Sukses

Curhat Memang Bikin Plong tapi 8 Hal Ini Sebaiknya Anda Rahasiakan dari Orang Lain

Apa saja hal-hal atau rahasia yang sebaiknya Anda simpan sendiri dan jangan bagikan ke orang

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua hal bisa Anda bagikan ke orang lain. Terdapat sejumlah 'rahasia' yang ada baiknya disimpan untuk diri sendiri, karena jika sampai bocor bisa berabeh.

Sebelum Anda membagikan semua hal mengenai hidup atau apapun yang akan Anda jalani, ingatlah sebuah pepatah 'Berhati-hatilah dengan siapa Anda curhat. Telinga yang seharusnya berfungsi untuk mendengar, bisa dengan cepat menjadi mulut yang berlari'.

Memang ada kalanya akan terasa plong sehabis bercerita banyak dengan orang lain. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa tak semua orang benar-benar peduli terhadap diri Anda.

Oleh sebab itu, ada 8 hal yang harus selalu Anda rahasiakan dari orang lain, seperti dikutip dari Growth Lodge pada Senin, 26 Desember 2022.

1. Tujuan hidup Anda

Memberitahu orang lain tentang tujuan Anda membuat hati senang bahkan sebelum diri ini mencapainya.

Dan, menurut penelitian, inilah mengapa kita cenderung tidak akan mencapai tujuan ketika kita menceritakannya kepada orang lain.

Berbicara kepada orang-orang tentang hal-hal yang akan Anda lakukan, sebelum melakukannya menipu otak Anda agar merasa seperti Anda telah mencapainya. Anda mendapatkan hadiah dopamin tanpa melakukan pekerjaan.

Dan, semakin banyak Anda membicarakannya, semakin kecil kemungkinan Anda untuk menyelesaikannya.

Di sisi lain, menyimpan tujuan Anda untuk diri sendiri membuat Anda berjuang untuk mendapatkan hadiah. Anda bersemangat tentang orang-orang yang melihat hasil Anda.

Dan, hadiah dopamin yang Anda dapatkan dari semakin dekat dengan tujuan akan membuat Anda tetap termotivasi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Filantropi Anda

Mengumumkan kepada semua orang perbuatan baik yang Anda lakukan akan menggosok segala sesuatu yang baik tentang hal itu.

Ketika Anda berbuat baik, lakukanlah demi kebaikan, bukan untuk mendapatkan perhatian dan penghargaan.

Simpanlah perbuatan baik Anda untuk diri Anda sendiri. Biarkan fakta bahwa Anda mampu mempengaruhi kehidupan seseorang secara positif memuaskan Anda.

3. Rencana masa depan Anda

Rencana masa depan Anda harus menjadi urusan pribadi karena beberapa alasan. Pertama, ini adalah hidup Anda.

Rencana Anda berasal dari pikiran yang ada di kepala Anda setiap hari. Ini harus menjadi hal yang sakral yang Anda simpan di dalam diri Anda.

Kedua, Anda harus memiliki kebebasan untuk mengubah rencana Anda tanpa harus menjelaskan diri Anda kepada siapa pun.

Ketika Anda tidak memberi tahu orang-orang tentang rencana Anda, hanya Anda yang bisa tahu kapan Anda gagal dan kapan Anda berhasil.

Dan, ketika itu tidak lagi berhasil, Anda dapat membuat perubahan tanpa memikirkan apa yang akan dipikirkan orang lain.

Merahasiakan rencana masa depan Anda memberi Anda rasa kebebasan. Hal ini juga akan membantu Anda lebih fokus.

3 dari 5 halaman

4. Masalah Keluarga

Tidak ada keluarga tanpa masalah. Namun, terkadang masalah-masalah ini bisa begitu membebani sehingga kita ingin melampiaskannya untuk mendapatkan simpati dari orang lain.

Tetapi melampiaskan masalah keluarga Anda kepada orang lain jarang ada gunanya. Orang hanya akan merasa kasihan pada Anda. Beberapa orang bahkan mungkin menggunakan situasi Anda yang menyedihkan untuk merasa nyaman dengan diri mereka sendiri karna mereka telah melihat seseorang yang lebih buruk darinya.

Lebih jauh lagi, berbicara dengan orang lain tentang masalah keluarga Anda dapat membuat keluarga Anda dihakimi dan terkadang diejek. 

Tentu saja, tidak ada salahnya membicarakan masalah keluarga yang penting kepada seseorang, tapi haruslah seseorang yang bisa Anda percayai. Bukan teman sembarangan yang bisa dengan mudah berpindah pihak ketika terdesak.

5. Detail intim dari hubungan Anda

Ketika Anda menjalin hubungan dengan seseorang, mereka harus bisa mempercayai Anda untuk menjaga hal-hal tertentu di antara Anda berdua.

Anda dan pasangan Anda akan mengetahui hal-hal tentang satu sama lain yang tidak diketahui orang lain.

Anda akan terekspos pada kelemahan, kerentanan, rasa tidak aman, keuangan, kehidupan masa lalu, dan lain-lain.

Dan, menyimpan detail intim itu di dalam diri Anda menunjukkan tingkat rasa hormat dan kepercayaan Anda satu sama lain. 

 

  

 

4 dari 5 halaman

6. Keuangan Anda

Memberitahu orang-orang berapa banyak yang Anda hasilkan pasti akan mengarah ke salah satu dari tiga hasil ini.

Pertama, mereka akan terintimidasi oleh penghasilan Anda jika Anda jauh di atas mereka.

Kedua, mereka akan mengukur Anda dengan berapa banyak yang mereka hasilkan. Jika penghasilan Anda jauh di bawah mereka, mereka mungkin akan meremehkan Anda karena hal itu.

Ketiga, dan yang lebih buruk lagi, jika penghasilan Anda jauh di atas mereka, mereka mungkin mulai melihat Anda sebagai sumber bantuan keuangan.

Dan, jika Anda memiliki semua uang itu dan Anda tidak dapat memberi mereka ketika mereka membutuhkan, mereka mungkin menilai Anda egois. 

Jika Anda tidak berada dalam situasi atau bidang pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk mengekspos berapa banyak yang Anda hasilkan, yang terbaik adalah menyimpannya untuk diri Anda sendiri. 

7. Kehidupan seks Anda

Banyak pria yang berpikir bahwa membicarakan petualangan seksual mereka membuat mereka menjadi "alfa". 

Beberapa orang melakukannya karena kegembiraan kekanak-kanakan, beberapa diam-diam berharap bahwa berbicara tentang kehidupan seks mereka akan membuat mereka divalidasi di antara para pria, beberapa hanya melakukannya karena kebodohan. 

Kehidupan seks Anda adalah salah satu hal yang paling intim tentang hubungan Anda. Dan seharusnya tidak menjadi urusan publik untuk alasan apapun.

 

 

5 dari 5 halaman

8. Kelemahan Anda

Beberapa orang berbicara tentang kelemahan mereka untuk memancing simpati. Beberapa orang menganggapnya sebagai rendah hati dan mulia. Namun, sebenarnya tidak.

Tentu, beberapa orang mungkin berempati dengan Anda. Akan tetapi seringkali, mereka hanya akan menggunakan kelemahan Anda untuk melawan Anda. 

Jika Anda memiliki seseorang yang Anda percayai dalam hidup Anda, seperti istri, suami, atau seseorang yang menjalin hubungan dengan Anda, memberi tahu mereka hal-hal ini tentang diri Anda seharusnya tidak menjadi masalah besar.

Hal utama yang dapat diambil di sini adalah bahwa Anda harus menjadi lebih sadar akan detail yang Anda bagikan kepada orang-orang tentang diri Anda.

Tinggalkan hal-hal biasa untuk teman dan hal-hal yang lebih intim untuk mereka yang bisa Anda percayai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.