Sukses

8 Cara Menghargai Orang Lain, Dimulai dari Hal yang Simpel

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjaga hubungan baik dengan orang di sekitar, tentu kamu harus menghargai orang lain sebagaimana mereka baik padamu.

Sebab, sebagaimana fitrahnya manusia yang terlahir sebagai makhluk sosial, hidup baru terasa lengkap jika memiliki orang di sekitar kita. Baik itu sahabat dekat, teman-teman, dan juga keluarga, semuanya merupakan orang penting yang hubungan baiknya harus dijaga. 

Kemampuan menghargai orang lain sangat penting dimiliki. Hal ini akan mengurangi konflik dalam menjalankan hubungan sosial dengan orang lain.

Cara menghargai orang lain bisa dilakukan dengan mudah, dimulai dengan menjadi pendengar yang baik, peka terhadap sinyal non-verbal hingga menahan komentar tidak perlu dan lainnya.

Setiap orang unik dan punya beragam karakter. Belum lagi ketika perbedaan pendapat atau kepentingan membuat orang menjadi lebih mudah tersinggung.

Padahal, perbedaan adalah hal yang tak terhindarkan. Tetaplah fokus pada respek dan berusaha mendengarkan orang lain. Resapi juga bahwa wajar jika setiap orang memiliki perbedaan.

Bahkan, itu adalah hak tiap individu untuk memiliki perbedaan pandangan atau perspektif. Apa yang menjadi pilihan mereka di luar kendali kita. Hanya saja, menghargai orang lain tetap ada di tangan kita.

Dilansir dari Happierhuman, Jumat (2/12/2022), berikut ini cara menghargai orang lain agar hubungan sosial terjalin dengan baik.

1. Menjadi Pendengar yang baik

Saat orang lain sedang berbicara, dengarkan dan pikirkan apa maksud pembicaraan tersebut sebelum kamu menanggapi, membentuk pendapat sendiri, atau bahkan membantah pendapat orang tersebut.

Kamu boleh saja tidak setuju dengan apa yang dikatakan orang lain dan itu benar-benar tidak masalah. Tapi, kamu harus menunggu giliran, memperhatikan, dan menghindari mengambil kesimpulan terlalu dini, tanpa jadi pendengar yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Utamakan respek

Respek harus menjadi bekal utama saat berinteraksi sosial dengan orang lain. Pandangan mereka beragam, perbedaan itu pasti ada.

Setiap individu punya pikiran, perasaan, rencana, impian, dan perspektif yang berbeda-beda. Hanya saja, utamakan respek dan posisikan orang lain sama dengan diri sendiri. Perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin didengarkan.

3. Perhatikan bahasa tubuh

Terkadang, bahasa tubuh bisa berbicara lebih lantang ketimbang sekadar kata-kata. Contohnya apabila lawan bicara terus menerus mundur ketika berbincang dengan kita, mungkin posisi kita terlalu mendominasi atau sudah masuk ke ruang personal mereka.

Lagi-lagi diperlukan kepekaan untuk tahu cara menghargai orang lain, dalam hal ini bagian lawan bicara secara langsung. Tetap tekankan respek dan jangan abai dengan bahasa tubuh orang lain.

3 dari 4 halaman

4. Terima dan apresiasi apapun yang diberikan padamu

Jika kamu ingin benar-benar menghargai orang di sekitarmu, maka mulailah dari menerima pemberian mereka dengan tulus. Tidak hanya mengucapkan terimakasih saja, tapi pastikan kamu juga mengapresiasi pemberian mereka. 

Hal ini memang kelihatannya sederhana, tapi bagi orang yang benar-benar tulus memberi sangatlah berharga baginya. Karena tidak semua orang menginginkan balasan setimpal atas pemberiannya, tapi dihargai dan diapresiasi saja sudah cukup membuat mereka bahagia dari memberi. 

5. Jaga perasaan mereka dengan tidak berperilaku sembarangan

Cara selanjutnya untuk menghargai orang di sekitarmu tentu saja dengan tidak berperilaku sembarangan. Menjaga tutur kata dan sikapmu pada mereka, hal ini merupakan hal dasar dalam etika berhubungan sosial. 

Jangan menjadikan kelemahan orang menjadi candaan, memilih kata-kata baik, bersikap ramah dan bersahaja untuk satu sama lain. Hal-hal sederhana seperti itu sebenarnya membuat orang lain merasa dihargai olehmu dan membuat mereka betah bersamamu. 

4 dari 4 halaman

6. Berikan pujian dan terima kasih

Jangan pelit memberikan pujian, apalagi untuk hal-hal yang memang pantas dipuji. Kalau kamu saja senang dipuji, orang lain juga pasti merasakan hal yang sama.

Begitu juga dengan ucapan terima kasih, jangan perhitungan saat melakukannya. Bantuan sekecil apa pun patut mendapatkan ucapan terima kasih, yang sebaiknya dilakukan dengan tulus.

7. Tahan komentar tidak perlu

Terkadang orang bisa tersinggung hanya karena komentar selewat dari orang lain. Jika ingin tahu cara menghargai orang lain, sebaiknya tahan komentar tidak perlu apabila tidak diminta.

Contohnya komentar ketika melihat cara orang lain mengasuh bayinya hingga komentar seputar status orang lain yang belum menikah atau punya anak.

Lagipula, komentar tidak perlu hanya akan membuat orang lain tersinggung. Tidak ada manfaat dari komentar tersebut. Selama tidak bisa ditanya dan bisa berkomentar sesuai kapasitas, sebaiknya tetap diam.

8. Biarkan orang lain hidup dengan caranya

Kamu tidak suka dengan cara hidup seseorang? Ya, tidak masalah. Asalkan rasa tidak suka tersebut tidak membuatmu jadi membencinya atau bahkan mengaturnya agar hidup sesuai dengan caramu.

Ini namanya kamu sudah tidak menghargai dirinya sebagai seorang manusia. Kembali ke poin sebelumnya, kalau dia melakukan kesalahan, beritahukan secara baik-baik agar dia mengerti dan bisa memperbaikinya.

Bisa dibilang, cara terakhir ini paling sulit dilakukan karena saat ini sepertinya semakin banyak orang yang ingin menyetir hidup orang lain dan bersikap seperti cara hidupnya yang paling benar

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS