Sukses

Bangun Hubungan yang Aman dan Sehat, Ini 3 Cara Mencintai Pasanganmu dengan Baik

Mengetahui cara membangun hubungan yang membuat kedua belah pihak merasa aman sangat penting untuk mempertahankan hubungan yang sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika berada di dalam sebuah hubungan, terkadang kita melupakan kalau tidak hanya memahami bagaimana cara mencintai seseorang, tetapi bagaimana kita mencintai mereka dengan baik. Mengetahui cara membangun hubungan yang membuat kedua belah pihak merasa aman sangat penting untuk mempertahankan hubungan yang sehat.

Melansir situs Your Tango (05/12/2022), berdasarkan attachment theory dalam psikologis, mencintai dengan baik adalah tentang membangun hubungan emosional yang aman dengan pasangan.

Teori ini dipelopori oleh psikolog John Bowlby, yang berusaha menggambarkan dinamika hubungan interpersonal jangka panjang dan jangka pendek di antara dua manusia. Hal ini kemudian merujuk kepada bagaimana manusia merespons saat mereka terluka, terpisah dari orang yang dicintai hingga menghadapi ancaman.

Sementara itu, seorang Psikolog Development, Mary Ainsworth mengembangkan teori ini dengan cara mempelajari hubungan di antara bayi dan pengasuh utama mereka. Setelah melakukan studi, Mary menemukan bahwa anak-anak akan memiliki pola keterikatan yang berbeda tergantung pada pengalaman yang mereka alami bersama selama dalam lingkungan pengasuhannya.

Model ini kemudian menunjukkan kalau bayi akan berkembang jika mereka memiliki ikatan yang aman dengan orang tua (biasanya seorang ibu) atau pengasuh mereka.

Ternyata, penelitian attachment theory ini juga menunjukkan gejala yang sama terhadap hubungan yang dimiliki orang dewasa. Bayi dan orang dewasa yang dicintai tanpa syarat akan merasa aman untuk menjadi diri mereka sendiri dan terbuka kepada lingkungan di sekitarnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Luangkan Waktu untuk Membangun Hubungan Emosional

Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Namun, hal ini tidak bisa menjadi alasan mereka tidak dapat meluangkan waktu mereka untuk pasangan mereka. Selalu hadir dan mudah dihubungi oleh pasangan dapat membantu kita membangun hubungan emosional yang kuat.

Ketika memiliki hubungan emosional yang kuat dan melekat erat dengan pasangan, hubungan yang kita miliki perlahan akan berkembang. Saat berada di dalam hubungan yang aman, secara perlahan hati dan pikiran kita akan berubah, memunculkan perasaan bahwa berkompromi dan rela berkorban menjadi sesuatu yang akan kita lakukan tanpa ragu.

3 dari 4 halaman

2. Pahami Perasaan Mereka Alih-Alih Berusaha Menjadi Problem-Solver

Mencintai seseorang dengan baik juga memiliki arti menjadi pendengar yang baik bagi pasangan. Hal ini menuntut kita untuk mendengar dan memahami perasaan pasangan dan merespons dengan cara yang tepat. Masalah sering kali muncul dari sini, mengetahui kebanyakan orang berpikir bahwa menyelesaikan masalah dengan cara berpikir logis lebih penting dibandingkan memahami apa yang pasangannya rasakan.

Kekeliruan ini sering dialami oleh pria, yang sering kali lebih suka berperan sebagai problem-solver. Mereka merasa lebih mudah untuk menemukan solusi daripada duduk dan memberikan pasangannya pelukan (dukungan emosional). Akan tetapi, hal ini juga menyesuaikan apa yang dibutuhkan pasangannya.

Meskipun begitu, cara yang satu ini dapat mendukung perkembangan hubungan yang sehat dan aman. mencintai dengan baik artinya menanggapi ketakutan atau kekhawatiran pasangan dengan pelukan dan menyampaikan kata-kata yang menunjukkan kita mengerti apa yang mereka rasakan.

4 dari 4 halaman

3. Pasangan adalah Prioritas

Menjadikan pasangan kita menjadi prioritas dan memberikan seluruh perhatian kepada mereka saat sedang menghabiskan waktu bersama menjadi langkah ketiga cara mencintai seseorang dengan baik. Kita bisa melakukan ini dengan duduk bersama dengan pasangan, meletakkan gadget dan matikan televisi, lalu menaruh seluruh fokus terhadap apa pun yang disampaikan pasangan kita.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan bahwa kita mendengarkan cerita yang mereka adalah dengan menatap mata atau memegang tangan mereka. Melalui metode ini, mengembangkan hubungan emosional pun dapat dengan mudah dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.