Sukses

7 Cara Agar Rumah Tetap Wangi dan Segar, Bikin Nyaman dan Betah

Liputan6.com, Jakarta - Rumahmu memiliki bau tak sedap? Anda mungkin tidak menyadarinya karena Anda tinggal di sana, tetapi baunya dapat dicium oleh tamumu begitu mereka masuk ke rumah Anda.

Tamumu mungkin saja terkena bau menyengat yang mungkin tidak tercium oleh hidung Anda. Itulah sebabnya Anda harus memastikan bahwa rumahmu selalu berbau harum.

Bau rumah sangat berkaitan dengan seberapa bersih rumah Anda. Kebersihan lebih dari sekadar menyapu rumah secara teratur atau membersihkan debu pada perabotan.

Ada hal-hal lain yang harus Anda lakukan untuk memastikan bahwa bau di sekitar rumah Anda setidaknya menyenangkan.

Ada beberapa hal yang bisa membuat rumahmu berbau, seperti usia rumah, memiliki hewan peliharaan di dalam rumah, memiliki anak kecil, dan lainnya.

Namun, tidak ada satu pun dari bau-bau tersebut yang mustahil untuk dihilangkan. Dengan begitu, berikut adalah cara-cara untuk menjaga rumah Anda tetap wangi, seperti melansir dari Health Guide, Senin (5/12/2022).

1. Buka Jendela

Tempat pertama untuk memulainya adalah dengan membuka jendela rumahmu agar udara bisa masuk dari luar. Menutup jendela dan pintu bisa membuat ruangan menjadi pengap.

Hal ini akan mencegah bau-bau yang tidak sedap keluar dan juga menjaga udara segar yang baik agar tidak tersaring ke dalam rumah Anda.

Ketika Anda bangun di pagi hari, bukalah jendela di sekitar rumah. Saat memasak, biarkan jendela dapur tetap terbuka agar bau masakan keluar, bukannya beredar di dalam rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Buanglah Sampah dengan Benar

Hal lain yang harus dilakukan adalah membuang sampah di sekitar rumah dengan benar. Kumpulkan kotoran dan sampah lainnya dari sekitar rumah dan buanglah dengan benar.

Tidak ada gunanya meninggalkan sampah tergeletak di sekitar atau di dalam rumah Anda, hal itu hanya akan mengacaukan bau rumah Anda.

3. Keringkan Pakaian atau Sepatu Anda dengan Benar

Sepatu dan pakaian basah berkontribusi pada bau apek yang mungkin Anda rasakan di sekitar rumahmu. Itulah mengapa Anda harus memastikan bahwa Anda mengeringkan sepatu dan pakaian Anda dengan benar sebelum membawanya masuk.

Jika Anda mencuci pakaian dan tidak kering pada malam hari, carilah tempat untuk menyimpannya pada malam hari dan bawa keluar untuk dikeringkan keesokan harinya. Jangan menyimpan pakaian basah di lemari pakaian. Hal yang sama berlaku untuk sepatu Anda. 

3 dari 4 halaman

4. Bersihkan Kulkas

Lemari es Anda mungkin bertanggung jawab atas bau tak sedap di sekitar rumah. Hal ini mungkin terjadi setelah pemadaman listrik dalam waktu lama atau ketika Anda menyimpan barang-barang tertentu di dalam kulkas.

Itulah mengapa Anda harus meluangkan waktu, setidaknya seminggu sekali untuk membersihkan kulkas dengan benar. Keluarkan apa pun yang Anda rasa dapat menambah bau tidak sedap. Bersihkan semua air kotor yang ada di bagian bawah lemari es. Pastikan untuk menjaganya tetap rapi. 

5. Gunakan Pembersih Udara

Menggunakan pembersih udara atau air purifier menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan bau yang tertinggal dan bau tidak sedap di rumah. Air purifier mampu menghilangkan bau masakan, bau dari hewan peliharaan, dan bau-bau lain yang mengganggu di rumahmu.

Air purifier bekerja dengan menyaring udara di rumah Anda dan menjebak partikel seperti debu atau bulu hewan peliharaan. Alat ini memiliki filter karbon aktif yang memerangkap dan menetralkan sebagian besar bau di rumahmu.

4 dari 4 halaman

6. Gunakan Pengharum Ruangan

Menggunakan pengharum udara akan membuat rumah Anda tetap wangi dan segar. Pastikan untuk memilih yang terbuat dari produk alami. Untuk itu, Anda mungkin harus memilih pengharum udara buatan tangan atau lokal daripada yang dibuat oleh merek-merek besar.

Pengharum ruangan memiliki wewangian yang berbeda, sehingga Anda selalu dapat menemukan yang paling Anda sukai. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menjaga rumah Anda tetap wangi.

7. Membakar Lilin Beraroma

Membakar lilin beraroma juga dapat meningkatkan aroma rumah Anda. Sama seperti penyegar udara, lilin beraroma hadir dalam berbagai varian. Tapi tidak peduli yang mana yang Anda pilih, membakarnya akan selalu meningkatkan wangi di rumah Anda.  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS