Sukses

Bukan Cuma Iseng, Ini Alasan Kucing Suka Duduk di Atas Keyboard

Berikut alasan mengapa kucing gemar nangkring di atas keyboard komputer atau laptop.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda adalah pemilik kucing yang bekerja dari rumah, ada kemungkinan besar Anda sering diganggu anabul (anak bulu) saat bekerja menggunakan laptop maupun komputer.

Kucing akan menunjukkan banyak perilaku aneh, termasuk menatap Anda dan mengikuti ke kamar mandi. Namun kecintaan mereka pada keyboard tentu saja merupakan salah satu yang paling aneh. 

Keyboard pada laptop maupun komputermu bisa menjadi sangat hangat saat Anda menggunakannya, menciptakan tempat yang sangat menggoda kucing untuk duduk bahkan tidur siang.

"Kucing sering merasa tertarik dengan kehangatan barang elektronik dan ingin tidur siang di atas laptop. Dan jika Anda memegang laptop di pangkuan Anda, kucing Anda mungkin percaya bahwa pangkuan itu adalah miliknya," kata seorang konsultan perilaku hewan bersertifikat, Amy Shojai, seperti dikutip Daily Paws, Jumat (18/11/2022).

Ia menambahkan bahwa kucing kita juga berpikir bahwa manusia membutuhkan sesuatu yang lebih baik untuk dilihat, "Seperti kucing yang cantik, daripada menatap layar yang membosankan selama berjam-jam."

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa Anda mungkin menemukan kucing di keyboard, salah satunya kucing ingin menarik perhatianmu.

Beberapa kucing mengoceh untuk mendapatkan perhatian, sedangkan kucing lainnya menyerang ruang pribadi Anda ketika mereka menginginkan sesuatu - itu berarti memblokir akses keyboard komputer atau laptop Anda.

"Ya, kucing juga dapat menggunakan perilaku ini untuk benar-benar 'menekan tombol Anda' untuk mendapatkan perhatian atau apa pun," ungkap Shojai.

"Misalnya, jika Anda mengisi mangkuk makanan atau melemparkan mainan untuk memikat kucing agar mengosongkan komputer Anda, kucing belajar untuk menggunakan perilaku itu di masa mendatang. Anda telah dilatih oleh yang terbaik," tambahnya.

Tetapi kucing yang menjatuhkan diri ke atas atau berjalan melintasi keyboard Anda mungkin juga tidak memiliki niat jahat seperti itu.

Penelitian mengatakan bahwa kucing mencintai pemiliknya, jadi mungkin mereka hanya menggunakan kedekatan ini sebagai cara untuk dekat dengan kita dan meminta elusan di dagunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Naluri Berburu Kucing

Hal lain yang merangsang kucing naik ke atas keyboard ketika kucing melihat Anda menjadi tenang dan serius, mata menyipit, postur tubuh bergeser saat Anda mengklik tombol. Bagi mereka, ini adalah perilaku yang penting untuk diamati.

"Suara dan pemandangan mangsa yang bergeraklah yang memberikan rangsangan untuk mengejar dan menangkap, perilaku yang sudah tertanam secara alamiah bagi kucing seperti mendengkur dan menunggu dengan kesabaran tak terbatas saat mangsa muncul," tulis Shojai di blognya.

Jari-jari Anda yang mengetuk-ngetuk keyboard mungkin memicu sesuatu di otak pemburu mereka.

Shojai menambahkan bahwa kucing menyukai rutinitas. Jadi, ketika hewan peliharaan Anda melihat Anda masuk ke dalam "mode kerja" dengan meletakkan minuman dan menyalakan komputer atau laptop, mereka berpikir "Ah ha! Saatnya saya juga masuk ke dalam posisi!"

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kucing dari Keyboard

Meskipun mengganggu, Anda tentu tidak akan tega untuk menyakiti mereka kecuali jika mereka terlalu penasaran dan mulai bermain-main dengan kabelnya.

Sebaliknya, sistem Anda mungkin mengalami masalah. Bulu kucing sering terjebak di antara tuts, mengharuskan Anda melepaskannya untuk pembersihan menyeluruh. Dan jika kucing sering tidur di atas keyboard, hal ini dapat menyebabkan sistem menjadi terlalu panas.

Jadi, karena Anda tidak ingin membuat hewan peliharaan enggan menghabiskan waktu bersama Anda, Shojai menyarankan untuk beberapa ide ini:

  • Ciptakan rutinitas yang melibatkan kucing Anda dalam permainan interaktif yang menyenangkan sebelum Anda duduk di depan komputer.
  • Buatlah area relaksasi kucing yang dekat tetapi lebih menarik daripada keyboard komputer Anda. Ini bisa berupa kotak yang nyaman dengan selimut berbulu atau tempat yang tinggi karena kucing suka bertengger di tempat yang lebih tinggi.
4 dari 4 halaman

6 Potret Kucing Ganggu Majikan Main Game Ini Bikin Senyum Tipis

Zaman modern ini media sosial banyak terdapat konten yang unik dan mengundang perhatian. Seperti konten yang menampilkan tentang aksi kucing yang kebanyakan tingkah. Kucing yang kebanyakan tingkah ini misalnya mengganggu majikan main game.

Mulai dari kucing yang menyebabkan kalah main game hingga kucing tak tau sopan ada di depan layar komputer, menjadi bukti potret kucing saat ganggu majikan main game ini bikin senyum tipis. Majikan hanya bisa sabar melihat potret kucing tersebut.

Saking curi perhatian, kucing saat ganggu main game ini diabadikan dan disebarluaskan ke media sosial. Siapa sangka, aksi kucing ini menjadi sorotan sehingga viral. Banyak warganet hanya bisa tepuk jidat melihat tingkah kucing ganggu orang main game.

Penasaran kan potret kucing ganggu majikan main game? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret kucing ganggu majikan main game, Jumat (13/5/2022).

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.