Sukses

Unggul Lawan Iran, Penggemar Yakin AS Punya Masa Depan Cerah di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Perasaan lega dan kegembiraan yang luar biasa menyelimuti para penggemar Amerika Serikat pada Selasa (29/11) saat timnas Amerika Serikat mengalahkan Iran dengan skor 1-0 dalam pertandingan yang menegangkan untuk mencapai babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sebelumnya AS telah gagal meraih gelar Piala Dunia 2018 secara mengejutkan.

Mengutip Channel News Asia, Rabu (30/11/2022), kegembiraan para penggemar AS tercipta karena sang Captain America, Christian Pulisic, memasukkan bola ke dalam gawang sebagai gol tunggal kemenangan. Para penggemar mengatakan bahwa tim mereka menunjukkan mereka layak berada di panggung terbesar sepak bola.

"Ini (kemenangan) berarti kami memiliki keberadaan internasional yang resmi," kata Mark Allison (34), seorang pria yang ikut nonton bersama di Carlsbad, California.

"10 tahun ke depan untuk sepak bola AS memiliki masa depan yang cerah. Saya belum pernah melihat begitu banyak penggemar sepak bola AS sampai sekarang. AS bersatu sebagai sebuah negara, terlepas dari semua kekacauan di dunia adalah hal yang indah." sambungnya.

Presiden AS, Joe Biden, yang baru saja menyelesaikan pidato di sebuah acara ekonomi di Michigan, kembali menggunakan mikrofon di atas panggung setelah pertandingan berakhir.

"AS, AS, itu pertandingan besar, bung," ucapnya.

"Ketika saya berbicara dengan pelatih dan para pemain, saya berkata, 'Kalian bisa melakukan ini'. Mereka menjawab 'eh'. Mereka melakukannya, Tuhan memberkati mereka," lanjutnya.

AS yang akan menjadi tuan rumah bersama dengan Kanada dan Meksiko pada Piala Dunia 2026, selanjutnya akan melawan Belanda pada Sabtu (3/12). Kemenangan ini menjadi hadiah yang memuaskan selama delapan tahun yang dinantikan warga negara AS untuk melihat negaranya kembali ke Piala Dunia.

"Kami tidak lolos ke Piala Dunia terakhir kali dan sekarang untuk maju ke depan sangatlah besar," ungkap Faith Enenbach (30), seorang pria yang menyaksikan pertandingan di Fire Pitch Chicago.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hasil Piala Dunia 2022: Gol Christian Pulisic Bawa Paman Sam ke 16 Besar

Amerika Serikat lolos ke 16 besar setelah menaklukkan Iran 1-0 pada laga pamungkas Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Rabu (30/11/2022) dini hari waktu Indonesia barat.

Di awal laga, Amerika Serikat langsung mengontrol permainan dengan mengandalkan Christian Pulisic, yang bermain di belakang duet penyerang Timothy Weah, dan Josh Sargent.

Menit 11 sundulan Pulisic mengarah ke gawang, tetapi masih lemah dan dengan mudah bisa diamankan kiper Iran, Alireza Beiranvand, yang kembali diturunkan pelatih Carlos Queiroz.

Alireza Beiranvand kembali melakukan penyelamatan untuk membuat gawangnya tetap aman, ketika menghalau bola crossing Sergino Dest yang diarahkan kepada Timothy Weah.

Di menit 27, Timothy Weah mendapat peluang dari bola liar tembakan Josh Sargent yang diblok pemain Iran, mengarah kepadanya. Meski dalam posisi bebas, tetapi sundulan Weah, masih lemah dan tidak merepotkan Alireza. Timothy Weah kembanli mengancam gawang Iran pada menit 33. Sayang tembakan keras penyerang Lille itu, masih melambung di atas gawang.

Di lain sisi, Iran sepanjang babak pertama, lebih banyak mengandalkan serangan balik dengan mengandalkan duet Mehdi Taremi dan Sardar Azmoun di depan.

Amerika Serikat akhirnya memecah kebuntuan pada menit 38 melalui Pulisic yang mencetak skor setelah memaksimalkan umpan sundulan Sergino Dest. Tetapi Pulisic tidak merayakannya karena dia terkapar dan kesakitan akibat berbenturan dengan Alireza.

