Sukses

Jokowi: Kemenangan Tim Garuda Jadi Modal Dasar saat Bertanding di Vietnam

Jokowi pun bersyukur tim Garuda menang 1-0 melalui gol yang dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-52. Jokowi juga menilai tim Vietnam bermain baik dalam pertandingan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung kemenangan Indonesia dalam laga sepak bola antara Timnas Indonesia melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam. 

Jokowi pun bersyukur tim Garuda menang 1-0 melalui gol yang dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-52. Jokowi juga menilai tim Vietnam bermain baik dalam pertandingan tersebut.

"Sangat seru. Tim Vietnam juga bermain sangat bagus, tetapi alhamdulillah kita mendapatkan poin, bisa 1-0," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan kemenangan tim Garuda menjadi modal untuk menghadapi laga berikutnya. Setelah laga ini, Indonesia diketahui akan bertandang ke Vietnam pada tanggal 26 Maret 2024 mendatang.

"Saya kira ini menjadi modal besar kita nanti waktu main di Vietnam di tanggal 26 ya," imbuhnya.

Dengan hasil ini, untuk sementara Indonesia bertengger di posisi kedua klasemen sementara Zona Asia Grup F dengan poin 4, hasil dari sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Jokowi pun berharap timnas bisa memetik poin ketika berlaga di Vietnam untuk memperbesar peluang lolos ke fase selanjutnya.

"Ya nanti kita lihat. Kalau di Vietnam bisa menang lagi, berarti lolos" ucapnya.

Sebagai informasi, pertandingan ini adalah ajang kualifikasi untuk Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Pada pertemuan terakhir, Indonesia menang 1-0. Gol penalti Asnawi Mangkualam membawa anak asuh Shin Tae-yong memutus tren minor gagal berjaya dalam enam duel.

Hasil tersebut juga membuat Indonesia unggul tipis dalam rekor keseluruhan versus Vietnam. 

Situs 11v11 menyatakan, Indonesia meraih sembilan kemenangan berbanding delapan milik Vietnam, dengan 11 sisanya berakhir imbang. Sebagai catatan, 11v11 mencantumkan pertemuan di SEA Games hingga 1999 dalam catatan panggung senior.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Masih di Dasar Klasemen

Namun saat ini Indonesia terdampar di dasar klasemen Grup F karena baru mengoleksi satu angka dari dua pertandingan pada putaran kedua penyisihan piala dunia menuju turnamen di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. 

Irak yang berada di dalam satu grup dengan Indonesia dan Vietnam menduduki puncak klasemen dengan raihan enam poin, disusul Vietnam yang memiliki tiga nilai. Nantinya, hanya dua tim teratas yang melaju ke fase ketiga kualifikasi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.