Sukses

8 Hidangan yang Wajib Ada Saat Perayaan Tahun Baru Imlek - Part 1

Meskipun setiap daerah memiliki adat yang berbeda, ada beberapa hidangan umum yang terlihat saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari lagi masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek tepatnya pada tanggal 21 Januari 2023. Perayaan Tahun Baru Imlek sangat penting bagi orang Tionghoa. Semua anggota keluarga akan berkumpul. 

Dalam legenda asal mula Festival Musim Semi, saat perayaan Imlek monster Nian akan datang dan meneror desa. Orang-orang akan bersembunyi di rumah mereka, menyiapkan pesta dengan persembahan kepada leluhur dan dewa, dan berharap yang terbaik. 

Makanan adalah salah satu hal yang paling dibanggakan oleh orang Tionghoa. Seperti halnya kegiatan dan dekorasi Imlek, hidangan juga disiapkan untuk memberi berkah di tahun depan. Baik nama maupun penampilan merupakan simbol harapan akan kemakmuran, kebahagiaan, dan keberuntungan. 

Meskipun setiap daerah memiliki adat yang berbeda, ada beberapa hidangan umum yang terlihat saat perayaan Tahun Baru Imlek. Dilansir dari chinesenewyear.net, Selasa (17/1/2023), berikut ulasannya:

Spring Rolls 

Spring rolls mungkin adalah masakan China yang paling terkenal. Namun, mereka sebenarnya adalah "lumpia". Mereka dimakan selama Festival Musim Semi di China Selatan untuk merayakan datangnya musim semi. Lebih khusus lagi, mereka dimakan pada hari pertama musim semi. Hidangan ini bisa muncul di atas meja sebagai hidangan makan malam, makanan pembuka atau makanan ringan.

Sebagian besar akrab dengan lumpia versi goreng. Di seluruh China, mereka juga bisa dikukus atau dipanggang. Ukuran dan bentuknya bervariasi dari persegi panjang kecil hingga lingkaran datar besar.

Selama Dinasti Jin (sekitar 265–420), orang akan mengatur lumpia dan sayuran bersama di atas piring. Ini dikenal sebagai Piring Musim Semi. Selama Festival Musim Semi, kaisar akan menghadiahkan para pejabat dengan Piring Musim Semi. 

Kulit lumpia terbuat dari tepung terigu, air dan sedikit garam. Isiannya tergantung selera pribadi Anda. Secara tradisional, isiannya terbuat dari daging babi, kol China, shiitake, wortel, dan bumbu.

Bagi mereka yang menyukai makanan manis, ada lumpia pasta kacang merah ala Shangainese. Untuk membuatnya, buat isian pilihan Anda. Letakkan sekitar 2 sendok di tengah kulit lumpia. Selipkan ke samping dan gulung, rekatkan ujungnya dengan putih telur. Akhiri dengan menggorengnya hingga kulitnya berwarna keemasan dan renyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pangsit

Hidangan terkenal lainnya ialah dumpling atau yang lebih dikenal pangsit. Mereka dimakan pada setiap acara khusus, tetapi yang paling penting selama Tahun Baru Imlek. 

Dalam bahasa Cina, pangsit 饺子 (jiǎo zi) terdengar seperti 交子 (jiāo zi).交 (Jiāo) berarti "pertukaran" dan 子 (zi) adalah jam tengah malam. Jika digabungkan, jiāo zi adalah pertukaran antara tahun lama dan tahun baru. Semua pangsit harus dibungkus saat ini. Dengan makan pangsit, Anda mengusir yang lama dan menyambut yang baru.

Ada terlalu banyak jenis isian untuk dihitung. Anda dapat memilih jenis daging, sayuran, dan rasa apa pun yang Anda suka. Biasanya, mereka termasuk kol Cina, daun bawang, babi dan udang (mirip dengan lumpia).

Di provinsi Suzhou, isian telur adalah suatu keharusan. Pangsit melambangkan batangan perak, sedangkan telurnya adalah emas. Isian potongan daging dan bambu disebut 丝丝齐齐 (sī sī qí qí), yang berarti semua yang dibutuhkan akan tersedia.

Beberapa orang juga akan memasukkan koin ke dalam pangsit acak. Siapa pun yang memakannya akan mendapat keberuntungan besar tahun itu. Selain nikmatnya menyantap makanan yang lezat, proses pembuatannya juga menjadi kegiatan yang mempererat tali kekeluargaan. Selama persiapan Tahun Baru Imlek, setiap anggota keluarga berpartisipasi dan membungkus pangsit. Di daerah tertentu, menantu harus membuat pangsit agar dianggap bagian dari keluarga.

3 dari 4 halaman

Mi

Di beberapa tempat, ada kebiasaan memasak pangsit dan mi bersama. Ini disebut sutra emas dan batangan emas. Ini adalah hidangan lain untuk mengungkapkan keinginan orang akan kemakmuran. Meskipun asal muasal mi sangat diperdebatkan, tidak diragukan lagi bahwa mie adalah makanan pokok masakan China.

Untuk Tahun Baru Imlek, orang suka makan mie panjang. Mereka juga disebut 长寿面 (cháng shòu miàn), yang berarti “mi umur panjang.” Anda tidak diperbolehkan memotongnya dan harus mencoba untuk tidak mengunyahnya juga melainkan langsung menelannya. Semakin panjang mi, semakin lama umurmu. Dengan mi, ada kelenturan yang besar untuk sisi dan bahan. 

4 dari 4 halaman

Ikan Kukus

Ikan adalah suatu keharusan untuk Tahun Baru Imlek. Pasalnya ikan melambangkan kekayaan. Mengapa ikan melambangkan kekayaan? Dalam bahasa China, ikan 鱼 (yú) memiliki pengucapan yang sama dengan 余, yang berarti “kelebihan”. Berkat yang khas adalah 年年有余 (Nián nián yǒuyú), berharap Anda memiliki kelebihan (atau ikan) makanan dan uang setiap tahun.

Separuh ikan dimakan untuk makan malam, dan separuh lainnya keesokan harinya. Ini untuk memperpanjang surplus dan membuat masa depan sejahtera juga. Seekor ikan utuh juga melambangkan keluarga yang harmonis dan utuh.

Beberapa akan memasak ikan mas berkepala besar. Namun hanya bagian tengahnya saja yang dimakan, sedangkan kepala dan ekornya dibiarkan utuh. Ungkapan bahasa Mandarinnya adalah 有头有尾 (yǒu tóu yǒu wěi)—memiliki kepala dan ekor. Ini adalah pengingat untuk menyelesaikan semua yang Anda mulai dan mengharapkan hasil yang positif. Saat makan malam, kepala ikan harus diletakkan menghadap tamu. 

Di Hunan, paprika merah ditambahkan setelah memanggang ikan. Merah adalah warna yang meriah dan beruntung dan pedasnya mengungkapkan keinginan untuk bisnis yang berapi-api (berkembang) di tahun baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.