Sukses

3 Posisi Tidur Ini Ungkap Kepribadian, Kamu Termasuk yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Ketika kamu bersiap-siap untuk tidur, mematikan lampu, menarik selimut, dan meringkuk di tempat tidur, bagaimana posisi yang kamu lakukan untuk dapat mengistirahatkan tubuh selama 8 jam ke depan?

Pada titik ini, posisi tidurmu mungkin sudah menjadi kebiasaan yang tidak disadari sudah dilakukan sejak kecil. Kamu mungkin tidak selalu memikirkan arti posisi tidur yang khas, selain hanya keinginan untuk nyaman di saat tidur.

Mengutip situs Jagranjosh, Selasa (29/11/2022), posisi tidur dan kepribadian seseorang ternyata saling berkaitan. Alam bawah sadar yang layaknya pembangkit listrik, memengaruhi bagaimana kita berfungsi sepanjang hari, tak terkecuali bagaimana kita tidur.

Banyak karya perintis, salah satunya Samuel Dunkell, dalam bukunya “Sleep Position” mengemukakan mengenai hubungan antara posisi tidur dan ciri-ciri kepribadian. 

Tak hanya itu, Profesor dan pakar tidur Chris Idzikowski telah mensurvei lebih dari 1.000 orang dewasa di Inggris untuk mengungkap hubungan antara posisi tidur dan kepribadian. Ia menggunakan hasil ini untuk menarik hubungan antara posisi tidur yang umum dan ciri-ciri kepribadian.

Di antara hasil penelitiannya, ia menemukan beberapa fakta, salah satunya yakni posisi janin adalah yang paling umum, terutama di kalangan wanita. Posisi ini dapat dikaitkan dengan rasa malu dan sensitivitas. 

Selain posisi janin, terdapat posisi tidur lain yang kerap menggambarkan kepribadian seseorang. Berikut jenis-jenis posisi tidur lainnya yang kami himpun dari berbagai sumber. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Posisi Tidur Telentang atau Menghadap Atas

Mengutip dari Nectar Sleep, jika posisi tidur kamu seringkali menghadap ke atas, maka berdasarkan kepribadian berarti kamu individu yang senang menjadi pusat perhatian.

Kamu adalah individu optimis yang akan menikmati kebersamaan dengan orang-orang yang berpikiran sama. Ketika kamu berada di dalam ruangan, kehadiranmu memiliki sifat yang kuat dan berani.

Peneliti tidur Chris Idzikowsk membagi posisi telentang ke dalam dua posisi, yakni posisi prajurit dan posisi bintang laut.

Posisi tidur prajurit tidur dengan kaki dan lengan lurus, yang menggambarkan bahwa orang dengan posisi tidur ini biasanya pendiam dan tenang tetapi memegang standar yang tinggi.

Adapun posisi bintang laut tidur dengan lengan dan kaki terbuka atau telentang. Orang yang suka tidur dengan posisi ini adalah pendengar yang baik dan menghargai hubungan persahabatan. Mereka sangat empati, suportif dan suka mendengarkan cerita orang lain.

3 dari 4 halaman

Posisi Tidur Tengkurap atau Menghadap Bawah

Mengutip dari Sleep Foundation, Dunkell mengemukakan bahwa orang yang tidur tengkurap cenderung cemas, impulsif, kompulsif, dan kaku. Demikian pula, para peneliti pada tahun 1980 dan 2002 menemukan bahwa orang yang tidur tengkurap lebih cenderung cemas dan kurang percaya diri.

Seseorang yang menyukai posisi tidur tengkurap lebih memilih untuk menghindari konfrontasi. Menangani kritik juga bukanlah sifat terbaik dari pemilik posisi tidur ini, karena mereka suka mengkritik diri mereka dengan cara terburuk. Itulah mengapa, mendengar kritik dari orang lain membuat mereka tidak nyaman.

Posisi tidur tengkurap juga dapat dikatakan sebagai skydiver, apabila seseorang tidur dengan tangan di atas atau di sekitar bantal dengan kepala menoleh ke satu sisi. Orang yang tidur dengan posisi ini tidak menyukai basa-basi dan tak ragu-ragu untuk menyampaikan pendapatnya secara esktrem.

4 dari 4 halaman

Posisi Tidur Menyamping

Jika kamu menyukai posisi tidur miring, itu berarti kamu tipe orang yang tenang, dapat diandalkan, santai, aktif, dan social butterfly. Seseorang yang menyukai posisi tidur ini mudah beradaptasi, apa pun perubahan atau situasinya.

Secara spesifik, orang yang tidur miring dengan bantal yang dipeluk atau diselipkan di antara kaki mereka, ternyata merupakan individu yang senang membantu. Sebanyak mereka menginginkan bantal untuk dipeluk ketika tidur, mereka ingin memiliki ikatan yang dalam dengan orang dekat, pasangan, atau anggota keluarga.

Adapun bagi mereka yang tidur miring dengan lutut meringkuk ke perut dan satu lengan terselip di bawah bantal atau pipi, ternyata merupakan pemikir alami. Mereka memiliki keselarasan emosi dan dapat bertindak sesuai dengan logika. Meskipun nampaknya mereka terlihat dingin di luar, orang dengan posisi tidur ini memiliki emosi yang mendalam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS