Sukses

Ketahui 4 Perbedaan Tisu Toilet dan Tisu Wajah, Salah Pakai Bisa Bahaya

Apa saja perbedaan tisu toilet dan tisu wajah, berikut fakta-faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Pemakaian tisu tampaknya cukup sering digunakan oleh khalayak. Baik tisu wajah maupun tisu toilet, keduanya memiliki kegunaan untuk membersihkan sesuatu.

Kita mungkin terkadang menggunakan tisu dan kertas toilet secara bergantian, tapi kenyataannya, ada beberapa perbedaan penting di antara keduanya. Kemudian, mengetahui apa perbedaannya tersebut dapat menyelamatkan kita dari kesusahan dalam jangka panjang.

Melansir HowStuffWorks, Rabu, 14 Desember 2022, tisu toilet dan tisu wajah keduanya terbuat dari bubur kertas, dan keduanya dimaksudkan untuk dibuang setelah sekali pakai, tapi sebagian besar kesamaan berakhir di sana.

Tisu wajah memiliki permukaan yang lebih halus daripada tisu toilet, yang membuatnya terasa lebih lembut di kulit. Selain itu, tisu wajah seringkali diresapi dengan losion dan aroma yang dirancang untuk membuat sensasi yang dihirup hidung menjadi lebih menyenangkan.

Meski tisu toilet biasanya tidak memiliki tambahan ini, tisu toilet memiliki satu fitur penting yang tidak dimiliki tisu wajah. Tisu toilet dengan mudah larut dalam air melalui proses yang memakan waktu mulai dari satu hingga empat menit.

Kualitas cepat larut tisu toilet direkayasa untuk membantunya melewati pipa atau sistem septik, dan untuk diproses oleh instalasi pengolahan saluran pembuangan daerah.

Sebaliknya, tisu wajah biasanya diresapi dengan pengikat kimiawi yang membantu jaringan mempertahankan bentuknya.

Tisu ini memiliki daya tahan basah, sehingga tidak hancur ketika terkena apa pun yang kamu embuskan dari hidung. Lantas, apa saja perbedaan tisu toilet dan tisu wajah lainnya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hindari Membuang Tisu Wajah ke Toilet

Meski sifat tisu wajah lebih tahan basah dibandingkan tisu toilet ini berguna untuk mengeluarkan cairan dari hidung, kemampuannya untuk membantu tisu mempertahankan bentuknya tidak baik untuk pipa, sistem septik, dan instalasi pengolahan air.

Tisu wajah tidak boleh dibuang ke toilet karena tisu wajah tidak akan larut dengan mudah seperti tisu toilet, dan itu dapat menyumbat saluran air.

 

3 dari 4 halaman

Bisakah Menggunakan Tisu Wajah Sebagai Pengganti Tisu Toilet?

Baik tisu toilet maupun tisu wajah dapat digunakan untuk menggantikan yang lain, tapi ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. 

Sebab, kedua tisu ini sama-sama dibuat untuk kegunaan yang berbeda, keduanya bekerja paling baik jika digunakan untuk tujuan yang sama.

Misalnya, menggunakan tisu wajah sebagai pengganti tisu toilet tidak akan terbukti bermanfaat karena tidak menyerap kelembapan seefisien tisu toilet.

Menyiram tisu wajah ke toilet setelah menggunakannya sebagai pengganti tisu toilet juga akan menyebabkan penyumbatan dari waktu ke waktu dalam sistem pembuangan limbah.

Di sisi lain, menggunakan tisu wajah daripada tisu toilet sebagai lap bayi dapat terbukti sangat bermanfaat bagi kulit bayi yang halus.

4 dari 4 halaman

Bisakah Menggunakan Tisu Toilet Sebagai Pengganti Tisu Wajah untuk Hidung?

Tisu toilet lebih murah dan dapat digunakan sebagai pengganti tisu wajah ketika kamu terserang flu atau pilek untuk membuang ingus.

Namun, ada ketidaknyamanan karena teksturnya yang lebih keras yang dapat menyebabkan lecet.

Dengan membuang ingus berkali-kali dengan tisu toilet, gesekannya dapat menyebabkan lebih banyak iritasi pada kulit dan dapat lebih menyakiti kamu daripada memberi bantuan.

Tisu wajah relatif mahal, tetapi teksturnya memastikan bahwa kulit kamu tidak akan lecet. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.