Sukses

7 Makanan Ini Bisa Bantu Kamu Hilangkan Rasa Cemas

Berikut tujuh daftar makanan yang dapat membantu menghilangkan rasa kecemasan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak orang di dunia yang hidup dengan berbagai bentuk penyakit mental dan kecemasan. Penyakit-penyakit ini muncul karena lingkungan dan masalah pribadi yang mereka hadapi.

Orang-orang yang memiliki gangguan kecemasan selalu merasa tidak nyaman dan terkadang sulit untuk mengendalikan diri mereka.

Dengan kecemasan yang cukup umum, orang-orang beralih ke berbagai obat, pengobatan herbal, dan makanan untuk mencoba menenangkan ketidaknyamanan mereka.

Waktu yang dilakukan untuk penyembuhan pun tidak sebentar, kadang diperlukan waktu hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mengatasai gangguan kecemasan yang muncul.

Gejala kecemasan juga dapat muncul kapan saja dan di mana saja dan itu cukup menganggu aktivitas yang sedang dilakukan.

Dibutuhkan perasaan yang nyaman dan aman oleh para penderita kecemasan agar gangguan kecemasan mereka tidak muncul secara tiba-tiba.

Selain itu, makanan yang dikonsumsi ternyata menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi gangguan kecemasan.

Ketika kamu mengonsumsi makanan yang disukai, kamu akan merasa nyaman dan hal ini bisa mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Tahukah kamu, ada beberapa makanan yang mungkin cocok untuk membantu membuat perasaan dan hati kalian nyaman sehingga rasa cemas tidak muncul secara tiba-tiba?

Mengutip laman The Fact Site, Selasa (6/12/2022) berikut tujuh makanan yang dapat membantu menghilangkan rasa cemas:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Blueberry

Seperti yang kita semua ketahui, kesehatan mental terkadang dapat berhubungan dengan kesehatan fisik kita.

Ini berarti seseorang harus selalu mencoba dan memilih pilihan makanan yang menyediakan nutrisi dan vitamin. Buah blueberry dapat menjadi pilihan terbaik untuk makanan yang menyediakan kandungan tersebut.

Blueberry mengandung vitamin C dan antioksidan. Ketika kita merasa cemas, tubuh membutuhkan vitamin C untuk membantu melindungi sel-sel kita.

Dengan mengonsumsi blueberry ketimbang camilan tidak sehat lainnya, tubuh  dapat meningkatkan sel-sel dan membantu menurunkan rasa cemas.

3 dari 8 halaman

2. Almond

Karena penting bagi kadar serotonin dalam otak kita untuk tetap pada tingkat yang sesuai, memilih makanan yang meningkatkan kadar serotonin dapat berdampak baik bagi kesehatan mental kita.

Magnesium yang tidak memadai dalam tubuh kita dapat mengurangi meningkatkan hormon serotonin. Hormon serotonin memengaruhi suasana hati dan dapat berperan dalam fungsi tubuh lainnya

Dalam 1 ons almond mengandung 75 mg magnesium yang memiliki banyak nutrisi untuk tubuh. Ketika kalian menginginkan camilan, pertimbangkan untuk memilih almond ketimbang makanan renyah lainnya seperti kue atau keripik.

Kacang-kacangan lainnya juga menyumbangkan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

4 dari 8 halaman

3. Salmon

Asam lemak omega-3 telah terbukti efektif dalam hal mengurangi kecemasan. Dalam hal ini, makanan dengan omega-3 mengandung asam lemak penting seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Baik EPA dan DHA, kedua nutrisi ini meningkatkan fungsi otak yang sehat dan mengatur neurotransmiter.

Salah satu lemak yang bermanfaat, omega-3, dapat ditemukan pada salmon dan ikan lainnya seperti sarden dan banyak ikan laut lainnya. Memilih salmon daripada steak bisa menjadi salah satu langkah pertama yang kalian ambil untuk mengurangi kecemasan yang dimiliki.

Makanan lain yang kaya akan asam lemak omega-3 adalah kedelai dan biji chia.

5 dari 8 halaman

4. Dark Chocolate

Ya, kalian menebaknya dengan benar. Cokelat hitam alias dark chocolate dapat membantu mengatasi kecemasan.

Menggabungkan triptofan asam amino dalam jumlah tinggi serta magnesium, cokelat hitam adalah salah satu makanan penutup yang dapat kalian jadikan camilan karena cokelat hitam dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Meskipun menyediakan gula tambahan, cokelat hitam masih merupakan pengganti yang bagus untuk pilihan makanan yang dapat mengurangi gangguan kecemasan.

Ketika memilih cokelat hitam, semakin tinggi persentasenya, semakin baik manfaat yang didapatkan. Cobalah untuk menargetkan 70 persen atau lebih pada saat kalian memilih pilihan cokelat hitam yang akan kalian konsumsi.

6 dari 8 halaman

5. Yogurt

Meningkatkan kesehatan otak dapat dilakukan dengan mengonsumsi mengonsumsi produk makanan fermentasi? Itu benar.

Dengan banyaknya produk susu yang menghasilkan efek anti-inflamasi, tidak mengherankan mengapa yogurt begitu populer di kalangan orang-orang dari segala usia.

Yogurt mengandung bakteri sehat yang dikenal sebagai Lactobaccilus dan Bifidobacteria. Bakteri-bakteri ini bermanfaat bagi otak, seperti halnya makanan fermentasi.

Makanan fermentasi lain yang dapat kalian pertimbangkan sebagai makanan yang membantu dalam meringankan kecemasan adalah keju, kimchi, dan asinan kubis.

7 dari 8 halaman

6. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang populer membawa banyak aspek sehat ke dalam tubuh.

Kaya akan magnesium dan vitamin B, alpukat bisa jadi pilihan terbaik jika ingin memakan buah kaya nutrisi dan vitamin untuk meningkatkan kesehatan otak. 

Karena vitamin B memiliki efek positif pada sistem saraf, makan alpukat dapat membantu mengatasi kecemasan dan stres.

Ada banyak cara untuk memakan alpukat, dari jus buah hingga olesan untuk roti. Selain itu, buah alpukat dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara yang memang kalian inginkan.

8 dari 8 halaman

7. Telur

Kalian mungkin pernah mendengar orang lain berkata kepada kalian, "Pergilah ke luar untuk berjemur dan menyerap vitamin D." Meskipun matahari adalah sumber vitamin D yang sangat baik, kita tidak bisa melupakan telur.

Telur menyediakan asam amino yang penting bagi tubuh karena telur kaya akan vitamin D dan protein. Asam amino dan triptofan membantu memproduksi serotonin yang pada akhirnya akan mengatur suasana hati kalian dan dapat mengurangi kecemasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.