Sukses

Pengguna iOS 16 Keluhkan Boros, Simak 8 Tips Hemat Baterai iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Pada 13 September 2022 lalu, pengguna iPhone sudah bisa memperbarui sistem operasi perangkatnya ke iOS 16.

Namun tak jarang pengguna iOS 16 saat ini mengeluhkan karena operating system saat ini memakan daya yang cukup signifikan. 

Dalam kasus iOS 16, para pengguna terus menyampaikan keluhan mereka software yang diluncurkan sudah merusak kinerja baterai iPhone mereka.

Beberapa komplain disampaikan para pengguna iPhone melalui berbagai platform media sosial, seperti Twitter, TikTok, dan Reddit. Kebanyakan mereka memprotes baterai perangkat cepat habis sejak menginstal iOS 16. 

"Baterai saya terkuras lebih banyak dari biasanya. Saya bekerja di kantor dan tidak banyak menggunakan (iPhone) 13 PM di siang hari, tidak ada yang berubah dalam perilaku saya," tulis seorang pengguna iPhone dalam platform Reddit via 9to5Mac.

Nah, bagi kalian yang ingin baterai iPhone tahan lama, kamu bisa coba 8 tips berikut yang akan membuatnya lebih awet dari sebelumnya. Berikut tips menghemat baterai iPhone di iOS 16 dikutip dari gizchina, Jumat (18/11/2022): 

 

1. Menonaktifkan Haptic Keyboard

Dalam pembaruan iOS 16, Apple menambahkan fitur umpan balik haptic saat menggunakan keyboard di layar, dan ini tidak diragukan lagi menghabiskan daya baterai.

Apple mengatakan dalam dokumen dukungan bahwa sentuhan keyboard dapat memengaruhi masa pakai baterai, dan fitur ini tidak diaktifkan secara default, tetapi jika Anda mengaktifkannya, Anda dapat mematikannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan.
  • Klik pada Sounds & Haptics.
  • Klik pada Keyboard Feedback.
  • Kemudian nonaktifkan Haptic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Menonaktifkan Live Activities dan Lock Screen Widgets

2. Menonaktifkan Live Activities

Dengan pembaruan iOS 16.1, Apple menambahkan fitur Live Activities, yang memungkinkan aplikasi menerima notifikasi yang terus menerus dan diperbarui pada layar kunci atau di pulau interaktif iPhone 14 Pro.

Menonaktifkan fitur ini sangat meningkatkan masa pakai baterai di iOS 16, dan berikut cara menonaktifkannya: 

  • Buka Pengaturan.
  • Buka Face ID & Passcode, dan masukkan kode sandi Anda untuk membuka kunci iPhone.
  • Gulir ke bawah dan matikan aktivitas langsung.
  • Anda dapat menonaktifkan fitur untuk setiap aplikasi secara terpisah, juga melalui pengaturan.
  • Anda tidak dapat sepenuhnya menonaktifkan Interactive Island (khusus 14 Pro dan 14 Pro Max), tetapi Anda dapat menggeser ke kiri pada animasi yang sedang berjalan untuk mematikannya.

3. Menghapus Lock Screen Widgets

Fitur tambahan di iOS 16 yakni menambahkan lock screen widgets dapat menguras daya bateraimu. Oleh sebabnya, widget muncul terus-menerus di layar kunci dan banyak di antaranya diperbarui di latar belakang, yang berarti mereka juga menghabiskan daya baterai.

Gunakan layar kunci yang kosong tanpa ada widget adalah opsi yang baik, adapun iOS 16 membuat dukungan fitur wallpaper yang mudah diganti, ubahlah wallpaper depan sesuai kebutuhanmu. 

3 dari 4 halaman

Matikan Fitur Always On Display dan Tak Pakai iCloud Shared Photo Library

 4. Matikan Fitur Always On Display

Fitur Always On Display yang diperkenalkan dengan iPhone 14 Pro dan Pro Max, seperti namanya, membuat layar selalu menyala. Sehingga wallpaper, widget, dan aktivitas langsung tetap terlihat di layar kunci bahkan ketika iPhone mati.

Layar menggunakan kecepatan refresh 1 Hz untuk menghemat baterai, fitur ini mengadopsi dari Apple Watch. Fitur baru ini walaupun tidak signifikan menguras baterai namun tetap menjadi fitur yang dapat mengurangi daya tahan baterai. Untuk mematikan Always On Display, lakukan hal berikut:

  • Buka Pengaturan.
  • Klik Display & Brightness (Tampilan & Kecerahan).
  • Matikan mode Always On Display.

Tidak jelas berapa banyak daya tahan baterai yang dikonsumsi layar selalu aktif karena akan bervariasi dari satu kasus penggunaan ke kasus penggunaan lainnya, tetapi meskipun hanya sebagian kecil, ada baiknya mematikannya, jika Anda perlu.

5. Jangan Menggunakan iCloud Shared Photo Library

iCloud Shared Photo Library adalah fitur iOS 16.1 yang memungkinkan Anda menggunakan perpustakaan foto dengan lima orang lainnya, sehingga semua orang dapat mengunggah, mengedit, dan menghapus foto. 

Shared Photo Library dapat menyinkronkan foto dari orang lain dan ke iPhone Anda pada waktu yang tidak tepat, sehingga menguras daya tahan baterai. Gunakan data seluler dan secara otomatis foto tidak diunduh.

4 dari 4 halaman

Gunakan Application Summary dan Batasi Aplikasi yang Gunakan Bluetooth

6. Gunakan Application Summary

Anda juga perlu memastikan bahwa aplikasi apa pun yang mengirim pemberitahuan yang tidak penting dipindahkan ke Application Summary atau Ringkasan Aplikasi, yang menyimpan pemberitahuan dan mengirimkannya kepada Anda sekali atau dua kali sehari.

Fitur ini layak digunakan untuk menghemat daya baterai. Anda dapat mengaktifkan ringkasan aplikasi melalui bagian Notifikasi di Pengaturan.

7. Menentukan Kapan dan Bagaimana Aplikasi Dapat Mengakses Lokasi

Membatasi aplikasi mana yang dapat mengakses lokasi Anda dan seberapa sering aplikasi mengakses data ini dapat menghemat masa pakai baterai.

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih privasi.
  • Klik pada Layanan Lokasi.
  • Tinjau daftar dan sesuaikan pengaturan dengan mengeklik nama setiap aplikasi dalam daftar.

8. Membatasi Aplikasi yang Menggunakan Bluetooth

Memeriksa aplikasi yang menggunakan Bluetooth berguna untuk memastikan bahwa tidak ada aplikasi yang terhubung ke sumber Bluetooth tanpa izin Anda dan menguras baterai Anda. Untuk mengakses pengaturan Bluetooth:

  • Buka Pengaturan.
  • Klik Privacy (Privasi).
  • Ketuk pada Bluetooth.
  • Aplikasi seperti Facebook, HBO Max, Hulu, dll. tidak memerlukan akses bluetooth hampir sepanjang waktu.
  • Jadi, matikan aplikasi apa pun yang tidak memerlukan koneksi bluetooth untuk bekerja. Jika fitur dalam aplikasi berhenti berfungsi, Anda bisa langsung menyalakannya kembali.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS