Sukses

6 Makanan Mini Ini Dapat Mengimbangi Proses Dietmu

Jenis makanan mini untuk menurunkan berat badan dan cocok untuk diet

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang sedang berproses menurunkan berat badan, biasanya akan mengatur dan membatasi makanan atau porsi yang di makan untuk mencapai keberhasilan rencananya.

Sebab, diketahui bahwa kunci penurunan berat badan adalah kamu dapat menggigit makanan favoritmu dan mengatakan tidak setelahnya.

Banyak ahli gizi dan ahli diet percaya bahwa mereka yang ingin menurunkan berat badan, tidak boleh makan dalam jumlah besar dan sebaliknya sering makan dalam porsi kecil atau mini.

Makanan mini dalam arti sebenarnya yakni makanan ringan yang menghilangkan rasa lapar sambil memuaskan hasrat. Dengan cara ini, tubuh kamu mendapatkan energi sepanjang hari sementara juga dapat mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Melansir laman Timesofindia, Jumat (16/12/22) berikut beberapa makanan mini yang wajib dicoba. Di antaranya:

1. Buah-buahan

Buah-buahan adalah pilihan makanan terbaik dan kamu dapat memakannya beberapa kali sehari. Makan satu buah di antara setiap waktu makan dapat membantu kamu tetap terhidrasi dan kenyang pada saat yang bersamaan. Sebagian besar buah-buahan memiliki kandungan air yang tinggi dan serat makanan yang membantu penurunan berat badan.

2. Roti panggang dan Omelet

Kamu bisa membuat roti panggang alpukat atau roti panggang dengan telur dadar sebagai makanan mini. Sebab roti bakar omelet tidak terbatas pada sarapan, kamu bisa memakannya setiap hari. Adapun, untuk penurunan berat badan, kamu cukup buang kuning telurnya dan gunakan putih telurnya saja. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Sandwich

Sandwich dengan bahan terbatas dan sehat juga salah satu makanan mini terbaik, yakni gunakan roti gandum atau multigrain dan isi dalamnya seperti ayam suwir, keju cottage, selada, brokoli, tomat, mentimun. 

Adapun, makan Sandwich cukup dua potong saja, kamu akan merasakan perutmu disortir selama berjam-jam.

4. Kecambah

Salah satu makanan mini terbaik adalah semangkuk kecambah. Sebagaimana diketahui para ahli menyarankan tauge adalah yang terbaik untuk menurunkan berat badan karena memiliki serat makanan yang tinggi dan nutrisi penting yang mendorong pembakaran lemak.

Kamu bisa membuatnya sehat dengan menambahkan kacang yang sudah direndam dan kecambah lainnya dengan sedikit garam merah muda dan lada hitam.

3 dari 4 halaman

5. Susu dengan kacang

 

Jika kamu ingin makan sesuatu yang mudah, kamu cukup memilih kacang dan minum segelas susu rendah lemak atau skim.

Adapun untuk alternatif yang lebih praktisnya lagi yakni, mengonsumsi susu kedelai daripada jenis yang lain, dan ini dapat membantu sebagai bagian dari diet penurunan berat badan yang efektif.

6. Makanan ringan panggang

Chana panggang, buncis panggang, dan kacang panggang adalah kolompok makanan yang kuat menahan lapar lebih lama untuk kategori kudapan atau cemilan.

Adapun idealnya, kamu harus menyimpannya di dalam kotak untuk dikonsumsi kapan pun saat kamu merasa lapar. Ini memiliki profil nutrisi yang kaya yang akan memberikan energi tanpa menambah jumlah kalori harian kamu.

4 dari 4 halaman

Studi Ungkap Kentang Bisa Jadi Bagian dari Diet Sehat

Sebelumnya, para peneliti menemukan manfaat kesehatan yang mengejutkan dari kentang. Sebuah studi baru mengungkap, ternyata pati kentang sangat padat nutrisi dan bisa menjadi "bagian penting dari diet sehat". Studi dilakukan oleh para peneliti di Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, Louisiana, Amerika Serikat.

Jenis sayuran umbi ini telah lama diremehkan karena dianggap mengandung terlalu banyak tepung untuk dikonsumsi oleh individu yang resisten terhadap insulin. Bahkan, kentang juga pernah diduga berkontribusi bagi diabetes tipe 2. Namun reputasi buruk kentang saat ini sepertinya telah berubah karena penelitian terbaru mengklaim kentang bisa jadi bagian dari diet ideal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.