Sukses

Persembahan Tidak Biasa, Ki Joko Bodo Buatkan Candi untuk Anaknya

Ki Joko Bodo yang meninggal pada hari ini pernah membuatkan candi untuk istri dan putrinya. Ini adalah hadiah tak biasa dari ayah dan suami untuk keluarganya

Liputan6.com, Jakarta - Mantan paranormal Agus Yulianto atau yang dikenal sebagai Ki Joko Bodo meninggal dunia pada Selasa, (22/11/2022) di usianya yang ke-58 tahun. Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh sang putri, Ayda Prasasti melalui pesan WhatsApp.

"Iya, betul. Jam 10, 9:57 WIB lah," kata sang putri sambil terisak dilansir kanal Showbiz Liputan6.com.

Ayda juga berpesan agar meninggalnya Ki Joko Bodo itu tidak dikaitkan dengan hal-hal yang tidak jelas kebenarannya. 

"Tapi beritanya jangan dibuat yang enggak-enggak," pinta sang putri untuk mendiang ayahnya. 

Terlepas dari meninggalnya sang mantan paranormal. Ayda pernah menunjukkan bukti perlakuan manis mendiang ayahnya melalui video yang diunggah di akun TikTok-nya, @sasfly.

Dalam video yang diunggah pada Senin, 21 November 2022,  Ayda memperlihatkan sebuah candi. Dia menulis keterangan bahwa candi tersebut adalah buatan ayahnya.

"My biggest flex is dibuatin candi sama ayah," tulis Ayda.

"Memang beda, ga pernah punya cowok bucin, tapi ayahku bucin dengan keluarga. Lemme join the trend ya," tulis Ayda dalam caption video tersebut.

Warganet yang melihat perlakuan manis seorang ayah kepada anaknya itu langsung membanjiri komentar video unggahan Ayda. Beberapa dari mereka menyebut momen yang dibagikan Ayda bagai kisah Roro Jonggrang.

"RORO JONGGRANG VERSI GEN Z😭," tulis akun @stilvecna.

"Roro jonggrang tolong spil bandung bondowoso mu 👍," imbuh akun @anakgembalasapi.

"Aku juga dibuatin candi sama pacarku, namanya candirian," tulis akun @ai.

"Pengen mintaa tapi takut dijadiin candi terakhir," sahut akun @rr.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Candi untuk Sang Istri

Tidak hanya untuk sang putri, mendiang Ki Joko Bodo juga membuatkan candi untuk istrinya. Hal ini ditunjukkan melalui unggahan video lainnya di akun TikTok Ayda.

"Nanti judulnya candi ini dibuat sebagai bentuk kasih sayang ayah kepada anaknya, keren banget," tulis sebuah akun TikTok dalam video tersebut.

Ayda menambahkan bahwa ibunya juga dibuatkan candi oleh sang ayah. 

@sasfly memang beda🥹 gapernah pny cowo bucin tp ayahku bucin dg keluarga. lemme join the trend ya👍🏼 #rumahcandi ♬ original sound - ❦
3 dari 4 halaman

Persembahan untuk Orang Tercinta

Di akun Instagram @kibodo_62, mendiang Ki Joko Bodo sempat mengunggah potret candi tersebut.

"Dahulu saya adalah seorang pemimpi yang ingin membuat apa pun. Dengan tekad serta usaha, candi ini menjadi salah satu karya yang saya persembahkan untuk Istri saya, Imah. Anak-anak saya, Iven, Refo, Sasti, dan Relic. Serta untuk negara ini," tulis Ki Joko Bodo dalam keterangan foto yang diunggah pada 17 Januari 2022.

4 dari 4 halaman

Perjuangan yang Diabadikan Melalui Ukiran

Melalui akun TikTok pula, Ayda memaparkan bagaimana perjuangan sang ayah untuk mendapatkan belahan jiwanya. Bahkan, perjuangannya itu diabadikan menjadi ukiran di candi.

"Ayahku rela dipenjara karena dapetin ibuku yang udah tunangan,

Didemo sama warga karena ngerebut ibuku, dikucilin, gak direstuin, jadi pengamen, tinggal di anjungan tmii karena belum punya uang pas pindah ke Jakarta,

"Sejarah perjuangannya diabadikan lewat ukiran di tembok rumah," tulis Ayda dalam video yang diunggah pada 5 Mei 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.