Sukses

6 Tanda Kamu Benar-Benar Mencintai Si Dia

Suka dan jatuh cinta itu berbeda, simak tanda berikut ini yang menunjukkan kamu sedang jatuh cinta.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa pun bisa merasakan jatuh cinta. Jatuh cinta adalah salah satu hal yang paling menarik, berharga, dan paling menakutkan yang pernah kamu lakukan.

Begitu kamu jatuh cinta dengan seseorang, sulit untuk mengingat bagaimana kamu hidup tanpanya, dan bisa terasa seolah-olah kamu tidak benar-benar mulai "hidup" sampai kalian berdua bertemu. 

Akan tetapi, terkadang ketika kamu terjebak dalam momen tersebut, mungkin sulit untuk mengatakan apakah perasaan yang kuat itu dimotivasi oleh nafsu atau cinta.

Melansir dari Elite Daily, Senin (26/12/2022), ada beberapa cara pasti untuk mengetahui bahwa kamu sedang jatuh cinta dengan seseorang, dan tanda-tanda itu bisa membantumu mengetahui apakah orang ini adalah seseorang yang dengannya kamu benar-benar bisa membangun masa depan.

Tentu saja, setiap orang mengalami cinta dengan cara unik mereka sendiri. Bahkan makna cinta bisa sangat subjektif.

Namun, enam tanda ini dapat membantumu mengetahui apakah kamu jatuh cinta, bukan hanya suka padanya menurut para ahli.

1. Merasa Nyaman

Bersama pasangan yang kamu cintai seharusnya terasa semudah saat sendirian, dan tidak seperti di awal hubungan, kamu seharusnya tidak lagi merasa berkewajiban untuk membuat mereka terkesan atau menghibur mereka ketika kamu bersama.

"Cinta yang sehat dan langgeng menemukan alat jelajahnya sendiri di mana kamu merasa puas, bahagia, positif, dan yakin akan pilihan pasanganmu," kata psikoterapis klinis berlisensi dan pendiri LoveVictory, LeslieBeth Wish.

"Kamu benar-benar terkejut dengan betapa tenangnya perasaanmu. Kamu tidak lagi melompati ombak. Tetapi sebaliknya, kamu mengarungi dan mengambang di kolam yang damai," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Dapat Percaya Padanya

Setelah kamu jatuh cinta dengan seseorang yang spesial, kamu harus merasa seolah-olah kamu bisa memercayai mereka dengan apa pun.

"Kepercayaan menciptakan perasaan penting tentang keselamatan, keamanan, dan keterbukaan bagi kedua pasangan," kata pakar kencan dan hubungan serta terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, Anita Chlipala.

Jika pasangan kamu adalah orang pertama yang terlintas dalam pikiran ketika kamu memiliki sesuatu untuk dibagikan atau diungkapkan, maka itu mungkin cinta yang kamu rasakan.

3. Bisa Menjadi Diri Sendiri

Ketika kamu sedang jatuh cinta, kamu tidak lagi khawatir menghadapi penilaian atau kritik. Kamu bisa merasa bebas untuk menjadi dirimu sendiri di sekitar orang yang kamu cintai tanpa harus mengecam dirimu sendiri, seperti yang mungkin kamu lakukan ketika kamu masih saling mengenal satu sama lain.

"'Si dia' membuat kamu merasa dicintai dan aman," ucap konsultan pasangan dan pelatih pernikahan di Foundations Coaching, Lesli Doares.

"Kamu bisa menjadi dirimu sendiri dan merasa diterima. Mereka membuatmu ingin menjadi diri kamu yang terbaik, dan mereka memunculkan hal itu dalam dirimu," sambungnya.

3 dari 4 halaman

4. Dapat Menunjukkan Sisi Rapuhmu

Membiarkan diri kamu menjadi sosok yang rapuh dengan seseorang mungkin terdengar sedikit mirip dengan menjadi diri kamu sendiri di sekitar mereka, tetapi bagi Chipala, ada sedikit nuansa yang sangat penting.

"Mungkin ada bagian dari dirimu yang kamu simpan sendiri sampai kamu jatuh cinta," ujar Chipala.

"Agar cinta bisa berkembang, kamu membutuhkan kepercayaan dan keamanan; ketika kamu memiliki semua ini, kamu bisa menjadi rapuh. Kamu mungkin bisa bersikap konyol dengan siapa pun, tetapi ketika kamu sedang jatuh cinta, kamu merasa aman untuk menunjukkan sisi seriusmu," dia menambahkan.

5. Menjadi Orang yang Lebih Bahagia

Jatuh cinta dapat memengaruhi aspek-aspek lain dalam hidupmu dengan cara yang mengejutkan. Cinta bahkan dapat mendorong kamu untuk memiliki pandangan hidup yang lebih cerah secara umum.

"Penanda yang berarti dari kesehatan sebuah hubungan adalah mengamati apa yang dihasilkannya dalam dirimu dan dalam hidupmu," kata psikolog klinis, Rebekah Montgomery.

Montgomery menambahkan, ketika kita berada dalam hubungan yang sehat, kita seringkali lebih bahagia dan lebih sehat. Jika aspek-aspek lain dalam hidup kamu berkembang, kamu mungkin saja sedang jatuh cinta.

4 dari 4 halaman

6. Tidak Bisa Berhenti Memikirkannya

"Kamu memikirkan mereka, kamu mengkhawatirkan mereka, kamu memiliki kebutuhan fisik untuk dekat dengan mereka, kamu mungkin merasa percaya diri dengan mereka, tetapi kamu mungkin sangat mengkhawatirkan status hubunganmu karena itu sangat berarti bagimu," kata psikolog klinis Joshua Klapow.

Sementara itu, mungkin terdengar melelahkan, itu juga merupakan perasaan yang menggembirakan untuk sangat memperhatikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.