 dari 4 halaman

Bahasa Gaul Lain yang Tren di Media Sosial

Berikut sederet arti bahasa gaul lain yang kerap muncul di media sosial:

1. NT

NT merupakan singkatan dari 'nice try'. Istilah ini diperuntukkan bagi konten yang berisi tentang perjuangan seseorang, misalnya asmara, cita-cita, dan lain sebagainya. NT umumnya digunakan saat seseorang mengalami kegagalan dalam perjuangan tersebut. Misalnya, "Udah capek-capek PDKT, tetep aja nt".

2. Pick Me Girl

Istilah ini juga mulai sering digunakan di sosial media. Istilah 'pick me girl' diberikan kepada seseorang yang mengklaim bahwa dirinya berbeda atau tidak seperti orang pada umumnya dengan tujuan ingin menarik perhatian lawan jenis.

Para pick me girl biasanya merasa paling spesial dibandingkan orang lain. Orang-orang seperti ini biasanya suka menjadi pusat perhatian, misalnya dengan mengatakan, "Apa cuma aku yang skincare-nya pakai bedak bayi?".

3. RL

RL merupakan singkatan dari kata 'real life', yang berarti kehidupan nyata. Istilah ini kerap digunakan oleh pengguna sosial media saat membandingkan perilaku seseorang di kehidupan nyata dan dunia maya.

4. Salty

Kata 'salty' berasal dari bahasa Inggris, salt, yang berarti garam. Namun, kata salty yang dijadikan sebagai bahasa gaul ini memiliki arti yang berbeda. Garam dalam arti sebenarnya diplesetkan menjadi geram. Kata salty memang biasanya digunakan untuk menunjukkan perasaan geram atau kesal. Tak hanya itu, salty juga bisa digunakan sebagai istilah untuk melabeli seseorang yang suka menyindir orang lain.

 

4 dari 4 halaman

Bahasa Gaul Lain yang Tren di Media Sosial Selanjutnya

5. TBL

TBL adalah singkatan dari 'takut banget loh', yang artinya mengungkapkan rasa ketakutan. Namun, singkatan ini justru digunakan sebagai bentuk ungkapan satir.

6. YGY

YGY merupakan singkatan dari 'ya guys ya', 'ya ges ya', atau 'ya gaes ya'. Bahasa gaul ini biasanya digunakan sebagai penekanan untuk meyakinkan orang lain tentang sebuah argumen. YGY biasanya dibubuhkan di akhir kalimat, layaknya sebuah penegasan. Misalnya, "Hidup tak selamanya indah ygy".

7. YTTA

YTTA adalah singkatan dari 'yang tau-tau aja'. Istilah ini bermakna singgungan terhadap informasi yang hanya diketahui beberapa orang saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.