Sukses

Daftar Sayur dan Buah yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tanaman tidak dapat beradaptasi dengan baik saat pergantian musim. Sebagian dapat tumbuh subur dan sebagiannya lagi justru timbul masalah. Salah satunya selama musim hujan. Tanaman yang tidak dapat beradaptasi dengan musim hujan akan mengalami masalah seperti busuk akar atau busuk batang.

Hal ini karena tanaman tersebut tidak menyukai kelembapan tinggi atau tanahnya terus-terusan tergenang air. Kendati demikian, beberapa tanaman yang menyukai kelembapan tinggi akan tumbuh subur pada musim hujan. Di antaranya adalah tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan. 

Untuk menanamnya juga cukup mudah, kamu bisa melakukannya di pekarangan rumah atau bisa juga di lahan tanam yang luas. Bagi sebagian orang, musim hujan mungkin menjadi berkah. Tetapi bagi petani, musim tersebut membuat mereka khawatir karena bisa menyebabkan gagal panen.

Oleh karena itu, butuh strategi khusus dalam menanam tanaman, salah satunya mengetahui buah dan sayur yang cocok ditanam di musim hujan. Sebab jenis tanaman buah dan sayur merupakan asupan yang banyak diincar orang, karena kandungan nutrisinya yang baik bagi kesehatan.

Dilansir plantsinformation.com, berikut ini beberapa jenis sayur dan buah yang cocok di tanam ketika musim hujan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sayuran yang cocok ditanam saat musim hujan

1. Kacang Polong

Kacang polong adalah salah satu tanaman yang dapat beradaptasi dengan baik selama musim hujan. Waktu menanam terbaik adalah sekitar bulan Agustus.

Meski tumbuh baik di musim hujan, kacang polong tetap membutuhkan sinar matahari yang cukup. Setelah tanaman ini tumbuh, kamu dapat memanennya skitar 1-2 bulan kemudian.

2. Sawi Putih

Selain kacang polong, sawi putih menjadi salah satu tanaman yang cocok ditanam ketika musim penghujan dimulai.

Perlu diketahui bahwa sawi putih menjadi tanaman yang cukup kuat dan tidak mudah layu ketika terkena derasnya tetesan air. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menanam sawi putih.

3. Lobak

Lobak merupakan makanan yang sehat yang biasanya dijadikan salad atau sup. Rasanya pedas dan cocok dihidangkan saat musim hujan.

Wah, cocok sekali karena tanaman ini termasuk tumbuh subur di musim hujan. Setelah penanaman, tanaman ini dapat dipanen setelah berusia 3 minggu - 1 bulan.

4. Cabai Hijau

Ada banyak jenis cabai yang bisa ditanam di pekarangan rumah. Salah satunya adalah cabai hijau. Ini sangat cocok ditanam selama musim hujan karena dapat tumbuh dengan subur. Buah cabainya dapat dipanen setelah 50-60 hari penanaman.

3 dari 4 halaman

Sayuran yang cocok ditanam saat musim hujan

5. Bayam

Bayam adalah jenis tanaman yang cocok ditanam dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Curah hujan yang tinggi dapat membuat pertumbuhan bayam lebih cepat tumbuh dan juga subur. Bayam yang ditanam ketika di musim hujan ini juga sangat baik disaat tahap perkembangannya.

6. Selada

Selada menjadi tanaman favorit jika ditanam saat musim hujan. Karena selada merupakan tanaman yang kuat ketika menerima limpahan air hujan yang deras.

Sehingga ketika menanam selada di cuaca yang seperti ini akan lebih mudah untuk proses pertumbuhan dan menghasilkan selada dengan kualitas yang baik.

7. Kangkung

Kangkung sangat populer di Indonesia. Kangkung dapat hidup di dataran rendah dengan kelembapan yang cukup tinggi dan tumbuh subur di musim penghujan.

Jadi, kamu tak perlu menyiraminya secara rutin karena hujan sudah pasti menyiraminya. Kangkung dapat dipanen 2-3 bulan setelah penanaman.

8. Timun

Bagi orang Indonesia, timun tak boleh absen sebagai menu pendamping seperti lalapan. Timun yang segar pastilah timun yang dipanen dari kebun langsung.

Kamu dapat menanamnya saat musim penghujan karena timun mampu tumbuh subur di masa ini. Kendati demikian, timun membutuhkan perawatan yang cukup serius karena mereka merupakan tanaman merambat.

4 dari 4 halaman

Buah yang cocok ditanam saat musim hujan

1. Manggis

Buah dengan kulit berwana ungu dan daging berwarna putih ini memiliki rasa yang manis jika kualitasnya bagus, dan akan sedikit asam atau bahkan pahit jika kualitasnya rendah.

Manggis hanya panen satu tahun sekali, di mana idealnya manggis akan berbunga di musim kemarau dan akan panen di musim hujan, yaitu sekitar bulan November hingga Maret. Pada masa-masa ini, harga manggis akan jauh lebih murah.

2. Rambutan

Buah berwarna merah dengan rambut-rambutnya ini akan panen saat memasuki musim hujan, atau pada masa-masa pergantian musim.

Dan biasanya itu dimulai dari bulan November hingga Februari. Pada saat-saat ini, kita akan mudah untuk menemukan rambutan dengan kualitas yang baik.

3. Lengkeng

Tanaman buah lengkeng/kelengkeng ini sangat cocok ditanam di dataran rendah berkisar 200-600 mdpl yang mempunyai iklim basah dengan curah hujan sekitar 1.500-3.000 mm/tahun dengan bulan basah sebanyak 9-12 bulan.

Akan tetapi, buah lengkeng akan mengalami pembuahan yang baik ketika musim kemarau, pada malam hari dengan suhu sekitar 15-20 derajat celcius.

4. Melon

Buah melon mampu tumbuh di ketinggian 300-1.000 mdpl dengan curah hujan yang sedang. Iklim yang cocok untuk tanaman melon yakni iklim kering atau musim panas yang berlangsung cukup lama.

Lokasi tanam dengan kelembapan udara rendah cenderung kering dan ternaungi, membuat pohon melon akan enggan berbunga betina. Melon ini menyukai cahaya sinar matahari, namun masih dalam batas wajar yaitu sebesar 70 persen.

5. Durian

Buah dengan rasa dan aroma yang khas serta cirinya yang berduri ini bisa berbuah dua kali dalam setahun. Namun puncaknya durian akan panen secara bersamaan diperkirakan pada bulan November awal ketika memasuki musim penhujan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS