Sukses

MAMA 2022: BTS Cetak Sejarah Baru Untuk Daesang ke-71 dan Salam Perpisahan Jin Sebelum Wamil

Liputan6.com, Jakarta- Ajang penghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA Awards 2022) kali ini dilaksanakan di Kyocera Dome Osaka, Jepang. Dipandu soloist, Jeon Somi, ajang penghargaan ini dilaksanakan dalam dua malam, pada Selasa, 29 November dan Rabu, 30 November 2022.

Satu hal yang paling menarik dari MAMA 2022 adalah penghargaan MAMA Platinum yang diberikan langsung kepada BTS dan Jin BTS yang muncul sebagai ‘cameo’ saat acceptance speech MAMA Platinum.

MAMA Platinum diberikan pertama kali untuk BTS pada MAMA 2022 kali ini karena BTS merupakan boygrup pertama yang berhasil menyapu bersih semua kategori Daesang (penghargaan utama) selama empat tahun berturut-turut. MAMA Platinum merupakan kategori Daesang dari Daesang. 

Daesang merupakan penghargaan kehormatan tertinggi bagi artis-artis di industri musik dan merupakan penghargaan paling didambakan oleh seluruh artis. Daesang mennjukkan apakah upaya artis tersebut diakui atau tidak di tahun tersebut. 

Pada MAMA kali ini, BTS menerima Yogibo Artist of the Year, Yogibo Album of the Year, dan Yogibo Worldwide Icon of the Year di antara empat Daesang. BTS juga menyapu bersih semua penghargaan utama, termasuk penghargaan Best Male Group dan Worldwide Fans' Choice Top 10, mengutip Allkpop, Kamis (1/12/2022).

Daesang MAMA ini menjadi Daesang ke-70 bagi BTS dan lagi-lagi BTS mencetak sejarah sebagai boygrup Korea pertama yang memiliki 70 Daesang sepanjang 9 tahun perjalanan karirnya di industri musik global. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Daesang ke-70

BTS mulai mendulang Daesang sejak 2016 sebagai Artist of The Year. Dilanjut pada 2018 BTS mulai menyapu bersih semua Daesang untuk album Love Yourself: Tear.

Lalu, pada 2019, album baru Map of The Soul: Persona dan lagu Boy With Luv juga meraih Daesang. Pada 2020 dan 2021 BTS juga meraih Daesang dan menyapu bersih semua Daesang di MAMA. Bahkan, setiap tahunnya, BTS setidaknya membawa pulang 4 trophy Daesang dari MAMA Awards. 

Hingga kini, terhitung, BTS telah memiliki 70 Daesang, belum termasuk Daesang of Daesangs (Penghargaan MAMA Platinum). 

BTS merupakan satu-satunya dan yang pertama melakukan ini sepanjang sejarah karir musik sebuah boygrup di Asia bahkan Global.  

Selain BTS, anggota BTS pun menyapu bersih beberapa penghargaan di MAMA 2022. JHope mendapatkan Bibigo Culture and Style dan The Most Popular Male Artist. Ada juga Suga yang mendapatkan Best Dance Performance Solo dan Best Collaboration untuk lagu kolaborasinya bersama dengan PSY That That.

3 dari 4 halaman

Acceptance Speech

Berbeda dengan MAMA dua tahun lalu, ketujuh member BTS tidak dapat menghadiri MAMA kali ini kecuali J-Hope. 

Mewakili keenam membernya, J-Hope mengatakan bahwa ia dan BTS berterima kasih atas penghargaan ini dan akan selalu melakukan yang terbaik kedepannya khususnya dalam aktivitas-aktivitas solo para member BTS.

“2022 merupakan tahun yang paling sulit untuk BTS. Semua member flashback akan masa-masa lampau dan kini tumbuh masing-masing dengan cara mereka sendiri. Banyak momen kita lalui bersama dan itu akan selalu kita kenang selamanya,” ujar J-Hope pada acceptance speech MAMA Awards 2022. 

J-Hope juga menunjukkan dukungannya untuk aktivitas-aktivitas solo para member BTS yang satu per satu mulai muncul. Salah satunya adalah album RM yang akan dirilis pada 2 desember esok.

“ARMY exist and so BTS exist. Love You!” tutup J-Hope.

4 dari 4 halaman

Salam Perpisahan Jin

Saat menerima penghargaan utama MAMA Platinum, giliran Jin hadir sebagai cameo untuk menyampaikan acceptance speech. 

Melalui telepon, Jin mengatakan dengan antusias rasa syukurnya atas penghargaan yang sangat berharga. Ia berterima kasih kepada ARMY yang sudah bekerja keras dalam perjalanan BTS. 

Di samping itu, pria 30 tahun ini juga sekaligus berpamitan kepada ARMY setelah beredar kabar ia akan pergi wajib militer pada 13 Desember mendatang. 

“Aku tidak akan bisa tampil di publik untuk sementara waktu. Aku akan pergi wajib militer. Tapi, aku akan kembali dengan selamat. Terima Kasih ARMY,” ujar Jin melalui telepon. 

Kemunculan Jin menjadi pembicaraan hangat hingga saat ini karena hingga 2024 nanti, Jin akan melaksanakan wamil dan ARMY tidak dapat berkomunikasi seintens hari ini dengan Jin. 

“Aku tidak bisa berhenti menangis saat Hobi menerima award Artist of The Year untuk BTS. Tapi, aku makin menangis saat BTS menerima Platinum Awards. This is my last straw. Jin, you will be missed,” ujar salah satu ARMY. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS