Sukses

Simak 9 Makanan Penguat Memori Otak, Cocok Buat Si Pelupa

Berikut daftar makanan penguat memori otak yang sangat cocok untuk dikonsumsi orang pelupa

Liputan6.com, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, otak kita mengalami perubahan tertentu. Menurut spesialis memori dan kesehatan otak, Babak Tousi MD, terjadi perubahan materi putih yang dapat memengaruhi cara otak kita mengomunikasikan informasi ke seluruh tubuh kita.

Selain itu, ada penurunan materi abu-abu di otak kita --- bagian otak yang mengontrol pemrosesan dan pemikiran. Ternyata, makanan tertentu dapat membantu fungsi otak seperti daya ingat dan konsentrasi. 

"Diet yang berbeda telah disarankan selama bertahun-tahun untuk kesehatan otak yang optimal dan kami memiliki bukti kuat untuk beberapa makanan," kata Dr Tousi seperti yang dikutip Cleveland Clinic pada Rabu, 7 Desember 2022. 

Ada berbagai diet dan makanan telah ditemukan untuk membantu memperlambat degenerasi otak dan mengurangi risiko penyakit seperti Alzheimer. Berikut makanan yang mampu meningkatkan memori dan kesehatan otak.

1. Ikan Berlemak

Jenis ikan ini termasuk salmon dan sarden, semuanya merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3. Sekitar 60 persen otak kita terbuat dari lemak, dan setengah dari lemak itu terdiri dari asam lemak omega-3.

Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel-sel otak dan saraf, dan lemak ini sangat penting untuk pembelajaran dan memori. Untuk satu hal, mereka dapat memperlambat penurunan mental terkait usia dan membantu menangkal penyakit Alzheimer. 

Di sisi lain, tidak mendapatkan cukup omega-3 terkait dengan gangguan belajar, serta depresi. Secara umum, makan ikan tampaknya memiliki manfaat kesehatan yang positif.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur cenderung memiliki lebih banyak materi abu-abu di otak mereka. Materi abu-abu mengandung sebagian besar sel saraf yang mengontrol pengambilan keputusan, memori, dan emosi. 

Itu mengapa ikan berlemak termasuk dalam jajaran makanan penguat memori di otak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Bluberi

Bluberi memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk beberapa yang khusus untuk otak kita. Bluberi dan buah beri lainnya memberikan antosianin, sekelompok senyawa tanaman dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan.

Antioksidan bertindak melawan stres oksidatif dan peradangan, kondisi yang dapat berkontribusi pada penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif. Beberapa antioksidan dalam bluberi telah ditemukan terakumulasi di otak dan membantu meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak.

Cobalah menaburkannya di atas sereal sarapan, menambahkannya ke dalam smoothie, atau menikmatinya sebagai camilan.

3. Kunyit

Bumbu kuning tua ini adalah bahan utama dalam bubuk kari dan memiliki sejumlah manfaat bagi otak. Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, telah terbukti melintasi sawar darah-otak, yang berarti dapat langsung masuk ke otak dan bermanfaat bagi sel-sel di sana. Kurkumin dapat membantu meningkatkan daya ingat pada penderita Alzheimer.

3 dari 6 halaman

4. Brokoli

Brokoli dikemas dengan senyawa tanaman yang kuat, termasuk antioksidan. Tanaman ini juga sangat tinggi vitamin K. Vitamin yang larut dalam lemak ini sangat penting untuk membentuk sfingolipid, sejenis lemak yang padat ke dalam sel-sel otak.

Selain vitamin K, brokoli mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan.

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam dan bubuk kakao dikemas dengan beberapa senyawa yang meningkatkan otak, termasuk flavonoid, kafein, dan antioksidan. Cokelat hitam memiliki kandungan kakao 70 persen atau lebih. Manfaat ini tidak terlihat pada cokelat susu biasa, yang mengandung antara 10 hingga 50 persen kakao.

Flavonoid adalah kelompok senyawa tanaman antioksidan. Flavonoid dalam cokelat berkumpul di area otak yang berhubungan dengan pembelajaran dan memori. Para peneliti percaya bahwa senyawa-senyawa ini dapat meningkatkan daya ingat dan juga membantu memperlambat penurunan mental yang berkaitan dengan usia.

4 dari 6 halaman

6. Kacang

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan dapat meningkatkan penanda kesehatan jantung, dan memiliki jantung yang sehat terkait dengan memiliki otak yang sehat.

Satu studi menemukan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat dikaitkan dengan risiko penurunan kognitif yang lebih rendah pada orang dewasa yang lebih tua.

Beberapa nutrisi dalam kacang-kacangan, seperti lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E, dapat menjelaskan efek menguntungkannya pada kesehatan otak.

Vitamin E melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikal bebas untuk membantu memperlambat penurunan mental.

7. Jeruk

Kamu bisa mendapatkan hampir semua vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari dengan makan satu buah jeruk. Melakukan hal itu penting untuk kesehatan otak karena vitamin C adalah faktor kunci dalam mencegah penurunan mental.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Selain itu, vitamin C mendukung kesehatan otak seiring bertambahnya usia dan dapat melindungi dari kondisi seperti gangguan depresi, kecemasan, skizofrenia, dan penyakit Alzheimer.

5 dari 6 halaman

8. Telur

Telur adalah sumber yang baik dari beberapa nutrisi yang terkait dengan kesehatan otak, termasuk vitamin B6 dan B12, folat, dan kolin.

Kolin adalah mikronutrien penting yang digunakan tubuh kita untuk membuat asetilkolin, neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati dan memori.

Makan telur adalah cara mudah untuk mendapatkan kolin, mengingat kuning telur adalah salah satu sumber nutrisi ini yang paling terkonsentrasi. Selain itu, vitamin B yang ditemukan dalam telur juga memiliki beberapa peran dalam kesehatan otak.

Sebagai permulaan, vitamin B dapat membantu memperlambat perkembangan penurunan mental pada orang dewasa yang lebih tua dengan menurunkan kadar homosistein, asam amino yang dapat dikaitkan dengan demensia dan penyakit Alzheimer.

Selain itu, kekurangan dua jenis vitamin B --- folat dan B12 --- telah dikaitkan dengan depresi. Kekurangan folat umum terjadi pada orang tua dengan demensia, dan penelitian menunjukkan bahwa suplemen asam folat dapat membantu meminimalkan penurunan mental terkait usia.

Vitamin B12 juga terlibat dalam mensintesis bahan kimia otak dan mengatur kadar gula di otak. 

6 dari 6 halaman

9. Teh Hijau

Kafein dalam teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak. Tetapi teh hijau juga memiliki komponen lain yang menjadikannya minuman yang menyehatkan otak.

Salah satunya adalah L-theanine, asam amino yang dapat melintasi sawar darah-otak dan meningkatkan aktivitas neurotransmitter GABA, yang membantu mengurangi kecemasan dan membuat kita merasa lebih rileks.

L-theanine juga meningkatkan frekuensi gelombang alfa di otak, yang membantu kita rileks tanpa membuat merasa Lelah. Teh hijau juga kaya akan polifenol dan antioksidan yang dapat melindungi otak dari penurunan mental dan mengurangi risiko Alzheimer dan Parkinson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.