Sukses

12 Langkah untuk Berhenti Menyukai Seseorang yang Tak Bisa Kamu Miliki, Yuk Move On!

Di satu sisi, sangat menggembirakan untuk menyukai seseorang dan mengalami percikan api yang membuat hati berbunga-bunga.

Liputan6.com, Jakarta - Naksir atau suka dengan seseorang adalah pengalaman yang mengagumkan. Dengan sekadar membayangkan sosoknya, sudah dapat membuat kita senyum-senyum sendiri, bahkan bisa menghadirkan semangat hidup.

Di satu sisi, sangat menggembirakan untuk menyukai seseorang dan mengalami percikan api yang membuat hati berbunga-bunga.

Namun di sisi lain, bisa sangat menyiksa ketika Anda mengetahui perasaan itu tidak akan pernah bisa ditunjukkan atau dibalas oleh orang yang Anda sukai.

Apa pun alasannya, ada kalanya kita perlu mencoba mencari cara untuk berhenti menyukai seseorang. Hal ini memang sulit, tetapi pilihan ini dapat membuat kita untuk terus melangkah ke depan tanpa membuang-buang waktu memperjuangkan seseorang yang sia-sia.

Melansir Mind Body Green, Minggu (20/11/2022), berikut adalah sederet langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu menenangkan intensitas perasaan Anda dan memulai proses melepaskan dan melanjutkan hidup:

 

1. Benar-Benar Berkomitmen pada Prosesnya

Hal pertama yang paling penting, Anda harus benar-benar ingin berhenti menyukai orang ini agar hal itu benar-benar terjadi. 

Jika Anda diam-diam berpegang pada harapan bahwa keadaan akan berubah atau ingin tetap percaya bahwa ada beberapa peluang untuk membalas perasaan Anda, Anda tidak akan berhasil untuk bisa move on. 

Tidak satu pun dari tindakan di bawah ini yang akan berhasi,  kecuali jika Anda meletakkan diri Anda sepenuhnya di belakangnya dan benar-benar membatasi kontak Anda dengan orang ini dan mengekang pikiran Anda tentangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jaga Jarak dan Istirahat Sejenak

2. Jaga Jarak

Untuk berhenti menyukai seseorang, Anda perlu mendapatkan ruang. Meskipun mungkin membuat Anda sedih untuk berhenti memperhatikanya, menghabiskan waktu terus-menerus dengannya akan membuat Anda lebih sulit untuk melupakannya. 

Rangsangan konstan dan pengalaman dengannya hanya akan terus mengingatkan Anda mengapa Anda sangat menyukai orang ini atau bahkan memperkuat perasaan Anda, dan itu akan memberi Anda lebih banyak "momen" untuk diputar ulang di kepala Anda.

Potong bahan bakar di sumbernya. Sebisa mungkin, cobalah untuk mengurangi waktu bersama orang ini. Jika Anda tidak dapat sepenuhnya menghindarinya, misalnya, jika dia adalah rekan kerja, teman sekelas, atau bagian dari kelompok teman yang sering Anda temui, jaga jarak selama Anda berbagi ruang. 

Tentu saja, Anda tidak perlu bersikap kasar atau benar-benar mengabaikannya, tetapi jaga percakapan seminimal mungkin dan cobalah untuk menghindari waktu berdua saja.

 

3. Beristirahatlah Sejenak dari Lingkungan Persahabatan

Jika Anda tidak ingin menghindari orang ini hanya karena itu akan membuat Anda sedih jika dia tidak ada dalam hidup Anda, cobalah untuk setidaknya untuk sementara mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan bersama. 

Anda tidak perlu menyingkirkan orang ini dari kehidupan Anda secara permanen, tetapi berikan diri Anda waktu yang Anda butuhkan untuk membiarkan perasaan Anda tenang sebelum mencoba berteman dengannya lagi. 

Sebagian besar pertemanan akan surut dan mengalir dari waktu ke waktu, dengan beberapa periode di mana Anda lebih jarang bertemu satu sama lain.

Biarkan diri Anda memasuki salah satu periode interaksi yang rendah, dan percayalah bahwa Anda akan dapat membangun kembali persahabatan ketika Anda siap.

3 dari 5 halaman

Pertahankan Jarak Emosional hingga Hindari Pemicu

4. Pertahankan Jarak Emosional

Tetapkan beberapa batasan untuk diri Anda sendiri dan patuhi batasan tersebut. Bahkan jika Anda tidak dapat sepenuhnya menghindari orang ini, Anda harus menghindari diri Anda ke dalam percakapan yang mendalam atau pribadi dengannya. karena itu adalah jenis interaksi yang cenderung membiakkan keintiman. 

Hal-hal seperti bertukar kabar terbaru tentang kehidupan, berbagi perasaan, memberikan dukungan emosional satu sama lain, atau menggoda. Jaga agar tetap sopan dan umum, setidaknya untuk saat ini. 

Bicaralah dengannya seperti Anda berbicara dengan seorang kenalan di gym atau petugas kasir di toko bahan makanan, ramah tetapi dengan jarak yang cukup jauh, secara metaforis.

5. Berhenti Mengikuti Mereka di Media Sosial

Selain membatasi kontak fisik dengannya, hindari dia secara online juga. Berhentilah mengirim pesan kepadanya jika saat ini hal itu masih dilakukan, dan berhentilah mengecek media sosialnya.

Sekali lagi, hal ini hanya akan memberi Anda lebih banyak bahan bakar untuk perasaan Anda. Unfollow atau mute dia di media sosial sehingga Anda berhenti melihat postingannya muncul di feed Anda juga.

6. Hindari Pemicu

Kunci lain untuk berhenti memikirkan seseorang adalah menghindari hal-hal yang memicu pikiran tentangnya, kata psikoterapis dan pakar hubungan Ken Page, LCSW. 

"Jika Anda mencoba melepaskan seseorang, Anda perlu berhati-hati terhadap orang, tempat, dan hal-hal yang memicu keinginan Anda untuk orang itu." 

Dari lagu-lagu tertentu hingga restoran tertentu, hentikan apa pun pemicunya dari hidup Anda untuk sementara waktu untuk membantu Anda memotong bahan bakar untuk pikiran tanpa henti pada orang ini. 

 

4 dari 5 halaman

Temui Orang-Orang Baru hingga Fokuskan Energi di Tempat Lain

7. Temui Orang-Orang Baru

Terkadang cara terbaik untuk melupakan seseorang adalah dengan bertemu seseorang yang baru. Entah itu menghabiskan waktu dengan kelompok teman baru, mengikuti kelas yang penuh dengan sekelompok kepribadian baru yang unik, atau memasukkan diri Anda ke aplikasi kencan.

menyuntikkan energi baru yang segar ke dalam hidup Anda akan membantu mengingatkan Anda bahwa ada banyak orang menarik lainnya di dunia di sekitar Anda dan bahkan mungkin memberi Anda orang baru untuk ditaksir.

8. Akui Semua Alasan yang Secara Realistis Tidak Akan Berhasil

Hal ini dapat membantu untuk benar-benar duduk dan memikirkan (atau berdiskusi dengan teman tepercaya) semua alasan mengapa hubungan dengan orang ini benar-benar tidak akan berhasil.

Apakah itu karena perbedaan gaya hidup, bagaimana hal itu akan memengaruhi hubungan Anda yang lain, tanda bahaya yang telah Anda abaikan, atau bahkan pengalaman masa lalu dengan orang ini yang kurang ideal. 

"Paling sering, kita mengidealkan orang yang kita rindukan," kata terapis seks dan hubungan Stephen Snyder, M.D.

"Dan kita mengabaikan fakta bahwa makna yang kita lekatkan pada hubungan itu tidak selalu memuaskan sebanyak yang kita inginkan," sambungnya.

9. Fokuskan Energi Anda di Tempat Lain

Cobalah untuk menghindari terlalu banyak waktu menganggur dengan pikiran Anda. Sebaliknya, fokuskan energi Anda untuk menyelami proyek, hobi, atau bagian lain dari hidup Anda dengan lebih bersemangat. 

Mulailah lebih sering pergi ke gym, belajar bermeditasi atau bersepatu roda, atau lebih banyak terlibat di tempat kerja. Sibukkan diri dan penuhi hidup Anda dengan hal-hal lain dalam pikiran Anda.

 

 

5 dari 5 halaman

Hindari Kerinduan hingga Alihkan Pikiran

10. Hindari Melamun dan Kerinduan

Merenung dapat membuat kita tertambat pada ide, pikiran, dan perasaan. Perhatikan ketika mendapati diri Anda memutar ulang momen-momen dengan orang ini di kepala Anda. Atau memikirkan hal-hal yang Anda sukai tentang mereka atau berharap terjadi, atau melamun tentang orang yang Anda sukai. 

Ketika hal ini terjadi, tangkap diri Anda dengan lembut dan alihkan pikiran Anda ke hal lain. Menghabiskan waktu dalam fantasi kita sendiri sama dengan menghabiskan waktu menatap halaman media sosialnya, dan itu akan membuat kita semakin sulit untuk berhenti menyukai orang ini.

11. Berikan Waktu

Pada akhirnya, Anda tidak bisa terburu-buru. Dibutuhkan waktu untuk melupakan seseorang, jadi beri kelonggaran pada diri anda sendiri dan percayalah pada prosesnya. 

"Mungkin sulit untuk membayangkan, pada saat ini, bahwa perasaan Anda akan memudar," kata Snyder. 

"Anda bahkan mungkin tidak ingin perasaan itu memudar. Tetapi perasaan memang berubah seiring waktu. Itu hanya sifat alami dari segala sesuatu. Anda akan berubah selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun, begitu juga dengan orang yang Anda rasakan. Tak satu pun dari kita yang tetap sama." jelas Snyder.

12. Ingatlah bahwa Tidak Apa-Apa untuk Menyukai Seseorang dan Tak Melakukan Apa-Apa

Terakhir, pertimbangkan fakta bahwa tidak apa-apa untuk menyukai seseorang dan tidak melakukan apa-apa tentang hal itu. Ada sebuah kutipan lama dari penyair Jerman Johann Wolfgang von Goethe yang berbunyi, "Jika saya mencintaimu, apa urusanmu?"

Tidak ada yang salah dengan menyukai seseorang dan tidak mewujudkannya. Selama hal itu tidak memengaruhi kemampuan Anda untuk menjalani kehidupan sehari-hari dan memenuhi kebutuhan Anda sendiri dan Anda tidak secara negatif memengaruhi orang ini dan kemampuannya untuk menavigasi kehidupannya seperti yang dia inginkan, Anda dapat menyukai seseorang secara diam-diam dan pribadi tanpa mengambil tindakan. 

Lihatlah apakah Anda bisa berdamai dengan gagasan menyukai seseorang tanpa perlu memilikinya. Perasaan romantis tidak perlu dibalas agar dia dihargai dan berharga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.