Sukses

8 Cara Ampuh Usir Bad Mood, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta - Istilah bad mood digambarkan dengan suasana hati buruk yang terjadi sebagai reaksi seseorang terhadap hal negatif yang menimpa dirinya.

Kalian pasti pernah merasa jengkel yang mengakibatkan kehilangan gairah sepanjang hari. Bad mood dapat disebabkan melalui berbagai macam faktor, seperti stres, kelelahan, penolakan dan lain-lain.

Perasaan ini dapat timbul secara tiba-tiba dan menyebabkan seseorang tak ingin berbicara dengan banyak orang. Bahkan, dirinya pun cenderung emosi ketika diajak berinteraksi.

Dilansir dari Realbuzz, Kamis (1/12/2022), ketika seseorang mengalami frustasi, mereka akan menciptakan suasana buruk pada hatinya. Kebanyakan orang sulit untuk mengontrol emosi dan mengatasi kondisi ini.

Manusia butuh berinteraksi dengan banyak orang, namun kadang kala berada di tengah kerumunan dapat menyebabkan seseorang mudah bad mood.

Mengapa demikian? Hal ini mungkin terjadi karena orang tersebut kurang bisa berbaur dan tak nyaman dengan orang di sekitarnya.

Bad mood tak boleh menghalangi aktivitasmu, cobalah untuk mengatur emosi lebih baik. Kalian bisa melakukan cara di berikut ini untuk mengatasi suasana hati buruk.

1. Berbagi Cerita dengan Teman

Jika kalian mengalami suasana hati yang buruk, cobalah ketahui apa penyebab awalnya. Setelah mengetahuinya, kalian bisa membagikan permasalahan tersebut dengan teman yang dapat dipercayai.

Sederhananya, lakukan interaksi dengan teman kalian agar suasana hati kembali membaik. Sejumlah orang akan merasa lebih baik saat bertemu dengan temannya. Hal ini dikarenakan, teman akan membawa keceriaan dengan begitu kalian akan melupakan permasalahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Dengarkan Musik Favorit

Setiap orang tentu menyukai genre musik yang berbeda-beda, mulai dari pop, rock dan lain sebagainya. Mendengarkan musik saat bad mood membantu memperbaiki suasana hati agar lebih baik.

Kadang kala, kalian membutuhkan waktu sendiri tanpa gangguan orang lain untuk memperbaiki suasana hati.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara mendengarkan musik dan memilih lagu yang kalian sukai. Cara ini dinilai mampu meningkatkan semangat dan mengatasi bad mood.

3. Lawan Bad mood dengan Berolahraga

Olahraga dipercaya sanggup membantumu keluar dari perasaan buruk. Saat berolahraga, kalian secara tidak langsung akan melepaskan hormon endorfin. Dengan begitu, tubuh akan memberikan sinyal ke otak agar menghasilkan suasana positif.  

4. Makan Cokelat Mampu Memperbaiki Suasana Hati

Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui manfaat dari cokelat. Sejumlah orang percaya mengonsumsi cokelat dapat memperbaiki suasana hati. Hal ini dikarenakan, cokelat dapat melepaskan hormon serotonin.

Oleh karena itu, tak heran jika bad mood, orang akan memberikan rekomendasi kepada kalian untuk mengonsumsi cokelat.

3 dari 4 halaman

5. Hindari Penyebab Bad Mood

Terkadang suasana hati buruk terjadi akibat ulah seseorang. Perilaku orang lain terhadap dirimu mungkin dapat menguras energi dan meninggalkan kesan buruk. Cobalah untuk menghindari sumber permasalahan agar emosi tidak memuncak.

6. Lakukan Interaksi Positif

Menghindar untuk tidak berinteraksi dengan sumber masalah bukanlah satu-satunya cara mengatasi bad mood. Jika kalian tak terbiasa sendiri, kalian bisa berinteraksi dengan orang lain yang mampu memberikan afirmasi positif.

Temukan mereka yang mampu meningkatkan semangat dengan humor-humor recehnya. Ini dapat mengatasi suasana hati yang buruk, karena mungkin kamu akan tertawa ketika mendengar leluconnya.

Selain itu, kalian pun dapat melakukan hal positif seperti membaca buku, olahraga dan lainnya. Jika memungkinkan, luangkan sedikit waktu untuk tidur. Mungkin saja suasana hati yang buruk terjadi akibat kelelahan, maka dari itu atasi dengan sedikit istirahat dan memejamkan mata.

4 dari 4 halaman

7. Habiskan Waktu dengan Hewan Peliharaan

Sebuah penelitian mengungkap, hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan suasana hati. Contoh saja, saat hewan peliharaanmu melakukan hal lucu nan menggemaskan. Kalian akan tertawa melihat tingkah uniknya.

Sejumlah orang akan meluangkan waktu untuk bermain bersama hewan peliharaannya. Mengelus binatang kesayangan pun diketahui dapat membuat hati lebih tenang.

8. Pikirkan Hal Menyenangkan

Saat suasana hati sedang tak menentu, coba pikirkan hal yang membuatmu bahagia. Bayangkan hal positif dan singkirkan pengalaman buruk dapat mengatasi bad mood yang melada.

Jika dirasa belum cukup, kalian bisa meminta dukungan dari orang terdekat, seperti teman dan keluarga. Dukungan menjadi salah satu penyemangat yang dapat memperbaiki kondisi hati.

Membuka galeri di ponsel mungkin akan membantu kalian menemukan kenangan manis yang pernah terlewatkan sebelumnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS