Sukses

Serba Serbi Piala Dunia 2022: Ini 15 Pencetak Gol Internasional Terbanyak Sepanjang Sejarah

Top 15 pemain dengan cetakan gol internasional terbanyak, termasuk di ajang Piala Dunia, siapakah mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia merupakan perhelatan sepak bola paling dinantikan oleh semua pecinta bola. Kali ini, Piala Dunia 2022 diselenggarakan di Qatar, yang menjadi negara Timur Tengah pertama, tempat digelarnya Piala Dunia.

Sepanjang 92 tahun penyelenggaraannya, telah banyak kisah dan momen yang diukir di setiap Piala Dunia. Termasuk siapa saja orang yang memiliki catatan rekor pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. 

Terlepas dari itu, sepanjang sejarah Piala Dunia dan laga internasional lainnya, ada deretan pemain sepak bola yang mencetak gol internasional terbanyaknya. Berikut adalah 15 pemain sepak bola top yang mencetak gol internasional terbanyak, dikutip dari Goal.com, Jumat (2/12/2022). 

1. Cristiano Ronaldo - Portugal | 118 gol 

Tidak diragukan lagi, sebagai salah satu pemain terbaik di generasinya, Cristiano Ronaldo, telah menulis ulang buku sejarah selama kariernya. 

Pemain berjuluk CR7 ini adalah pencetak gol terbanyak Portugal sepanjang masa dengan jumlah 118 gol. Dia memecahkan rekor pemain Iran Ali Daei yang memiliki 109 gol pada September 2021 dengan dua gol melawan Republik Irlandia.

2. Ali Daei - Iran | 109 gol 

Selama beberapa waktu yang lama, rekor gol internasional terbanyak dalam sepak bola pria dipegang oleh pemain Iran, Ali Daei. Total, Ali Daei mencetak 109 gol untuk Iran melalui 148 pertandingan antara 1993-2006.

Ali Daei merupakan striker yang bermain untuk klub internasional Bayern Munich. Ia mencetak 120 gol untuk Munich. Sementara bersama Timnas Iran, ia ikut tampil di Piala Dunia 1998 dan Piala Dunia 2006. 

Ali Daei adalah predator di depan gawang lawan. Namun karier di klub tidak semewah kariernya bersama Timnas Iran yang ia mulai pada pertengahan 1993. (Foto: AFP/Behrouz Mehri)

3. Lionel Messi - Argentina | 93 gol 

<p>Bintang Argentina Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Meksiko dalam pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Minggu (27/11) dini hari WIB. Argentina menang 2-0. (AP Photo / Ariel Schalit)</p>

Superstar Paris Saint-Germain, Lionel Messi, telah memenangkan dua trofi di panggung internasional bersama Argentina, yakni Copa America dan Finalissima.

Messi juga merupakan pencetak gol terbanyak di negara itu, setelah menyalip pemain kawakan Gabriel Batistuta pada tahun 2016.

4. Mokhtar Dahari - Malaysia | 89 gol 

Mokhtar Dahari mencetak gol pada partai final sepak bola SEA Games 1979 antara Indonesia melawan Malaysia pada 30 September di Senayan. (Utusan)

Mokhtar Dahari bermain antara tahun 1972 dan 1985. Ia dianggap sebagai salah satu striker paling legendaris dalam sejarah sepak bola Malaysia. Mokhtar Dahari mencetak 89 gol sepanjang karier internasionalnya.

Bahkan pria berjuluk SuperMokh ini bersama Timnas Malaysia juga mengalahkan Arsenal 2-0 saat klub sepak bola Inggris tersebut berkunjung untuk laga persahabatan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5. Ferenc Puskas - Hongaria & Spanyol | 84 gol

Legenda Real Madrid, Ferenc Puskas, adalah salah satu 'Magical Magyars' Hongaria selama tahun 1950-an dan sepak terjang untuk negaranya telah mengukuhkan posisi Puskas sebagai ikon di Budapest dan sekitarnya.

Puskas mencetak 84 gol dalam 85 pertandingan untuk Hungaria. Ia kemudian bermain untuk Spanyol pada awal 1960-an.

Namun, pengalamannya di Spanyol berdampak pada rasio golnya terhadap permainan karena ia gagal mencetak gol dalam empat penampilan untuk La Roja.

6. Sunil Chhetri - India | 84 gol

Sunil Chhetri, penyerang andalan Timnas India. (Liputan6.com/Sokka)

Meski tidak ikut Piala Dunia 2022, India memiliki salah satu pencetak gol terbanyak di dunia. Ia adalah Sunil Chhetri, pencetak gol terbanyak sepanjang masa di India dengan capaian 84 gol. Sunil Chhetri juga memegang rekor penampilan tim nasional terbanyak.

7. Ali Mabkhout - UEA | 80 gol

Penyerang Uni Emirat Arab, Ali Mabkhout, menjadi sosok sentral di lini depan sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP/Karim Jaafar)

Legenda Al Jazira, Ali Mabkout, adalah seorang finisher yang baik. Selain menjadi salah satu pencetak gol terbaik klubnya, ia juga merupakan pencetak gol internasional terbanyak Uni Emirat Arab sepanjang masa dengan jumlah jebolan bola ke gawang sebanyak 80 gol.

8. Godfrey Chitalu - Zambia | 79 gol

Godfrey Chitalu. (Twitter)

Godfrey Chitalu adalah pesepak bola internasional Afrika paling produktif sepanjang masa, setelah mencetak 79 gol dalam 108 pertandingan untuk Zambia.

Bintang klub Kabwe Warriors ini beralih ke dunia kepelatihan setelah gantung sepatu. Namun, pada 1993, ia bersama 25 anggota tim Zambia dan 3 ofisial meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat yang ditumpangi saat menuju Dakar.

Sejatinya, Godfrey Chitalu dan tim asuhannya akan bertanding melawan timnas Senegal untuk kualifikasi Piala Dunia 1994.

3 dari 4 halaman

9. Hussein Saeed - Irak | 78 gol

Dengan 78 gol, Hussein Saeed adalah pencetak gol terbanyak Irak sepanjang masa dan dia mencapai angka itu dalam 137 pertandingan untuk negaranya.

Hussein Saeed menghabiskan seluruh kariernya bersama Al-Talaba dan bermain di Piala Dunia 1986 serta tiga Olimpiade (1980, 1984, dan 1988).

10. Pele - Brasil | 77 gol

Legenda sepak bola asal Brasil, Pele, pada sebuah seremoni di Rio de Janeiro, Brasil (6/2/2010).  (EPA/Marcelo Sayao)

Dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik yang pernah bermain, Pele memiliki 77 gol yang mengesankan dalam 92 penampilan untuk Brasil.

Dia bermain di empat edisi Piala Dunia, memenangkan tiga Piala Dunia dan tetap menjadi pencetak gol terbanyak bagi Selecao hingga hari ini.

11. Robert Lewandowski - Polandia | 77 gol

Pemain Barcelona itu mencetak gol pada menit ke-82. Memanfaatkan kesalahan Abdulelah Al Malki yang melakukan blunder di depan gawang, Al Malki gagal mengendalikan laju bola yang kemudian direbut Lewandowski. (AP/Francisco Seco)

Salah satu penyerang terhebat di generasinya, Robert Lewandowski membuat dirinya menjadi perbincangan dengan gol-golnya untuk Borussia Dortmund dan Bayern Munich.

Permainan indah tersebut ia aplikasikan juga di panggung internasional bersama Timnas Polandia. Lewandowski sekarang menjadi bagian dari klub raksasa La Liga, Barcelona.

Ia juga mencetak gol pertamanya di Piala Dunia saat berlaga melawan Arab Saudi dalam penyisihan babak grup Piala Dunia 2022 di Qatar. 

12. Sandor Kocsis - Hungaria | 75 gol

Nandor Hidegkuti (kiri), Sandor Kocsis (tengah), dan Ferenc Puskas (kanan) menjadi trio Hungaria yang ditakuti pada era 1940-1950-an. (dok. Bozsik)

Selain Ferenc Puskas di tahun 1950-an, Hungaria juga punya Sandor Kocsis sebagai pencetak gol utama mereka.

Mantan pemain Barcelona ini mencetak 75 gol yang luar biasa dalam 68 pertandingan untuk Magyars dalam karier internasional yang hanya berlangsung selama delapan tahun.

4 dari 4 halaman

13. Neymar - Brasil | 75 gol

Untuk waktu yang lama, tidak terbayangkan bahwa ada orang yang akan mendekati rekor sepanjang masa Pele untuk Brasil yang berhasil mencetak 80 gol untuk negaranya. 

Namun, kini Neymar Jr tampaknya mendekati rekor Pele. Bagaimana pun, Neymar, meningkatkan standar untuk generasi modern Brasil dengan cetakan 75 gol.

Gol internasional yang diraihnya tersebut membuat sang penyerang Paris Saint-Germain ini terbukti menjadi jimat bagi negaranya.

14. Kunishige Kamamoto - Jepang | 75 gol

Kunishige Kamamoto adalah salah satu striker terbaik dalam sepak bola Jepang dengan 75 gol dalam 76 penampilan untuk negaranya.

Capaian tersebut membuatnya sebagai salah satu pencetak gol internasional paling produktif sepanjang masa.

Kamamoto bermain untuk Samurai Blue dari tahun 1964 hingga 1977 dan tahun terbaiknya adalah tahun 1972, ketika ia mencetak 15 gol dalam delapan pertandingan.

15. Bashar Abdullah - Kuwait | 75 gol

Bashar Abdullah muncul sebagai salah satu pemain kunci Kuwait selama akhir 1990-an dan awal 2000-an. Ia menuliskan namanya ke dalam buku rekor dengan mencetak rekor 75 gol untuk negaranya.

Abdullah juga tampil di tiga Piala Asia untuk Kuwait dan bahkan bermain di Olimpiade 2000.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.