Sukses

5 Fakta Menarik Tentang Tinggi Badan, Gen Bukan Segalanya

Tinggi badan bisa memengaruhi beberapa aspek dalam kehidupan, berikut ini beberapa fakta menarik tentang tinggi badan.

Liputan6.com, Jakarta - Tinggi badan bisa memengaruhi kehidupan seseorang dalam beberapa bidang, sebut saja pekerjaan. Tahukah kamu, sejumlah pekerjaan atau profesi mencantumkan persyaratan tinggi badan minimal agar bisa lolos seleksi.

Meski tinggi badan bukan segalanya, nyatanya kini tinggi seseorang bisa menjadi bahan perhatian. Kemudian, mengutip Everydayhealth, Selasa (12/12/2022), tinggi badan bisa menjadi urusan serius dalam hal kesehatan. 

Penelitian menunjukkan bahwa tinggi badanmu dapat memengaruhi segala sesuatu, mulai dari risiko penyakit jantung dan kanker hingga pendapatan dan daya tarik seseorang. Berikut ini lima fakta menarik tinggi badan yang mungkin belum kamu ketahui:

1. Gen Tinggi Badan Bukan Segalanya

Kira-kira 60-80 persen tinggi badan kamu ditentukan oleh genetika, sedangkan sisanya tergantung pada faktor lingkungan, termasuk nutrisi masa kanak-kanak.

"Nutrisi adalah faktor lingkungan yang paling penting yang berkontribusi terhadap tinggi badan," kata Chao-Qiang Lai, PhD, ahli biologi molekuler penelitian di United States Department of Agriculture (USDA).

Penasaran seberapa tinggi anak-anak akan tumbuh? Berikut rumus yang digunakan dokter anak untuk memprediksi tinggi badan orang dewasa:

Untuk anak perempuan: Kurangi lima inci dari tinggi badan ayah, rata-ratakan angka ini dengan tinggi badan (TB) ibu, lalu tambahkan dan kurangi dua inci untuk menentukan kisaran yang mungkin atau ((TB ibu (cm) + 13 cm) + TB ayah (cm))/2 ± 8,5 cm.

Untuk anak laki-laki: Tambahkan lima inci ke tinggi badan ibu, rata-ratakan angka itu dengan tinggi badan ayah, lalu tambahkan dan kurangi dua inci untuk mendapatkan kisarannya atau ((TB ayah (cm) - 13 cm) + TB ibu (cm))/2 ± 8,5 cm.

Untuk memastikan mereka tidak kekurangan tinggi badan, anak-anak harus mengunyah makanan yang lengkap dari buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, produk susu, dan protein tanpa lemak, yang memasok vitamin dan mineral yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Orang yang Lebih Tinggi Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Sejumlah penelitian telah menemukan, rata-rata, orang yang lebih tinggi tidak hanya memegang pekerjaan dengan status yang lebih tinggi (misalnya, manajer penjualan yang secara jabatan lebih tinggi daripada staf penjualan), mereka juga menghasilkan lebih banyak uang.

Faktanya, sebuah studi klasik dalam Journal of Applied Psychology menemukan bahwa orang menghasilkan $789 (sekitar Rp12,3 juta) lebih banyak per tahun untuk setiap inci di atas tinggi rata-rata mereka. Temuan ini membantu bahkan setelah para peneliti mengontrol hal-hal seperti jenis kelamin, berat badan, dan usia.

"Tinggi badan memengaruhi bagaimana individu menganggap diri mereka sendiri, yang merupakan harga diri, dan bagaimana individu dianggap oleh orang lain, yang disebut harga sosial," jelas rekan penulis studi Daniel Cable, PhD, seorang profesor perilaku organisasi di London Business School.

"Harga diri dan sosial memengaruhi kinerja pekerjaan individu dan bagaimana supervisor mengevaluasi kinerja pekerjaan, yang pada waktunya akan memengaruhi kesuksesan karier," dia menambahkan.

3 dari 5 halaman

3. Tinggi Badan Datang dengan Risiko Kanker

Semakin tinggi kamu, semakin besar risiko kamu terkena kanker, menurut sebuah studi dalam jurnal Lancet Oncology. Setelah memeriksa rekam medis lebih dari satu juta wanita Inggris yang tingginya berkisar antara kurang dari 154cm hingga 172cm dan lebih tinggi. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang paling tinggi memiliki risiko 37 persen lebih besar terkena kanker.

"Orang yang tinggi mungkin memiliki lebih banyak sel dalam tubuh mereka sehingga ada kemungkinan lebih besar bahwa salah satu mungkin menjadi kanker, atau hubungan mungkin terkait dengan tingkat hormon pertumbuhan," kata penulis utama studi Jane Green, seorang ahli epidemiologi klinis dan dosen penelitian di University of Oxford. Hasil serupa mungkin juga berlaku untuk pria.

Tentu saja kamu tidak dapat mengubah tinggi badanmu, tetapi sebelum kamu khawatir, ketahuilah bahwa peningkatan risiko masih relatif kecil. Sebagai gantinya, fokuslah untuk mengurangi faktor risiko kanker yang dapat kamu lakukan, seperti tidak merokok, menjaga berat badan yang sehat, dan membatasi asupan alkohol.

4 dari 5 halaman

4. Mulai Menyusut Pada Usia 40 Tahun

Bukan rahasia lagi bahwa orang dewasa tumbuh lebih pendek seiring bertambahnya usia, tetapi mungkin dimulai lebih awal dari yang kamu pikirkan. Dalam hal ini, baik pria maupun wanita mungkin mulai berkurang perawakannya sejak usia 40 tahun. 

Setelah berusia 40 tahun, tinggi berkurang setengah inci dalam satu dekade, kata John Whyte, kepala ahli medis dan wakil presiden untuk kesehatan dan pendidikan medis di The Discovery Channel dan penulis Is This Normal?

Di balik penyusutan, cakram di tulang belakang kamu kehilangan air dan mulai menekan dari waktu ke waktu. Osteoporosis, penyakit pelemahan tulang yang memengaruhi hingga 10 juta orang Amerika, dapat memperburuk masalah ini.

Kabar baiknya adalah bahwa memperbaiki postur tubuh kamu dapat membantu mengatasi kehilangan tinggi badan. Peregangan, latihan kekuatan, yoga, dan melakukan terapis fisik dapat membantu.

5 dari 5 halaman

5. Tinggi Badan Berubah Sepanjang Hari

Sama seperti berat badan kamu berubah-ubah sepanjang hari, tinggi badan kamu juga bisa begitu. Tinggi badanmu paling tinggi ketika kamu bangun dan kamu mungkin lebih pendek satu sentimeter pada penghujung hari.

"Diskus di tulang belakang Anda tertekan karena tegak sepanjang hari," kata Todd Sinett, seorang ahli terapi chiropractor yang berbasis di New York City dan penulis The Truth About Back Pain.

Saat kamu tidur, tulang belakang mengalami dekompresi, dan kamu mendapatkan kembali panjanganya yang hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.