Jelang babak pertama berakhir, Timothy Weah, memperdaya Alireza dengan sontekannya dan menempatkan bola dengan baik hingga masuk gawang. Tetapi gol Weah dianulir karena sudah berdiri dalam posisi offside.

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain Iran vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022: Kiper Utama Team Melli Kembali Starter

Iran meladeni Amerika Serikat pada laga pamungkas Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Rabu (30/11/2022) mulai pukul 02.00 WIB. Kedua tim sudah mengumumkan daftar starting XI.

Pertandingan Piala Dunia ini dapat disaksikan melalui siaran langsung di stasiun televisi SCTV dan Moji, aplikasi OTT Vidio, serta jaringan TV satelit Nex Parabola. 

Pelatih Iran Carlos Queiroz kembali mempercayakan Alireza Beiranvand di bawah mistar Team Melli, julukan Timnas Iran. Beiranvand terkena cedera kepala pada laga pertama sehingga harus diganti dan absen pada partai kedua. Sementara duet Mehdi Taremi dan Sardar Azmoun tetap diandalkan di lini depan.

Amerika Serikat juga menurunkan komposisi terbaik. Para pemain berbasis Eropa seperti Matt Turner, Sergino Dest, Tim Ream, Weston McKennie, Christian Pulisic, Timothy Weah, dan Josh Sargent masuk tim utama. 

Namun, belum ada tempat bagi anak ajaim Gio Reyna di starting lineup. Pemain Borussia Dortmund itu harus kembali sabar menunggu di bangku cadangan.

Berikut susunan pemain Iran vs Amerika Serikat di Piala Dunia Qatar:

Iran: Alireza Beiranvand, Ramin Rezaeian, Majid Hosseini, Morteza Pouraliganji, Milad Mohammadi, Ahmad Nourollahi, Saeid Ezatolahi, Ehsan Hajsafi, Ali Gholizadeh, Mehdi Taremi, Sardar Azmoun

Amerika Serikat: Matt Turner, Sergino Dest, Tim Ream, Antonee Robinson, Cameron Carter-Vickers, Yunus Musah, Tyler Adams, Weston McKennie, Christian Pulisic, Timothy Weah, Josh Sargent

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Jadwal 16 Besar Piala Dunia 2022: Belanda vs Amerika Serikat, Inggris vs Senegal

Grup A dan Grup B Piala Dunia 2022 sudah menyelesaikan persaingan. Dari situ diketahui dua pertandingan pada 16 besar Piala Dunia 2022. 

Juara Grup A Belanda bakal menghadapi runner-up Grup B Amerika Serikat. Sementara penguasa Grup B Inggris meladeni runner-up Grup A Senegal. 

Ada tiga negara lain yang sebelumnya sudah mengamankan tempat di 16 besar Piala Dunia Qatar. Mereka adalah Prancis (Grup D), Brasil (Grup G), dan Portugal (Grup H). Namun, posisi tim-tim itu di grup masing-masing belum diketahui dan tergantung hasil laga terakhir.

Belanda menjadi juara Grup A setelah menaklukkan tuan rumah Qatar 2-0, Selasa (29/11/2022). Pasukan Louis van Gaal mengakhiri persaingan dengan mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan.

Senegal mendampingi setelah menyalip Ekuador. Pada duel penentu di waktu bersamaan, Singa dari Teranga meraih kemenangan 2-1.

Pasukan Aliou Cisse lolos setelah memiliki enam angka. Mereka bakal tampil di babak gugur Piala Dunia untuk kali pertama sejak 2002, sebuah capaian penting meski bintang utama Sadio Mane absen akibat cedera jelang bergulirnya turnamen.

Pada Rabu dini hari WIB, Inggris dan Amerika Serikat menyusul memastikan tempat. Inggris jadi juara Grup B usai menghajar Wales 3-0. Anak asuh Gareth Southgate memiliki tujuh angka hasil tiga partai.

Sementara Amerika Serikat merebut posisi dua setelah membungkam Iran 1-0. Negeri Paman Sam menyelesaikan Grup B dengan raihan lima angka, unggul dua nilai atas Iran. 

Lihat jadwal 16 besar Piala Dunia 2022 dan situasi persaingan sementara fase grup di halaman berikut:

Selengkapnya di sini...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS