Sukses

Gandeng KOICA, Aplikasi Sekolah Enuma Hadirkan Akses Literasi dan Numerasi untuk Anak Indonesia

Proyek ini juga mendapat dukungan dari pemerintah Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta Tingkat literasi anak Indonesia saat ini dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Padahal literasi merupakan aspek penting dalam membangun sumber daya manusia yang mumpuni. Berdasarkan survei dari Program for International Student Assessment (PISA) yang dikeluarkan oleh Organization and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menduduki peringkat 10 negara terbawah (dari 79 negara disurvei) yang memiliki tingkat literasi rendahHal ini turut menjadi perhatian perusahaan penyedia aplikasi pendidikan, Enuma.

Guna membantu meningkatkan literasi dan numerasi anak Indonesia, Enuma menjalankan proyek “Pengembangan Rantai Bisnis untuk Perluas Pendidikan Digital di Indonesia”, dengan membangun serta meningkatkan keterampilan dasar literasi dan numerasi melalui aplikasi pendidikan ‘Sekolah Enuma’.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendapat dukungan pemerintah Korea Selatan

Proyek ini juga mendapat dukungan dari pemerintah Korea Selatan sebagai program Solusi Bisnis Inklusif dari Korea International Cooperation Agency (KOICA) dari Desember 2021 hingga akhir 2026.

“Tingkat literasi yang rendah banyak disangkutpautkan dengan kehadiran era digital yang menyebabkan anak malas untuk membaca. Namun, bagi kami, transformasi digital ini dapat dimanfaatkan secara maksimal guna membuat anak tertarik untuk membaca dan belajar dengan cara yang fun dan menarik,” ujar Juli Adrian, Direktur Enuma Indonesia.

Juli Adrian menambahkan, “Enuma berkomitmen serta memiliki misi untuk memberdayakan anak Indonesia belajar secara mandiri dengan menghadirkan aplikasi pembelajaran berkualitas yang tidak berbayar, tanpa iklan, dan bahkan dapat digunakan tanpa akses internet untuk anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke.”

 

3 dari 3 halaman

Menjangkau beberapa kawasan di Indonesia

Dukungan yang diberikan KOICA dalam satu tahun belakang terhadap Sekolah Enuma, telah membantu aplikasi ini menjangkau beberapa kawasan di Indonesia termasuk Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Lampung, Bangka Belitung, dan Kalimantan Selatan.'

Aplikasi Sekolah Enuma: Bahasa Indonesia yang diluncurkan pada 2022 ini pun telah memiliki lebih dari 1000 aktivitas, 300+ buku serta video pembelajaran yang dapat diakses secara gratis. Aplikasi ini bisa diunduh di PlayStore untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna iOS.

Selain itu juga ada Aplikasi berbayar, Sekolah Enuma with 3 Subjects, Bahasa Indonesia, Math, English, yang sudah memiliki lebih dari 3000 aktivitas, 1000+ buku dan video pembelajaran. Untuk aplikasi ini tersedia melalui jalur kemitraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.