Sukses

Apple Gulirkan Update iOS 16.2 untuk iPhone, Simak Fitur Barunya

Apple rilis iOS terbaru, segera update iOS 16.2 dengan sejumlah peningkatan, fitur terbaru, dan pengoptimalan kinerja iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 13 Desember kemarin, Apple mengeluarkan update iOS 16.2 untuk perangkat iPhone. Dikutip dari laman resmi Support Apple, Rabu (14/12/2022), iOS 16.2 hadir dengan beberapa perangkat yang kompatibel, untuk iPhone dimulai dari seri 8 dan yang lebih baru.

Selain iOS 16.2, Apple juga menggulirkan update iPadOS 16.2 untuk tablet iPad Pro hingga iPad Air generasi ketiga dan yang lebih baru. iPad generasi ke-5 dan yang lebih baru, serta iPad Mini gen 5 pun kebagian update ini.  

Kehadiran update iOS 16.2 dan iPadOS 16.2 mengusung berbagai fitur baru hingga perbaikan bug yang penting. Berikut sejumlah fitur baru yang digulirkan Apple pada update iOS terbaru, dikutip dari MacRumors.  

1. Aplikasi Freeform

Apple memulai debut aplikasi Freeform lintas platform baru di iOS 16.2, iPadOS 16.2, dan macOS Ventura 13.1. Aplikasi Freeform adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk kerja kolaborasi bagi sesama perangkat Apple. Freeform bisa digunakan untuk mencatat, membuat sketsa, menggambar, menyimpan tautan, dan banyak lagi.

Beberapa orang dapat bekerja pada dokumen Freeform yang sama, dengan pembaruan yang disinkronkan untuk semua peserta secara real-time.

Apple mengatakan bahwa Freeform bisa digunakan untuk membuat sketsa proyek, mendesain papan suasana hati, dan curah gagasan. Aplikasi ini berfungsi sebagai ruang kreatif.

2. Apple Music Sing

Dirancang sebagai fitur karaoke untuk pelanggan Apple Music, Apple Music Sing menyediakan lirik real-time yang dapat dinyanyikan bersama oleh pengguna iPhone, iPad, dan Apple TV.

Fitur-fiturnya termasuk vokal yang dapat disesuaikan untuk mengubah volume penyanyi asli, lirik real-time yang bergerak mengikuti irama vokal, opsi vokal latar belakang, dan tampilan duet untuk trek multi-penyanyi.

Apple telah memperkenalkan lebih dari 50 daftar putar yang mencakup lagu, duet, paduan suara, dan lagu kebangsaan yang ideal untuk digunakan dengan Apple Music Sing.

Apple Music Sing dapat digunakan pada iPhone 11 dan iPhone yang lebih baru, iPad Pro 11-inci generasi ketiga dan yang lebih baru, iPad Pro 12,9-inci generasi kelima dan yang lebih baru, iPad Air generasi keempat dan yang lebih baru, iPad generasi kesembilan dan yang lebih baru, serta iPad mini dan yang lebih baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Perlindungan Data Lanjutan

Diperkenalkan minggu lalu, Perlindungan Data Lanjutan alias Advanced Data Protection memperluas enkripsi end-to-end ke kategori data iCloud tambahan. Advanced Data Protection bersifat pilihan dan dapat digunakan untuk mengenkripsi backup iCloud, backup Pesan, konten iCloud Drive, Catatan, Foto, Pengingat, Memo Suara, Penanda Safari, Pintasan Siri, dan Wallet Pass.

Dengan pembaruan tersebut, hampir semua data iCloud dilindungi, kecuali Mail, Kontak, dan Kalender karena fitur-fitur ini perlu dioperasikan dengan sistem yang menggunakan teknologi lama.

Perlindungan Data Lanjutan bersifat opsional karena berarti Apple tidak dapat memulihkan data Anda jika Anda kehilangan kata sandi, ditambah akses ke iCloud.com dinonaktifkan secara default.

4. Dukungan Tampilan dengan Eksternal Stage Manager

Dengan iPadOS 16.2, Stage Manager pada iPad M1 dan M2 dapat digunakan dengan tampilan eksternal. Ini adalah fungsionalitas yang dihapus Apple pada versi pertama iPadOS 16 untuk memperluas Stage Manager ke model iPad Pro A12X dan A12Z.

Dengan dukungan tampilan eksternal, Stage Manager mendukung hingga delapan aplikasi untuk tujuan multitasking, bukan empat. Fungsionalitas ini terbatas pada iPad M1 dan M2.

Untuk iPad yang didukung M1 atau M2, ada juga opsi untuk menyeret dan melepaskan jendela dari iPad ke monitor eksternal yang tersambung ke perangkat Anda. Menyeret jendela dari satu perangkat ke perangkat lainnya adalah hal baru dalam pembaruan iOS 16.2.

3 dari 4 halaman

5. Arsitektur Aplikasi Rumah Baru

Dipasangkan dengan perangkat lunak HomePod 16.2, iOS 16.2, iPadOS 16.2, dan macOS Ventura 13.1 menambahkan dukungan untuk arsitektur aplikasi Home yang diperbarui yang hadir mengikuti penambahan standar rumah pintar Matter.

Apple mengatakan bahwa arsitektur aplikasi Home yang baru menghadirkan kinerja yang lebih cepat dan lebih andal di rumah-rumah dengan banyak aksesori pintar. Opsi ini mengharuskan setiap perangkat yang mengakses Home untuk menjalankan pembaruan iOS 16.2, iPadOS 16.2, macOS Ventura 13.1, tvOS 16.2, dan watchOS 9.2, bersama dengan perangkat lunak HomePod 16.2.

6. Menonaktifkan Wallpaper dan Notifikasi untuk Always On Display

iOS 16.2 menambahkan dua toggle untuk menonaktifkan wallpaper dan notifikasi saat tampilan selalu aktif. Fitur ini membuat antarmuka always on display yang lebih sederhana yang hanya menampilkan waktu dan widget apa pun yang diaktifkan.

7. Kontak Hanya AirDrop

Dengan peluncuran iOS 16.2, AirDrop akan dibatasi hanya untuk Kontak secara default, bukan semua orang. Masih ada opsi untuk membuka AirDrop hingga semua orang di sekitar, tetapi akan kembali ke Kontak Saja setelah periode 10 menit.

8. Lock Screen Sleep Widget

iOS 16.2 menambahkan widget Sleep ke Lock Screen, yang diambil dari data yang disimpan dalam aplikasi Health dan dikumpulkan oleh Apple Watch atau perangkat pelacak tidur lainnya. Widget ini menyediakan informasi seperti waktu yang dihabiskan di tempat tidur dan kualitas tidur, dengan tiga varian yang tersedia.

9. Widget Medis Layar Kunci

Selain widget Sleep yang baru, Apple juga menambahkan widget Medications. Ada dua pilihan, satu yang merupakan ikon pil tunggal dan yang kedua yang memungkinkan Anda tahu kapan Anda perlu minum obat. Widget ini akan memberi tahu Anda jika semua obat Anda sudah dicatat atau jika Anda tidak memiliki obat lagi untuk hari itu.

4 dari 4 halaman

10. Game Center

Game Center sekarang mendukung SharePlay, memungkinkan pengguna iPhone dan iPad untuk bermain game dengan teman dan keluarga saat melakukan panggilan FaceTime.

Ada juga Widget Aktivitas baru yang memungkinkan pengguna melihat apa yang sedang dimainkan dan dicapai oleh teman-teman mereka dalam game dari Layar Utama.

11. Pencarian Pesan

Apple telah meningkatkan pencarian di aplikasi Pesan untuk menemukan foto berdasarkan konten, seperti hewan peliharaan, mobil, orang, atau teks.

12. Matikan/Sembunyikan Alamat IP Adress

Ada pengaturan iCloud Private Relay baru untuk menonaktifkannya sementara untuk situs Safari tertentu.

13. Skor Olahraga Langsung Aplikasi TV

iOS 16.2 menambahkan kembali integrasi Aktivitas Langsung untuk pertandingan olahraga tertentu untuk aplikasi TV bawaan pada iPhone. Pertandingan dapat dilacak secara real time di Layar Kunci atau Pulau Dinamis pada model iPhone 14 Pro.

14. Pembaruan Aplikasi TV

Dengan pembaruan iOS 16.2, iPadOS 16.2, tvOS 16.2, dan macOS Ventura 13.1, Apple telah mengubah aplikasi TV. Sekarang ada pratinjau acara dan film besar yang terletak di atas antarmuka "Up Next" sehingga lebih sulit bagi pengguna untuk mendapatkan acara TV yang ingin mereka tonton.

15. Tanggapan Senyap Siri

Di bagian Aksesibilitas pada aplikasi Pengaturan, terdapat opsi untuk mengatur Siri ke "Prefer Silent Responses" (Lebih Suka Tanggapan Senyap), sehingga Siri akan mengonfirmasi permintaan pada perangkat, bukan dengan suara keras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.