Sukses

7 Ikan Tertua di Dunia, Ada yang Berusia Sampai 500 Tahun

Ketahui beberapa ikan tertua di dunia berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu pernah berpikir berapa umur hewan tertua? Kamu tidak akan menemukan semua hewan tertua di darat. Banyak makhluk dengan rentang hidup terpanjang menghabiskan waktu mereka berenang jauh di bawah laut.

Seperti hewan lainnya, tidak semua ikan memiliki harapan hidup yang panjang. Banyak spesies yang hanya hidup selama beberapa tahun. Namun, ada beberapa spesies ikan yang memiliki rentang hidup yang sangat panjang.

Apakah ikan-ikan tertua di dunia berada di lautan atau di air tawar? Apakah ikan air dalam memiliki rentang hidup yang lebih panjang daripada ikan yang berenang di dekat permukaan?

Oleh karena itu, ketahui beberapa ikan tertua di dunia, seperti melansir dari Wildlifeinformer, Senin (26/12/2022).

1. Hiu Greenland

Hiu Greenland adalah hiu air dalam yang biasanya ditemukan di Samudra Arktik atau Atlantik Utara. Meskipun biasanya berukuran antara 7,9 dan 14,1 kaki, hiu terbesar ini tercatat memiliki panjang 24 kaki.

Hiu Greenland merupakan predator puncak dan diketahui memakan berbagai makanan, termasuk belut, hiu yang lebih kecil, dan bahkan anjing laut. Hiu ini tidak hanya spesies ikan yang hidup paling lama, tetapi juga memiliki salah satu rentang hidup terpanjang dari semua makhluk di kerajaan hewan.

Hiu Greenland dianggap sebagai vertebra yang berumur paling panjang, dan setidaknya satu hiu betina tercatat memiliki umur 400 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa hiu ini berpotensi hidup selama 500 tahun atau lebih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rougheye Rockfish dan Hiu Paus

2. Rougheye Rockfish

Kadang-kadang ikan ini disebut blackthroat rockfish, rougheye rockfish karena mendapatkan namanya dari duri di sepanjang kelopak mata bawahnya. Sementara banyak ikan rockfish berwarna oranye atau merah muda yang cerah, beberapa ikan berwarna lebih kusam dan ditutupi sisik berwarna cokelat.

Ikan-ikan ini lebih suka berenang di perairan dalam yang membuatnya sulit dikenali. Mungkin sulit untuk menua ikan air dalam, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa rougheye rockfish memiliki potensi harapan hidup 205 tahun.

Satu ikan rockfish yang tertangkap di lepas pantai Alaska pada tahun 2013 diperkirakan berusia lebih dari 200 tahun. Sebelumnya, rockfish tertua yang tercatat berusia 175 tahun.

3. Hiu Paus

Hiu paus dikenal karena ukuran dan penampilannya yang khas. Hiu ini bisa mencapai panjang 18 hingga 33 kaki, dan berpotensi memiliki berat lebih dari 40.000 pon. Hiu ini memiliki tubuh abu-abu gelap dan ditutupi bintik-bintik putih.

Kesempatan untuk mempelajari hiu paus masih terbatas, tetapi para peneliti telah menggunakan penanggalan radiokarbon untuk menentukan umur ikan besar ini.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa hiu paus berpotensi hidup selama lebih dari 130 tahun. Meskipun hiu paus tumbuh dengan cepat ketika mereka masih muda, proses penuaan mereka melambat seiring bertambahnya usia.

3 dari 4 halaman

Mola Sharptail dan Bigmouth Buffalo

4. Mola Sharptail

Jarang sekali melihat mola sharptail di alam liar. Meskipun ikan ini bisa mencapai panjang lebih dari 11 kaki dan beratnya mencapai 4.400 pon.

Ikan ini menghabiskan sebagian besar waktunya berenang di perairan laut dalam. Ikan ini terlihat sangat mirip dengan mola-mola laut, dan dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Anehnya, mola sharptail betina hidup lebih lama daripada jantan. Umur rata-rata mola jantan adalah 85 tahun, tetapi mola betina memiliki umur rata-rata 105 tahun. Para ahli masih harus banyak belajar tentang mola, tetapi ada kemungkinan beberapa ikan bisa hidup lebih lama lagi.

5. Bigmouth Buffalo

Bigmouth buffalo adalah ikan air tawar dengan kebiasaan makan yang tidak biasa. Sesuai dengan namanya, ia menggunakan mulut dan bibirnya yang besar untuk menyedot makanan yang berenang di dekatnya.

Beratnya bisa mencapai 80 pon, dan berpotensi tumbuh hingga sepanjang 4 kaki. Sementara bigmouth buffalo memiliki banyak kualitas yang tidak biasa, salah satu hal yang paling menonjol tentang ikan ini adalah umurnya.

Ikan ini tidak terlalu sering bereproduksi, tetapi dapat hidup hingga 127 tahun. Sebagian besar hewan, termasuk manusia, mengalami penurunan seiring bertambahnya usia, tetapi bigmouth buffalo menjadi lebih kuat dan sehat di usia tua.

4 dari 4 halaman

Sturgeon Beluga dan Hiu Putih Besar

6. Sturgeon Beluga

Sturgeon beluga juga dikenal sebagai sturgeon besar, sturgeon beluga adalah ikan bertulang besar yang dapat tumbuh hingga lebih dari 20 kaki panjangnya.

Ikan ini kebanyakan ditemukan di Laut Kaspia, tetapi juga dapat dilihat di Laut Asov dan Laut Hitam. Sturgeon beluga dapat ditelusuri kembali lebih dari 200 juta tahun yang lalu dan merupakan salah satu spesies ikan tertua yang ada saat ini.

Beluga ditangkap untuk diambil telurnya, yang digunakan untuk membuat kaviar beluga. Meskipun hal ini sangat memperpendek harapan hidup banyak ikan, sturgeon beluga dapat hidup lebih dari 100 tahun jika mampu bertahan hidup di alam liar. Ada kemungkinan bahwa garis keturunan primitifnya berperan dalam umurnya yang luar biasa panjang.

7. Hiu Putih Besar

Hiu putih besar adalah ikan besar, dengan panjang berkisar antara 11 hingga 16 kaki dan berat antara 1.500 hingga 2.400 pon. Ikan ini dapat ditemukan di Samudra Atlantik dan Pasifik dan sering terlihat di perairan pesisir.

Hiu putih besar jantan biasanya tidak dewasa sampai usia 26 tahun, sementara betina mungkin tidak mencapai kematangan penuh sampai mereka berusia tiga puluhan.

Sementara para ahli pernah percaya bahwa hiu putih memiliki umur yang jauh lebih panjang. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mereka dapat hidup hingga lebih dari 70 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.