Sukses

Momen Luka Modric dan Casemiro Tukar Jersey di Babak Pertama

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pertanding antara Brasil vs Kroasia di Piala Dunia 2022, Luka Modric dan Casemiro menjadi sorotan publik. Bagaimana tidak, keduanya melakukan aksi tukar jersey di babak pertama sebelum menunggu peluit pertandingan berakhir.

Duo pemain yang pernah memperkuat Real Madrid ini bertukar kaos saat laga Kroasia vs Brasil pada perempat final Piala Dunia 2022, di Stadion Education City, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Momen menarik ini berlangsung saat pemain Kroasia Luka Modric menghampiri Casemiro, ketika sudah paruh waktu berjalannya permainan.  

Melansir dari Goal, Sabtu (10/12/2022), Luka Modric dan Casemiro ingin memastikan mendapatkan jersey yang diinginkan dengan saling bertukar kaos lebih awal. Kedua gelandang ini bertukar kaos sambil berjalan keluar lapangan bersama saat pertandingan masih imbang 0-0.

Momen tersebut berhasil diabadikan dan diunggah melalui akun Twitter @ESPNFC. Dalam unggahan tersebut terlihat kapten Kroasia Luka Modric dan Casemiro tersenyum saat bertukar jersey di lapangan hijau. 

"Luka Modric dan Casemiro bertukar baju saat paruh waktu. Warisan sepak bola," keterangan dalam unggahan @ESPNFC.

Modric dan Casemiro menghabiskan sembilan tahun bermain bersama di Real Madrid. Pertemanannya itu berakhir awal tahun ini ketika gelandang Brasil Casemiro pergi untuk bergabung dengan Manchester United.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan Kroasia vs Brasil

Kroasia menyamai Jerman usai melewati laga berat di Education City. Mereka dalam tekanan Brasil yang menampilkan permainan indah alias Jogo Bonito sejak awal laga. Namun, Kroasia tidak gentar dan sesekali melancarkan serangan cepat berbahaya.

Bek kanan Josip Juranovic melakukan penetrasi yang mengancam pertahanan Brasil. Dia melepas bola ke Mario Pasalic yang kemudian memberi umpan silang. Sayang Juranovic dan Ivan Perisic gagal menyambutnya.

Brasil membalas. Tendangan Vinicius Jr mudah dihentikan kiper Dominik Livakovic. Pemain Real Madrid itu lalu melakukan kombinasi dengan Richarlison yang sempat membuat Kroasia panik. Sayang tendangannya masih bisa diblok. Selanjutnya giliran Neymar yang menguji Livakovic.

Kroasia tidak tinggal diam. Juranovic kembali membantu serangan. Kali ini dia mengirim umpan diagonal ke Perisic di sisi lain lapangan. Pemain Tottenham Hotspur itu menusuk ke dalam dan melepas tendangan jarak jauh. Namun upayanya jauh melenceng.

Brasil mendapat kesempatan lain lewat tendangan bebas. Kembali usaha Neymar masih dapatt dihentikan Livakovic. Skor masih tanpa gol di babak pertama.

Selecao terus menekan selepas jeda. Hasilnya adalah serangkaian aksi gemilang Livakovic di bawah mistar. Pertama dia mencegah bek Josko Gvardiol melakukan gol bunuh diri. Livakovic lalu menghentikan upaya Neymar dan Lucas Paqueta.

Kesulitan menembus pertahanan Kroasia, pelatih Brasil Tite memasukkan Antony dan Rodrigo Goes. Namun, kehadiran mereka membuat keadaan tidak banyak berubah.

Brasil kembali mencoba melalui Neymar yang mendapat umpan terobosan dari Richarlison. Namun, Livakovic sigap meninggalkan sarang untuk menutup ruang tembak. Livakovic kemudian meredam tendangan Paqueta dan Antony.

Kroasia kesulitan memberi ancaman berarti ke gawang Brasil. Setidaknya mereka berhasil menahan gempuran lawan dan memaksa digelarnya tambahan waktu.

3 dari 4 halaman

Tambahan Waktu dan Adu Penalti

Brasil kembali mencoba di extra time. Namun mereka tetap kesulitan menembus pertahanan Kroasia.

Di tengah serbuan Brasil, Kroasia mendapat kesempatan langka. Bruno Petkovic melewati dua pemain lawan dan mengirim bola ke Marcelo Brozovic. Sayang tendangannya melambung.

Jelang berakhirnya babak pertama tambahan waktu, momen spesial hadir melalui Neymar. Dia melakukan kombinasi dengan Rodrygo dan Paqueta demi menembus lini belakang lawan. Neymar lalu melewati Livakovic untuk mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-105+1.

Kroasia dalam posisi terdesak. Mereka coba menyerang di 15 menit terakhir pertandingan. Hasilnya adalah gol Bruno Petkovic di menit ke-116. Laga pun berlanjut ke adu penalti.

Nikola Vlasic, Lovro Majer, Luka Modric, dan Mislav Orsic sukses menunaikan tugas bagi Kroasia. Sementara hanya Casemiro dan Pedro yang bisa memasukkan gol bagi Brasil, dengan Rodrygo dan Marquinhos gagal.

4 dari 4 halaman

Catatan Penalti Kroasia dalam Piala Dunia

Tidak akan ada tim yang mau melewati adu penalti melawan Kroasia di Piala Dunia. Pasalnya, rekor mereka sangat impresif.

Kroasia kini sudah melewati empat adu penalti pada laga sepak bola termegah sejagad tersebut. Hasilnya mereka selalu meraih kemenangan.

Sebelumnya mereka menaklukkan Rusia (4-3, 8 besar 2018), Denmark (3-2, 16 besar 2018), dan Jepang (3-1, 16 besar 2022).

Dengan torehan ini, Kroasia menyamai torehan Jerman soal kemenangan adu penalti. Jerman juga sudah empat kali menyingkirkan lawan setelah melewati babak tos-tosan. 

Sebenarnya ada satu negara lain yang juga memenangkan empat adu penalti di Piala Dunia. Namun, tidak seperti Jerman dan Kroasia, Argentina sudah merasakan satu kekalahan melalui proses tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS