Sukses

Taklukkan Jerman, Suporter Jepang Bersih-Bersih Stadion hingga Rayakan Kemenangan di Shibuya

Atas kemenangan timnas negaranya, suporter Jepang memilih untuk bersih-bersih stadion.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 tak habis-habisnya berikan hasil yang mengejutkan. Setelah sebelumnya Arab Saudi berhasil taklukan Argentina, pada Rabu, 23 November 2022, kini giliran Jepang membekuk Jerman dengan skor 2-1 dalam duel Grup E di Khalifa International Stadium.

Pasalnya, kemenangan bersejarah ini di luar ekspektasi karena Jerman memang dikenal unggul, mengingat Jerman merupakan pihak yang berhasil mencetak gol terlebih dahulu.

Atas kemenangan negaranya, suporter Jepang tentunya merasakan euphoria karena timnas negaranya berhasil taklukan Der Panzer--julukan untuk Timnas Jerman.

Melansir dari BBC UK, Kamis (24/11/2022), kemenangan mereka atas Jerman tak membuat mereka lupa diri. Para penggemar Jepang yang menonton secara langsung di stadion tetap menunjukkan bahwa mereka warga negara yang memiliki sopan santun dan kebiasaan baik yang sudah mendarah daging.

Saat waktu istirahat, tribun stadion olahraga tak jarang dipenuhi dengan nampan dan sisa bungkus makanan kosong yang menunggu untuk dibersihkan orang lain. Namun, beda halnya ketika Samurai ada di sana.

Para suporter yang memiliki tampilan nyentrik untuk menyatakan dukungannya, terpotret bekerjasama meletakkan botol dan sampah lainnya di kantong plastik. Tampak hampir seluruh suporter Jepang membawa kantong sampah untuk mengumpulkan sisa bungkus makanan maupun minuman yang berserakan di tribun stadion.

Adapun sebelumnya, suporter Jepang memang dikenal dengan budaya tertib mereka pada Piala Dunia 2018 lalu, ketika para fans kerap membawa trashbag hitam untuk mengumpulkan sampah sesaat setelah mereka menonton pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi Bersih-Bersih Suporter Jepang

Sebelumnya, para suporter Jepang nampak membersihkan stadion dengan mengambil sisa botol dan bungkus makanan yang tertinggal di kursi penonton. Saat itu, Timnas Jepang belum bermain, tetapi mereka tetap menerapkan budaya yang tidak hanya dilakukan sebagai bentuk perayaan.

Para suporter tampak menelusuri tribun di stadion usai pertandingan perdana Qatar vs Ekuador yang turut membuat seluruh dunia kagum.

Ketika melakukan hal ini pun, mereka tak tampak terbebani. Bahkan, dalam unggahan akun TikTok @tootsespinosa, menunjukkan para suporter Samurai Biru ini mengenakan aksesoris dan kostum yang unik dan tak kalah menarik.

3 dari 4 halaman

Perayaan di Shibuya

Para suporter Jepang yang tak menonton langsung di stadion pun turut merayakan kemenangan dengan cara mereka sendiri.

Salah satu akun Twitter dengan akun @kevinpramudya_, membagikan rekaman ketika para warga negara Jepang melakukan selebrasi atas kemenangan tim nasional mereka.

Peristiwa ini terekam oleh Footage CCTV di Shibuya yang memperlihatkan kerumunan warga negara Jepang ketika merayakan kemenangan di salah satu distrik terkenal Jepang, Shibuya Crossing.

Menariknya, meskipun mereka merayakan kemenangan di tengah jalan Shibuya, mereka tetap menunggu lampu merah sebelum pergi ke tengah jalan agar tak mengganggu lalu lintas.

Nampak, segera setelah lampu hijau menyala, mereka segera menepi untuk dapat memberi jalan pada kendaraan yang lewat.

4 dari 4 halaman

Tak Hanya Suporter

Bukan hanya suporter, para pemain skuad Jepang pun turut memberikan contoh yang luar biasa dari budaya tertib negaranya.

Dibagikan oleh akun Twitter bercentang biru @sportbible, nampak ruangan skuad Jepang yang begitu bersihnya setelah meninggalkan ruang ganti Khalifa International Stadium, Al Rayyan.

“Jepang meninggalkan ruang ganti tanpa noda setelah kemenangan luar biasa di Piala Dunia atas Jerman. Brilian,” keterangan dalam unggahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.